السؤال 111: ما حكم اصطحاب الأطفال إلى المسجد عند الصلاة وعند حضور الدروس؟
Pertanyaan:
Apa hukum membawa anak kecil ke masjid ketika orang tua akan mengerjakan shalat berjamaah di masjid atau saat orang tua akan menghadiri pengajian?
الجواب: توجيهي لأولياء الأمور ألا يصطحبوا الصغار إلا بعد أن يرشدوا بأن يحافظوا على الهدوء حتى تقع الإفادة في الدرس والخشوع في الصلاة،
Jawaban Syaikh Masyhur Hasan al Salman:
Saranku kepada para orang tua agar tidak membawa anak kecil kecuali setelah memberikan arahan kepadanya agar menjaga ketenangan sehingga orang yang hadir di pengajian bisa mendapat manfaat dari pengajian yang sedang berlangsung dan kekhusyuan shalat tetap terjaga.
ولا يجوز إحضار الصغير للمسجد إن كان يشوش ويزعج إلا إن كان مميزاً، أو غلب على ظن من يحضره أنه لا يشوش ويعرف  حرمة المسجد ولا يشوش على غيره لا في الصلاة ولا في طلب العلم .
Tidak boleh membawa anak kecil ke masjid jika dia menggganggu. Diperbolehkan membawa anak kecil ke masjid jika sudah tamyiz [kurang lebih 7 tahun, pent] atau ada sangkaan kuat dia telah bisa menyadari kehormatan masjid dan tidak akan mengganggu yang lain baik shalat atau pun kegiatan menuntut ilmu


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

2 Komentar:

  • Bagaimana bila kita mengajak anak yang belum tamyiz sebagai bentuk tarbiyah, untuk membiasakan diri solat di mesjid?

  • Admin:Diperbolehkan membawa anak kecil ke masjid jika sudah tamyiz [kurang lebih 7 tahun, pent] atau ada sangkaan kuat dia telah bisa menyadari kehormatan masjid dan tidak akan mengganggu yang lain baik shalat atau pun kegiatan menuntut ilmu. Wallahu'alam.

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers