Bagi orang yang mendapat cobaan yang sangat berat kemudian berdoa, janganlah sampai terlintas dalam hatinya bahwa jawaban-jawaban doanya ditunda atau malah tidak dikabulkan. Allah-lah Zat Yang wajib dimintai, Maharaja, dan Mahabijaksana. Andaikata Dia tak menjawab, Dia melakukan apa yang dikehendaki dalam kekuasan-Nya. Andaikata Dia mengakhirkan, maka Dia telah berbuat sesuai dengan kebijaksanaan dan hikmah-Nya.
Berangsiapa yang berpaling dari-Nya pada saat sendirian, ia pasti keluar dari sifat-sifat sebagai hamba, yang mendesak seakan-akan ialah pemilik alam ini. Hendaklah ia tahu bahwa Allah memilihkan yang terbaik bagi hamba-Nya. Mungkin saja ia meminta aliran air, namun siapa tahu jika ia malah hanyut terbawa arus itu.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa seseorang meminta kepada Allah agar dikaruniakan kepadanya kesempatan berjihad. Akan tetapi, saat itu ada suara yang berkata, “Sesungguhnya jika kamu berperang niscaya kamu akan tertawan dan jika engkau tertawan niscaya kamu akan dimurtadkan!”
Saat seorang hamba telah menyadari akan hikmah dan kebijaksanaan-Nya dan sangat yakin bahwa seluruh yang ada di dunia ini berada di bawah kekuasan-Nya, maka akan jernihlah hatinya, kendati apa yang diharapkannmya tidak terwujud.
Dalam sebuah hadits dikatakan, “Tak ada seorang muslim pun yang berdoa kecuali pasti akan dikabulkan oleh Allah. Mungkin akan disegerakan jawabannya, mungkin pula akan ditunda, ataupun akan menjadi simpanan di akhirat.”
Barangsiapa yang telah dikabulkan doanya di dunia, kelak di hari kiamat permintaan-permintaan yang telah dikabulkan akan hilang sirna, sementara yang belum terjawab masih tersisa pahalanya. Orang yang bersangkutan akan berkata,”Ya Allah, andaikan Engkau tak pernah menjawab doa-doaku di dunia dahulu”.
Pahamilah apa yang saya uraikan dan selamatkanlah kalbu Anda agar tidak meragukan terkabulnya doa Anda. Janganlah pernah pula Anda terburu-buru menanti jawaban doa itu.
–Oleh Ibnul Jauziy, dalam Shaidul Khatir–


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers