Bahasa arab tidak bisa dilepaskan dari Islam, seorang santri yang pernah merasakan mondok pasti tahu pentingnya kemampuan untuk berbahasa arab ketika sedang belajar ilmu din (agama), dan ilmu penunjang kemampuan bahasa arab, dari sisi qoidah sudah pasti tidak akan lepas dari ilmu nahwu dan ilmu shorof.
Untuk memudahkan para pelajar dalam ilmu shorof, terutama dalam hal mentashrif ada sebuah progam yang patut untuk dicoba, yaitu Qutrub, progam open source berbasis python dari developer bernama Thaha Zaruqi asal Aljazair, progam ini membantu kita dalam tashrif lughowi dan progam Qutrub ini bukanlah satu-satunya karya beliau. Ada beberapa progam lain hasil olahan jarinya antara lain AyaSpell.
Kelebihan dari Qutrub ini adalah bisa di export ke bentuk html, cukup dengan mengklik icon Export /  tashdir di sebelah kanan atas, lalu save dan file akan disimpan dalam bentuk html, selain itu juga bisa dicetak, yang memudahkan bagi guru atau ustadz ketika mengajarkan ilmu shorof, dan juga bisa berjalan di OS Linux ataupun Windows.

Progam ini pun tidak perlu di install, karena masih bersifat portable. Untuk menggunakannaya bisa dengan dua cara
  1. Secara online di situs Qutrub
  2. Secara offline, dan harus mendownload progamnya terlebih dahulu di Sourceforge
Jika anda ingin menjalankan dengan cara offline cukup extract dan jalankan file main_gui.exe maka anda akan melihat tampilan yang sangat sederhana dari progam Qutrub

 Sebagai contoh, ganti tulisan كتب  pada progam tersebut dengan kata yang ingin anda tashrif misalkan قرأ kemudian klik Conjugate dan lihat hasilnya. Mudah bukan?
 Progam ini mendukung tashrif lughowi untuk wajan fi’il yang ma’lum dan juga yang majhul, progam ini juga akan mengetahui apakah fi’il yang kita tashrif itu lazim atau mutaddi. Semoga progam ini bisa membantu kita untuk belajar bahasa arab. (rif)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers