رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
(البقرة:128)
” Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”
(Al Baqarah 128)

قوله تعالى: { ربنا واجعلنا مسلمين }: أتى بالواو عطفاً على قوله تعالى: { ربنا تقبل منا } يعني ربنا واجعلنا مع قبولك مسلمين لك؛ و{ اجعلنا } أي صيِّرنا
Firman Allah ta’ala Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh” datang sebagai athaf (kata hubung) dengan firman Allah ta’ala ” Ya Rabb kami, terimalah amalan kami “ (Al Baqarah : 127) maksudnya adalah Ya Rabb kami jadikanlah kami berdua (Ibrahim dan Ismail) orang yang tunduk kepada Engkau dan Engkau jadikan orang yang diterima amalannya. kata ” Ij’alnaa” maksudnya adalah Shayyarna (jadikanlah kami).
قوله تعالى: { ومن ذريتنا أمة مسلمة لك } يعني واجعل من ذريتنا أمة مسلمة لك؛ فأتى بـ{ من } التي للتبعيض؛ والمراد بـ{ ذريتنا } من تفرعوا منهما؛ فذرية الإنسان من تفرعوا منه
Firman Allah ta’ala : dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau” dalam ayat ini datang dengan huruf  jar min yang fungsinya memberi faedah sebagian dan maksud dari anak cucu kami (dzurriyah) adalah orang yang berasal dari keturunan keduanya. Maka dzurriyatul insan (anak cucu seseorang) adalah orang yang berasal dari keturunannya.
قوله تعالى: { أمة مسلمة لك } هذه الأمة هي أمة محمد صلى الله عليه وسلم؛ لأنه لا يصدق على أحد أنه من ذرية إبراهيم، وإسماعيل إلا أمة محمد صلى الله عليه وسلم؛ لأن اليهود، والنصارى ليسوا من بني إسماعيل؛ بل من بني يعقوب بن إسحاق بن إبراهيم.
Firman-Nya : ” umat yang tunduk kepada Engkau” maksudnya umat disini adalah umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena tidak dibenarkan bagi seorangpun yang mengaku sebagai anak keturunan Ibrahim dan Ismail kecuali umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena orang Yahudi dan Nashrani bukan dari keturunan Ismail, namun mereka berasal dari anak keturunan Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim
قوله تعالى: { وأرنا مناسكنا } أي بيِّنها لنا حتى نراها؛ و «المناسك» جمع منسك؛ وهو هنا مكان العبادة.
Firman Allah ta’ala “ dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami” yaitu jelaskan kepada kami sehingga kami mengetahuinya . Dan al manaasik bentuk jama’ dari mansak maksudnya adalah tempat ibadah
قوله تعالى: { وتب علينا } أي وفقنا للتوبة فنتوب؛ والتوبة من العبد: هي الرجوع من المعصية إلى الطاعة؛ ومن الله عزّ وجلّ: هي توفيق العبد للتوبة، ثم قبولها منه.
Firman Nya ” Dan terimalah taubat kami” yaitu berilah taufiq kepada kami untuk bertaubat sehingga kami bertaubat. Dan yang namanya taubat, dari hamba adalah dia kembali meninggalkan perbuatan maksiat menuju kepada ketaatan, sedangkan dari Allah adalah memberi taufiq kepada hamba untuk bertaubat kemudian menerima taubat darinya
قوله تعالى: { إنك أنت التواب الرحيم }: هذا من باب التوسل بأسماء الله عزّ وجلّ المناسبة للمطلوب؛ و{ التواب } صيغة مبالغة لكثرة من يتوب الله عليهم، وكثرة توبته على العبد نفسه؛ و{ الرحيم } أي الموصوف بالرحمة التي يرحم بها من يشاء من عباده.
Firman Nya ” Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” Ini termasuk bentuk tawassul dengan nama-nama Allah azza wa jalla yaitu dengan menyebut nama Allah yang sesuai dengan sesuatu yang dimintakan kepadaNya. At Tawwab (Maha Penerima Taubat) menggunakan shighah mubaalaghah karena banyaknya orang yang diterima taubatnya dan banyaknya pemberian taufiq untuk hamba supaya bertaubat dan Ar Rahiim yaitu yang disifati dengan rahmah maka disebabkan memiliki sifat rahmah tersebut Dia mengasihi kepada hamba yang Dia kehendaki
Faedah-faedah ayat 
من فوائد الآية: شدة افتقار الإنسان إلى ربه، حيث كرر كلمة: { ربنا }؛ وأنه بحاجة إلى ربوبية الله الخاصة التي تقتضي عناية خاصة
  • Diantara faedah ayat ini adalah sangat butuhnya manusia kepada Rabbnya, karena diulangnya kalimat “Ya Rabb kami. ” Maka seorang hamba sangat membutuhkan tarbiyah Allah yang khusus yang memberi konsekuensi perhatian khusus Allah kepada hamba-Nya.
ومنها: أن الإنسان مفتقر إلى تثبيت الله؛ وإلا هلك؛ لقوله تعالى: { واجعلنا مسلمين }؛ فإنهما مسلمان بلا شك: فهما نبيَّان؛ ولكن لا يدوم هذا الإسلام إلا بتوفيق الله؛ قال الله سبحانه وتعالى للرسول صلى الله عليه وسلم: {ولولا أن ثبتناك لقد كدت تركن إليهم شيئاً قليلا * إذاً لأذقناك ضعف الحياة وضعف الممات} الإسراء: 74، 75]
  • Sesungguhnya manusia itu sangat membutuhkan penjagaan Allah supaya tetap istiqamah, jika tidak maka manusia akan binasa. Berdasarkan firman Nya ” jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh.” Tidak diragukan lagi bahwa Nabi Ibrahim dan Ismail termasuk orang yang tunduk (muslim). Namun tidaklah mungkin tetap diatas Islam kecuali dengan taufiq dari Allah ta’ala. Allah ta’ala berfirman kepada rasul Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam“Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati) mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka, kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami” (Al Isra’ : 74,75).
ومنها: أهمية الإخلاص؛ لقوله تعالى: { مسلمين لك }: { لك } تدل على إخلاص الإسلام لله عزّ وجلّ، كما قال تعالى في آية أخرى: {بلى من أسلم وجهه لله وهو محسن فله أجره عند ربه} [البقرة: 112]
  •  Pentingnya keikhlasan, berdasarkan firman Nya ” Dua orang yang tunduk kepada Engkau” Kata kepada Engkau menunjukkan atas mengikhlaskan islam hanya untuk Allah azza wa jalla. Sebagaimana firman Allah ta’ala dalam ayat yang lain  ” (Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati
 ومنها: أن الإسلام يشمل كل استسلام لله سبحانه وتعالى، ظاهراً وباطناً.
  • Sesungguhnya islam mencakup seluruh ketundukan kepada Allah ta’ala secara dzahir dan batin
ومنها: أنه ينبغي للإنسان أن يشمل ذريته في الدعاء؛ لأن الذرية الصالحة من آثار الإنسان الصالحة؛ لقوله تعالى: { ومن ذريتنا أمة مسلمة لك }؛ وقال إبراهيم صلى الله عليه وسلم في آية أخرى: { واجنبني وبنيّ أن نعبد الأصنام }؛ فالذرية صلاحها لها شأن كبير بالنسبة للإنسان.
  • Hendaknya seseorang mendo’akan anak keturuanannya, karena anak keturunan yang shalih merupakan akibat dari keshalihan orang tua. Berdasarkan firman Nya “ dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau” Nabi Ibrahim berkata di dalam ayat yang lain ” Jauhkanlah saya dan anak keturunan saya dari menyembah kepada berhala ” Maka seseorang memiliki peran yang besar terhadap keshalihan anak keturunannya
ومنها: أن الأصل في الإنسان الجهل؛ لقوله تعالى: { وأرنا مناسكنا } يعني: أعلمنا بها.
  • Sesungguhnya asal manusia itu bodoh, berdasarkan firman Nya ” dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami” yaitu berilah ilmu kepada kami tentangnya
ومنها: أن الأصل في العبادات أنها توقيفية – يعني: الإنسان لا يتعبد لله بشيء إلا بما شرع – ؛ لقوله تعالى: { وأرنا مناسكنا }
  • Sesungguhnya hukum asal di dalam ibadah adalah taufiqiyyah (berdasarkan dalil) yaitu seseorang tidaklah boleh beribadah kepada Allah kecuali dengan sesuatu yang telah Dia syariatkan, berdasarkan firman Nya ” dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami
ومنها: تحريم التعبد لله بما لم يشرعه؛ لأنهما دعَوَا الله عزّ وجلّ أن يريهما مناسكهما؛ فلولا أن العبادة تتوقف على ذلك لتَعبدا بدون هذا السؤال
  • Haram beribadah kepada Allah dengan sesuatu yang tidak Dia syariatkan. Karena mereka berdua (Ibrahim dan Isamail) berdoa kepada Allah azza wa jalla untuk menunjuki mereka tempat-tempat ibadah bagi mereka, maka seandainya ibadah itu sifatnya buka taufiqiyyah maka mereka tidak akan meminta demikian
ومنها: افتقار كل إنسان إلى توبة الله؛ لقوله تعالى: { وتب علينا }؛ إذ لا يخلو الإنسان من تقصير.
  • Semua manusia sangat faqir (butuh) terhadap taubat dari Allah, berdasarkan firman Nya ” dan terimalah taubat kami” Karena manusia tidak lepas dari yang namanya kekurangan
ومنها: إثبات { التواب }، و{ الرحيم } اسمين من أسماء الله سبحانه وتعالى، وما تضمناه من صفة.
  • Penetapan At Tawwab dan Ar Rahiim sebagai dua nama dari nama-nama Allah ta’ala dan penetapan kandungan kedua nama tersebut
ومنها: مشروعية التوسل إلى الله عزّ وجلّ بأسمائه، وصفاته؛ لأن قوله تعالى: { إنك أنت التواب الرحيم } تعليل للطلب السابق؛ فهو وسيلة يتوصل بها الداعي إلى حصول مطلوبه.
  • Disyariatkan tawassul kepada Allah azza wa jalla menggunakan nama-nama Nya, karena firman Allah ta’ala “Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang ” merupakan alasan untuk isi permintaan sebelumnya  Maka orang yang berdo’a menggunakan kedua nama tersebut sebagai wasilah untuk memperoleh apa yang dia minta
ومنها: أن التوسل بأسماء الله يكون باسم مطابق لما دعا به؛ لقوله تعالى: { وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم }، ولقوله تعالى: { ولله الأسماء الحسنى فادعوه بها }.
  • Tawassul menggunakan nama-nama Allah hendaknya sesuai yaitu dengan memilih nama Allah yang sesuai dengan sesuatu yang diminta, berdasarkan firman Nya ” dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” dan firman Allah ta’ala ” Hanya milik Allah nama-nama yang indah maka berdo’alah kepadaNya dengan menggunakan namaNya
تــنــبــيــه:
إن قال قائل: كيف يستقيم أن يسأل إبراهيم، وإسماعيل ربهما أن يجعلهما مسلمين له مع أنهما كانا كذلك؟
فالجواب: أن المراد بذلك تثبيتهما على الإسلام؛ لأن الإنسان من حيث هو إنسان لا يأمن العاقبة؛ أو يقال: إن المراد تقوية إسلامهما بالإخلاص لله عزّ وجلّ، والانقياد لطاعته؛ أو يقال: إنهما قالا ذلك توطئة لما بعدها في قولهما: { ومن ذريتنا أمة مسلمة لك }؛ والأول أقوى الاحتمالات.
Perhatian
Jika ada orang yang berkata : Apakah bisa dibenarkan bahwa Nabi Ibrahim dan Ismail meminta kepada Rabb mereka supaya dijadikan dua orang yang tunduk (muslim) kepada Nya padahal mereka berdua seorang muslim
Jawabannya : Maksud dari permintaan tersebut adalah supaya mereka berdua ditetapkan diatas islam. Karena yang namanya manusia bagaimanapun keadaanya tidaklah aman dari ujian. Atau dikatakan bahwa maksudnya adalah penguatan keislaman keduanya dengan ikhlas kepada Allah azza wa jalla, dan tunduk untuk mentaatainya. Atau dikatakan bahwa mereka berdua meminta hal tersebut untuk kemudahan orang setelah mereka berdasarkan perkataan mereka “ dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau” Namun pendapat pertama lebih kuat kemungkinannya
Tafsir beliau rahimahullah bisa dibaca disini


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers