Pertanyaan:
1. Kenapa aku setiap jam delapan pagi -sekitar jam satu selalu ngantuk apa itu pembawaan dari kecil? Karena dulu waktu sekolah suka ngantuk-ngantuk.
2. Di bagian gigi berlubang tumbuh seperti daging,itu apa apakah bahaya terjadi sudah hampir 2 bulan
terima kaasih jawabannya
Dari: Yathi


Jawaban:
Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan. Berikut ini sedikit informasi yang dapat kami berikan terkait pertanyaan Saudari.
1. Rasa kantuk yang terjadi saat siang hari, dimana mayoritas teman lainnya tengah aktif dan terjaga, dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:
- Tidak cukup tidur di malam hari. Tidak cukup tidur dapat mencakup waktu tidur yang kurang memadai, atau kualitas tidur yang kurang baik, misalnya karena sering terbangun di malam hari dengan alasan apa pun.
- Obesitas. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti kelainan tidur di Amerika baru-baru ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara obesitas dan kecenderungan untuk tidur di siang hari. Sebaliknya, semakin berkurang berat badan seseorang, semakin sedikit ia membutuhkan tidur di siang hari.
- Depresi. Penelitian yang sama juga memperlihatkan hubungan antara tingkat depresi seseorang dengan jumlah tidurnya di siang hari, semakin berat depresi, semakin meningkat kebutuhan untuk tidur di siang hari.
- Jam biologis yang ‘salah’. Tubuh kita memiliki kemampuan mengatur ritme harian seperti tidur dan bangun. Umumnya, jika seseorang telah terbiasa untuk bangun di satu waktu tertentu, tubuhnya akan membiasakan untuk bangun di waktu tersebut, dan sebaliknya. Jika mekanisme ini terganggu, misalnya akibat siklus tidur dan bangun yang tidak menentu, kantuk dapat terjadi pada saat seharusnya terjaga dan sebaliknya.
- Konsumsi sarapan yang kurang tepat. Sarapan yang terlalu banyak lemak dan protein akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja ekstra keras, sehingga darah lebih banyak mengalir ke arah sistem pencernaan, dan berkurang ke bagian tubuh lainnya, semisal otak (kecuali untuk menjaga fungsi vital otak). Sehingga kantuk pun timbul. Begitu juga konsumsi makanan dengan gula berlebih, menyebabkan kenaikan hormon insulin yang mendadak dalam darah, dengan hasil akhir rasa kantuk.
2. Daging yang tumbuh pada gigi yang berlubang, khususnya pada lubang yang cukup besar dan mencapai bagian dalam gigi dimana terdapat jalinan saraf dan pembuluh darah (pulpa), kemungkinan adalah suatu polip pulpa. Polip pulpa sendiri pada dasarnya adalah reaksi peradangan yang berlebihan untuk melindungi jaringan vital di dalam gigi, namun cenderung rapuh sehingga mudah berdarah jika tersentuh. Sepengetahuan kami, masalah serius yang dapat timbul saat ini maupun di kemudian hari lebih cenderung pada kerusakan gigi yang progresif, sehingga berpeluang menyebabkan infeksi, dibandingkan dengan adanya polip itu sendiri.
Karena pulpa umumnya tumbuh pada gigi yang bermasalah, sebaiknya Saudari memeriksakan gigi tersebut kepada dokter gigi untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.
Allaahu Ta’ala a’lam.
Semoga ada manfaatnya
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers