Pertanyaan:
Assalamu’alaikum.
Dok saya mau Tanya. Gimana cara menghilangkan bekas jerawat dan gimana cara jerawat tidak muncul-mucul lagi?
Dari: Halim
Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarakatuh.
Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.
Bekas jerawat memiliki kedalaman dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Bekas jerawat yang ringan dan terletak di lapisan atas kulit dapat menyembuh dan memudar seiring dengan pergantian kulit baru yang terjadi setiap bulannya. Namun untuk bekas jerawat yang lebih dalam, terdapat beberapa prosedur yang dapat dilakukan:

  • Chemical peeling (pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia). Proses ini dilakukan dengan menggunakan asam dengan kekuatan tertentu pada kulit wajar sehingga kulit bagian atas mengelupas dan meminimalisir bekas jerawat yang lebih dalam.
  • Dermabrasi. Biasanya digunakan untuk bekas yang lebih berat. Prosedur ini memiliki prinsip yang sama dengan chemical peeling, namun dilakukan dengan alat tertentu dan bukan bahan kimia.
  • Mikrodermabrasi. Memiliki prinsip yang sama dengan dermabrasi tanpa merusak kulit.
  • Laser, dan terapi menggunakan gelombang radio. Pengelupasan dilakukan menggunakan sinar laser dan mengakibatkan lapisan kulit teratas mengelupas dan mendorong pembentukan kulit baru.
  • Pembedahan kulit. Prosedur bedah minor khusus menarget bekas-bekas jerawat yang kemudian ditutupi dengan jahitan maupun cangkok kulit.
Adapun pencegahan jerawat yang dapat dilakukan antara lain:
  • Mencuci wajah secara rutin dua kali sehari dengan pembersih yang lembut, berbahan dasar air,  khususnya di daerah dimana jerawat mudah timbul. Sebaiknya tidak mencuci wajah terlalu sering sehingga kelembabannya hilang dan mudah teriritasi.
  • Menghindari pemakaian kosmetik berlebihan yang dapat menyumbat pori.
  • Menghindari pemakaian pakaian yang ketat, begitu juga dengan helm, maupun benda lainnya yang berpeluang menutup kulit dengan ketat sehingga menyumbat pori.
  • Menghindari terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, dan tidak membiarkan rambut menutupi wajah.
  • Segera mandi setelah melakukan aktivitas berat untuk menghindari tertimbunnya minyak dan kulit mati serta kotoran di kulit.
  • Memilih jenis makanan yang tepat, seperti mengurangi makanan tinggi gula dan lemak buruk  dan meningkatkan konsumsi sayuran beragam warna dan buah-buahan sebagai nutrisi kulit.
Perlu diingat bahwa timbulnya jerawat dipengaruhi oleh kelebihan produksi minyak dan pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur, begitu juga hormon androgen, sehingga tidak seluruhnya bisa dicegah sepanjang waktu. Namun yang dapat dilakukan ketika jerawat muncul kembali adalah menghindari manipulasi dengan tangan seperti memencet, menggaruk, dan semisalnya, dan menggunakan obat jerawat yang sesuai, sehingga jerawat tidak meninggalkan bekas yang dalam pada kulit.
Semoga bermanfaat.
Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers