Segala sesuatu dalam kehidupan ini,sesuai tabiat yang telah di ciptakan oleh allah subhanahu wata'ala..pasti mengalami perubahan dan pergantian,penambahan dan pengurangan,baik itu materi atau pun non materi,,..
 Sobat...pepohonan yg tumbuh subur di sekitar kita,hewan2 yg berkliaran,bebatuan...setiap hari berada dalam aktivitas lingkungan dan rutinitas alamiah, yg berubah dari keadaanya pada keadaan yg lain,dari satu bentuk ke bentuk yg lain,dan dari satu warna ke warna yg lain,.. begitulah pola pikir dan perasaan manusia  sama.. tidak mungkin selamanya dalam satu kondisi,,mau tidak mau ,ia akan bergerak  menuju perubahan dan  PERUBAHAN.trgantung kita ingn berubah menjadi baik atau buruk...
*anjuran islam yg selalu menyerukan perubahan
                Agama islam menyeru seluruh umatnya untuk slalu berubah dan merubah dri,.di jalur perubahan yg di cita citakan dalam aspek khidupan apapun tentunya tidak keluar dari jalur ketaatn pda allah swt..allah swt berfirman:
                Demi jiwa serta penyempurnaan(ciptaan)nya,maka dia meng ilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaan,sungguh beruntung orang yg mensucikan diri nya,dan sungguh merugi orang yg mengotorinya.(QS asy syams7-10)
Allah swt juga berfirman,                                                                                    
                                                                                    
Qod aflaha man taza ka...sungguh beruntungorang yg mensucikan diri (dengan beriman).(Qs al ala 14),.maksutya adalah sunguh beruntung..??orang yg sukses dan mencapai cita citanya.,yaitu orang yg mensucikan diri nya dari kekufuran dan maksiat,yg mematuhi seluruh perintah allah dan rosul nya melakukan amalan sholeh,.
           Ibnu said ra menyatakan “maksutnya,menyucikan jiwa dari segala dosa(meninggalkan segala larangan contoh pacaran,ikhtilat,dan kemaksiatan lainya),membersihkan dari aib(dngan menjalankan ke taataatn allah swt allah pasti mejaga aib kita,menghiasi dngn ketaatan pada allah swt(menjalan kan ibadah ibadah yg syari),dan menjujung tnggi drajatnya dngn ilmu dan amal sholeh..
         sobat Penyucian jiwa yg dipaparkan dlm bebrapa ayat ini.,merupakan genre  perubahan dan peningkatan mental humanis menuju drajat2 luhur kemanusiaan,..guna meraih kebahagiaan di dunia dan akherat.,...
allah swt berfirman: IN ALLAHA LAA YUGHOYIRU BIQOUWMI HATA YUGHOYIRUU MA BIANGFUSIHIM.sesungguhnya allah tidak akan merubah keadaan(nasib) suatu kaum kecuali mereka sendiri yg merubahnya(.QS ar Rad 11)....

*siap mengubah diri??? Oke.....
          Man taraka syai-in fii haramihi naala fii halaalihi..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal...suff.. cermati kata kata ini sobat??..
Sebuah cerita’’ berguru’’ pada perampok..
       => Malam itu seorang lelaki hendak merampok,.karena lapar dan belum mendapakan hasil rampokan,ia singgah di masjid tempat rosulullah Shallallohu 'alaihi wa Sallam,mengajarkan nilai-nilai kehidupan.sungguh ia minder dengan profesinya tersebut,ia duduk di pojok,.jauuh dari sahabat nabi yg tengah menyimak nasehat2 nabi Shallallohu 'alaihi wa Sallam,.dalam salah satu nasehatnya rosulullah Shallallohu 'alaihi wa Sallam bersabda:          Man taraka syai-in fii haramihi naala fii halaalihi..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal... sayup sayup ia dengar nasehat nabi..karena rasa lapar yg sangt,,nasehat ini saja yg dapat ia rekam dengan akurat,,yg lainya lewat..begitu saja. .
      Malam semakin larut,,rasa laparnya semakin kuat menggrogoti perutnya,.Ditengah sepinya malam ia keluar.untuk mencari pengganjal perutnya yg lapar: mangsa,nah... sebuah pintunya terbuka.rumah janda muda yg di tinggal mati suaminya,.@_@ kesempatan emas di depan mata..hidangan tersaji seiring rasa lapar yg menggoda.,ia masuk rumah dengan mudah..saat hendak meraih makanan tersebut,.ia tergetar tringat pesan nabi: Man taraka syai-in fii haramihi naala fii halaalihi..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal...meski rasa lapar menggrogoti ia urungkan niat diri meraih makanan tersebut..
    Lalu Ia berjalan hendak keluar,..ia lihat lemari berisi emas dan perhiasan,ia berfikir dngan harta itu ia bisa membeli makanan,sehingga berkecukupan,dan tidak lg kelaparan.,saat meraih harta dan perhiasan itu,pesan nabi itu terngiang lagi. ..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal..lagi lagi ia urungkan niat nya untuk mengambil perhiasan yg bukan miliknya itu.,,ia masih mrasa lapar ia bergegas ingin keluar dari rumah,namun ketika melewati sebuah kamar hatinya tergetar,.melihat janda muda itu tertidur dngan indah,syhwatnya berkobar,ia berfikiran inggin mendatanginya..ia datangi kamar janda trsebut,kembali ia gemetar tersentak,.Tersadar..sabda nabi: ..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal..rasa takut,gemetar bercampur lapar ia rasakan., ia kembali ke masjid.ia beristighfar.subuh datang.ia tetap berada di masjid dalam keadaan takut,gemetar dan rasa lapar.,.
     Pagi hari seorang wanita menghadap nabi Shallallohu 'alaihi wa Sallam       ,..ia menceritakan bahwa tadi malam seseorang menyatroni rumahnya..ia henda merampok dan berbuat yg tidak tidak terhadap diri ku,.tapi orang itu pergi begitu saja.,wanita itu meminta pda rosulullah untuk mencarikan suami yg siap melindunginya dan laki laki  sholeh.,.
   Nabi pun mecari.., siapa yg siap yg bersedia mjadi pendamping janda ini,.nabi di tunjukan pada seorang laki-laki yg sedng  sendiri.,perampok yg kelaparan tadi,.nabi pun menawari.laki laki itu menyanggupi..,.dan pernikahan pun terjadi...subhanallah sobat begitu agunya hidayah allah,.
Kita ambil inspirasi dari kisah di atas bahwasanya seorang perampok saja ...sadar???? apa lg kita sebagi pelajae yg terpelajar..,.tentunya lebih dari itu dong sadarnya,.,.mari kita hadirkan pesan nabi dalam dri kita,dalam kehidupan sehari kita dan hidup dngan syari: Man taraka syai-in fii haramihi naala fii halaalihi..barang siapa yg meninggalkan sesuatu kondisi haramnya,niscaya ia mendapatkanya dalam kondisi halal..terbukti bukan,ia kini halal makan maknya yg semalam haram baginya,.halal harta dan perhiasan yg semalem adalah haram baginya,.ia halal untuk menggaulinya yg semalam haram baginya.,karna janda itu tlah menjadi istrinya,..(di kutip dri buku the way to win karangan solokhin abu izuzudin).. .
*KEBERANIAN adalah kesabaran,.berani berubah beratii ia sabar mengikuti peroses sampai tuntass*,.tak perlu waku lama untuk berubah,. mulai sekarang saat ini kta tinggalkan yg allah dan rosulnya larang pada kita,. Kuncinya adalah keyakinan dan berani berkorban untuk allah.,, bukan kah makna islam yg sesungguhnya adalah demikian.,keyakinan adalah sepirit yg besar.,.
*hum pim pah mari kita berubah....
Untuk berubah perlu ruh yg mengugah,.perlu inspiration yg kuat,karena berubah tak semudah hum pim pah membalikan telapak tangan,.hahaha sobat baik ku,,.,kita lihat kelangit sejenak lihat kebesaran allah anda yakini menatap wajah allah adalah punycak kebahagiaan kita seorng muslim.,apa yg kita cari didunia ini bukan semata mata kesenangan belaka akan tetapi kita beramal untuk akherat,..sama seprti kita bekerja untuk mdapatkan upah yg kita gunakan untuk kesenangan.,itulah prinsip seorang muslim.bersakit sakit dahulu  barulah bersenang2 kemudian hari,.. ?????.. .merubah diri itu memang menyakitkan,susah,butuh ketabahan dan ketegaran,..ingat ktika itu allah sedng sayng dngn kita,.makanya hidayah datang,..akhi...ukhti hidayah itu mahal saudaraku,..mari kita sejenak merenung,menangislah karena allah,.seberapa besar ego kita slama ini,ketaatn yg kita abaikan,.ayat ayat allah yg kita abaikan,. .memang kta manusia kulu bani adam khotooun,.setiap anak cucu adam pasti melakukan salah., .namun yg perlu kita fikirkan Apa kah kita akan salah terus??????.. la’ ya ughoy.. .
*lats than so... .welcome cangge...
1.pimpinlah dri kita untuk meraih prestasi.,.kita bertanggung jawab atas kepemimpinan dri kita,.kita pimpin diri kita ke yg terbaik,.kulukum ra-in wa kullukum mas ulun an raa-iyatihi,.setiap kalian adalah pemimpin ,dan setiap kalian bertanggung jawab ats kepemimpinan.,
2.kendalikan diri kita..control my self.  kita pusatkan pemikiran kta,kalah kan hawa nafsu dan pemikiran negatif kita.bermenejemenlah untuk mempenggaruhi fikiran negatif kta menjadi positif,.
3.pertahankan hal hal yg bisa anda di kontrol.orang yg kuat itu bukan semata mata ia kuat fisiknya akan tetapi bagi mana ia bisa menahan nafsunya pun demikian., hal hal yg tidak bisa kita kontrol,namun kita bisa mempengaruhinya,.
4.dan katakan inilah aku!!!! selamat mencoba?*bila kita tidak berani mengubah diri,maka waktu akan membinasahkan kita dan zaman yg akan memanggil kita.,             
*kita intip pahala dari apa yg kita lakukan..ibnu jauji mengatakan..”barang siapa mengintip pahala karena keikhlasan,akan ringan tugas yg berat itu,.karena itu marilah kita intip pahala yg allah berikan pada setiap apa yg kita lakukan dan temukan keikhlasan dalam menjalaninya,..ihris ‘alaa maa yanfaa’uka...carilah sebesar besar apa yg bermanfaat bagi mu.,.siap berperang,.. siap menyambut sabatan pedang,. Dan raih kebahagian sejati????? ......... sekian  dari kami wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatu..


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers