Pertanyaan : Bagaimanakah cara berinteraksi dengan tetangga atau teman sekolah yang beragama Nashrani, Bolehkah aku berkunjung ke rumahnya dan memberikan selamat untuk perayaan agama mereka ?
Segala puji hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan sahabat beliau, amma ba’du :

Jawab : Boleh berinteraksi dengan tetangga yang beragama Nashrani dengan cara berbuat ihsan kepadanya, memberi bantuan kepadanya selama dalam perkara mubah dan kebajikan, serta mengunjunginya dalam rangka untuk mendakwahinya supaya Allah memberi hidayah Islam kepadanya.
Adapun menghadiri perayaan agama mereka serta mengucapkan selamat karenanya maka hukumnya tidak boleh. Berdasarkan firman Allah ta’ala :
” Dan saling tolong-menolonglah kalian dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa. Dan janganlah kalian saling tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.” (Al Ma’idah : 2)
Karena menghadiri perayaan agama mereka dan mengucapkan selamat karenanya termasuk salah satu jenis bentuk loyalitas yang diharamkan. Demikian pula perbuatan menjadikan mereka sebagai teman dekat.
Allah yang memberi taufiq, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.
Komisi Tetap Untuk Riset Ilmiah dan Fatwa Saudi Arabia
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil ketua : Abdurrazaq ‘Afifiy
Anggota : Abdullah bin Qu’ud dan Abdullah bin Ghudayan

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers