Layaknya seorang ibu kepada anaknya, yang selalu berusaha memberi­kan yang terbaik bagi buah hati mereka. Berbagai macam cara dilakukan oleh seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi mereka. Namun seringkali ibu kurang menyadari pentingnya ASI bagi asupan gizi si kecil, sehingga ASI tidak dijadikan prioritas utama, terlebih pada era modern saat ini dimana segala sesuatu bisa didapatkan secara instan, dan lebih mudah, termasuk berbagai jenis makanan untuk sang buah hati.

ASI terbaik untuk bayi

ASI merupakan sumber gizi terbaik bagi bayi usia 0 – 6 bulan. Bayi yang menerima ASI eksklusif selama 6 bulan memillkl daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding bayi yang minum susu formula, karena sesuatu yang alami lebih baik.
ASI mengandung segala kebutuhan-kebutuhan tahap awal perkembangan bayi, mulai dari protein, asam amino, lemak, asam lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Asam amino yang terkandung dalam ASI adalah Tyrosine dan Triptophan yang sangat berguna sebagai penghantar rangsang syaraf (neurotransmitter). Selain itu kandungan ini juga berfungsi sebagai pengendali perilaku, meningkatkan konsentrasi, serta emosi bagi si kecil. Ada beberapa jenis lemak dan asam lemak yang terkandung dalam ASI seperti AA dan DHA untuk ketajaman penglihatan dan keeerdasan otaknya, Sphyngomyelin yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan hantar rangsang syaraf (kecepatan berpikir dan kecerdasan), Sialic Aeid untuk kecepatan meningkatkan daya ingat, dan Gangliosida membantu pemrosesan dan penyimpanan informasi. Karbohidrat membantu penyerapan kalsium dan mempertahankan faktor libidus di dalam usus yaitu faktor yang menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya dan menjadikan tempat yang baik bagi bakteri yang menguntungkan, serta mempercepat pengeluaran kolostrum sebagai antibodi bayi. Selain itu Frueto Oligo Sacharida (FOS) berguna sebagai sumber energi sel-sel otak, dan Prebiotiknya sebagai aktivitas sel, Vitamin dan Mineral yang terkandung dalam ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Singkatnya, ibu tak perlu khawatir, karena dengan ASI semua kebutuhan bayi dapat tercukupi.

Daun Katuk

Daun katuk atau sauropus androgynus, dipercaya sejak dulu berkhasiat untuk membantu memperlancar ASI. Kandungan laktogogum dalam daun katuk lah yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang berada dalam periode menyusui.

B Kompleks

Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh, karena itu kebutuhan vitamin harian tersebut dapat kita tambahkan dari suplemen dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Salah satu jenis vitamin yang kita butuhkan adalah vitamin B. Secara umum, kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan rasa letih, stres, dan tidak bertenaga. Fungsi utama vitamin B adalah sebagai koenzim atau bahan baku pembuat enzim dimana enzim-enzim tersebut memegang peranan pada berbagai reaksi metabolisme dalam tubuh. Selain itu, vitamin B juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga sistem syaraf dan mendorong pertumbuhan sel-sel yang dapat membuat kulit dan otot sehat.
- shalihah.com –

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers