• KH Athian Ali Da’i: Kita menyayangkan bahwa di tubuh MUI ternyata ada orang yang sama sekali tidak kenal Islam.
***
Satu pertanyaan untuk ketua MUI Umar Shihab: Apakah orang munafik tidak sesat?
Pertanyaan itu perlu ditujukan kepada Umar Shihab, sebab dia berbicara bahwa syiah itu tidak sesat. Alasannya: “Apabila ia sesat, mustahil dan tidak boleh ia masuk ke Masjdil Haram.”
Media massa kini sedang heboh membicarakan ocehan Umar Shihab itu. Dan ternyata dia sudah sejak 2007 menegaskan bahwa syiah tidak sesat ketika disebarkan lewat wawancara dengan Syiar. Eramuslim mengutip sebagian hasil wawancara itu, dikaitkan dengan kasus syiah Madura dan para ulama daerah yang merujuk ke fatwa MUI Pusat 1984 dan ulama lain di antaranya ditulis:

Terkait beberapa kasus dimana ulama daerah menisbahkan dirinya kepada fatwa MUI Pusat tahun 1984 atau fatwa ulama lain yang menyatakan Syiah itu sesat, Umar (Shihab) kembali menegaskan bahwa Syiah tidak sesat.
“Sekali lagi, kita tidak pernah menyatakan Syiah itu sesat. Kita menganggap Syiah itu salah satu mazhab dalam Islam yang dianggap benar. Mengapa saya nyatakan demikian? Karena dunia Islam sendiri mengakui keabsahan mazhab ini,” katanya.
“Apabila ia sesat, mustahil dan tidak boleh ia masuk ke Masjdil Haram. Kenapa mereka boleh masuk ke Masjidil Haram? Itu artinya orang Saudi sendiri mengakui bahwa mereka tidak sesat. Ia tetap Muslim, hanya saja mazhabnya berbeda dengan kita,” tambahnya. (ERAMUSLIM > BERITA NASIONAL
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/kembali-ketua-mui-pusat-klaim-syiah-tidak-sesat.htm
Publikasi: Senin, 02/01/2012 09:51 WIB).
Alasan Umar Shihab: “Apabila ia sesat, mustahil dan tidak boleh ia masuk ke Masjdil Haram.”   Alasan itu perlu diuji dengan pertanyaan: Apakah orang munafik tidak boleh masuk ke Masjidil Haram?
Tentu jawabnya: boleh. Karena dedengkot munafik yakni Abdullah bin Ubay bin Salul justru shalatnya di Masjid Nabawi Madinah di belakang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Pertanyaan selanjutnya: Apakah orang munafik tidak sesat karena boleh masuk Masjidil Haram?
Nah, tentu saja munafik itu sangat sesat. Karena tempatnya saja di kerak neraka, kelak di akherat.
إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا (145) إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ فَأُولَئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِينَ وَسَوْفَ يُؤْتِ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ أَجْرًا عَظِيمًا [النساء/145، 146]
145. Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.
146. Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan[369] dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar. (QS An-Nisaa’: 145-146).
[369] Mengadakan perbaikan berarti berbuat pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang jelek dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan.
Dari kenyataan bahwa orang munafik itu sesat namun boleh masuk ke Masjidil Haram, maka jelas terbukti, dalih Umar Shihab bahwa syiah tidak sesat, “Apabila ia sesat, mustahil dan tidak boleh ia masuk ke Masjdil Haram.” Itu adalah dalil asal bunyi.
Umar Shihab adalah salah satu ketua MUI, dan kenyataannya, bicaranya seperti itu. Ada apa sebenarnya?
Oleh karena itu, orang pun akan menanggapi Umar Shihab sesuai dengan pembelaannya terhadap Islam. Di antaranya suara seorang tokoh Islam dari Bandung yang dimuat di situs muslimdaily.net berikut ini:
***
KH Athian Ali: di Tubuh MUI Pusat Ada Orang yang Tidak Faham Islam
Terkait pernyataan pengurus MUI Pusat Umar Shihab di beberapa media yang menyebutkan bahwa ajaran Syiah tidak sesat,  Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) ustadz Athian Ali menanggapi kalau Umar Shihab itu tidak faham Islam.
Seperti dilansir MetroTV hari Ahad 1 Januari 2012, “Saya katakan, MUI berprinsip pertama, Mazhab Syiah tidak sesat. Karena ada yang mengatakan Syiah sesat. kedua, mazhab Ahl As-sunnah wal Jamaah (Sunni) dan Syiah adalah mazhab besar dalam dunia Islam. Bahkan, dalam pertemuan internasional yang dihadiri ulama Sunni juga dihadiri ulama Syiah,” kata Ketua MUI Umar Shihab di Jakarta, Ahad (1/1)
Karena itu, Umar mengimbau umat Islam tidak terpecah belah dan menjaga ukhuwah Islamiyah, serta tidak melakukan tindak kekerasan terhadap golongan berbeda.
KH Athian Ali: Umar Shihab Tidak Faham Islam
Menanggapi pernyataan dari Umar Shihab bahwa Syiah tidak sesat, KH Athian Ali mengatakan “pertama, itu pernyataan pribadi yang bersangkutan (Umar Shihab_red), bukan atas nama MUI, dan yang kedua, kita menyayangkan bahwa di tubuh MUI ternyata ada orang sama sekali tidak kenal Islam.”
Ustadz Athian Ali mengakui jika ada beberapa golongan Syiah yang masih dianggap tidak sesat, yakni Syiah Zaidiyah. Namun pernyataan Umar Shihab tempo hari tidak menjelaskan Syiah golongan mana yang ia nyatakan tidak sesat. “Jangan-jangan dia (Umar Shihab) nggak tau apa itu Syiah, jangan-jangan dia hanya bicara saja,” tambah ketua FUUI yang berdomisili di Bandung ini.
“Dugaan saya dia tidak ngerti tentang Syiah, bahkan mungkin juga tidak ngerti tentang Islam, membedakan mana yang sesat dan mana yang tidak sesat.”
Terkait ucapan Umar Shihab mengenai prinsip MUI bahwa ajaran Syiah tidak sesat, KH Athian Ali yang sempat menjabat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat dari tahun 1984 sampai 1994 menanggapi, bahwa “MUI belum pernah mengeluarkan pernyataan apa-apa tentang Syiah itu”.
“Yang ada malah pernyataan MUI dengan Depag, Depag menyatakan bahwa Syiah itu sesat,” tambah Athian Ali.
Terakhir alumni Universitas Al-Azhar Mesir ini menasehati Umar Shihab, sebaiknya Umar Shihab itu mempelajari Syiah sebelum mengeluarkan pernyataan, karena kebetulan yang bersangkutan duduk sebagai salah seorang pengurus MUI. Tidak layak pengurus MUI mengeluarkan pernyataan yang dia tidak ketahui. [muslimdaily.net) Diposting Senin, 02-01-2012 | 10:52:10 WIB
(nahimunkar.com)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers