MEKAH–MICOM: Persiapan pemondokan yang akan digunakan calon jemaah haji Indonesia di Mekah saat ini capai 95% dan seluruhnya sangat layak dihuni. 
“Segala keperluan sudah kita persiapkan dan diharapkan dalam waktu dekat ini persiapannya sudah bisa 100 persen,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/10).
Menurut dia, dirinya sudah memerintahkan seluruh kepala sektor di Mekah untuk segera menyelesaikan semua pemondokan, seperti dengan membersihkan kamar serta melengkapi segala kekurangan.

Dikatakannya, calon jemaah haji Indonesia direncanakan akan masuk di pemondokan di Mekah pada 11 Oktober setelah sebelumnya mereka bermalam di Madinah.  “Kita tetapkan dua hari sebelum calon jemaah haji datang atau tanggal 9 Oktober, seluruh pemondokan sudah bersih dan dapat digunakan calhaj,” katanya. Untuk Mekah, katanya, telah disiapkan 316 pemondokan yang nanti dapat menampung 201 ribu orang. 
Ia menjamin semua pemondokan sudah memiliki fasilitas minimal terpenuhi, yakni ada lift, dapur, kamar mandi, mesin pendingin udara serta air bersih.  ”Kami menjamin tidak ada rumah yang tidak layak huni serta tidak memenuhi fasilitas minimal,” kata Arsyad. 
Meskipun demikian, tegasnya calon jemaah harus memahami bahwa setiap pemondokan berbeda satu dengan yang lain. Misalnya, ada pemondokan yang satu kamar diisi tiga hingga empat orang, tapi ada juga satu kamar diisi 10 orang.
Diingatkan pula bahwa dalam satu kelompok terbang tidak semuanya bisa ditampung dalam satu pemondokan dan dipisah menjadi dua pemondokan. Hal itu, katanya, dimungkinkan karena besarnya satu pemondokan berbeda dengan pemondokan yang lain. ”Kita tetap upayakan satu kloter bisa dalam satu pemondokan tapi jemaah agar bisa paham kalau memang harus dipisah pemondokannya,” kata Arsyad. (Ant/wt/X-12) 

Berikut ini adalah  jarak wilayah-wilayah pemondokan jamaah haji di Makkah dari Masjidil Haram: 
sumber :
http://kemenag.go.id/file/dokumen/KurahHj1.pdf


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers