Bismillahirrahmaanirrahiim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraatuh.
Ada beberapa fenomena aneh tapi nyata di bulan Ramadhan ini, diantaranya adalah dua kondisi yang begitu mencolok perbedaannya di bulan Ramadhan ini. Apakah itu? Yaitu manakala anda mencermati keadaan masjid di malam hari dengan keadaan masjid di siang hari. Apa yang ada di masjid di malam hari dan apa yang ada di masjid di siang hari?
Coba anda cermati di malam tanggal 1 Ramadhan di masjid-masjid kaum muslimin!!
Apa yang terjadi? Masjid-masjid kaum muslimin dimalam 1 Ramadhan membeludak begitu banyak orang yang pergi ke masjid.

Untuk apa??? untuk menunaikan sholat isya berjama’ah yang dilanjutkan dengan sholat taraweh yang ini tentunya adalah merupakan fenomena yang mengembirakan dimana kaum muslimin di malam-malam Ramadhan mereka rajin untuk pergi ke masjid menunaikan sholat taraweh.
Namun yang jadi masalah adalah perhatikan bagaimana kondisi masjid yang sama ke esokan harinya di siang hari di tanggal 1 Ramadhan, saya tidak meminta anda untuk melihat masjid nanti di tanggal 29 atau tanggal 28 atau tanggal 20 keatas Ramadah, tidak.. Tapi yang saya minta dari anda adalah coba bandingkan antara keadaan jama’ah masjid di malam 1 Ramadhan dengan di siang tanggal 1 Ramadhan.
Apa yang terjadi? Lihat bagaimana jumlah jama’ah manakala mereka menunaikan shalat dzuhur atau shalat ashar, bagaimana? Apakah jama’ah nya membeludak, atau justru cenderung sangat minim, bahkan disebagian masjid kosong.
Sehingga sampai-sampai ada sebagian masjid yang melakukan pekerjaan borongan. apa maksudnya? Maksudnya dia yang muadzin, dia yang komat, dia yang imam dan dia juga yang ma’mum. Syukur-syukur kalau misalnya suatu saat dia menjadi tim satu kesebelasan alias cuma dua orang saja, imam dan ma’mum saja. Itu adalah kondisi masjid di siang hari dibulan Ramadhan.
Ustadz apakah itu salah?
Jelas salah, yang salah bukan kondisi ketika orang membludak di shalat taraweh, bukan..!! tapi yang jadi permasalahan adalah manakala banyak diantara kaum muslimin kemudian mereka memiliki skala prioritas yang tidak benar.
Apakah shalat taraweh adalah merupakan shalat wajib sehingga kaum muslimin mereka begitu mementingkan shalat taraweh, dan sebaliknya apakah shalat ashar adalah merupakan shalat yang hukumnya sunah sehingga kaum muslimin kurang memperdulikannya, apakah seperti itu?
Kalau misalnya kita tanya mereka tentu tentu mereka akan menjawab: ya enggak lah, taraweh hukumnya sunah sedangkan shalat ashar hukumnya adalah wajib, itu secara lisan tapi secara praktek di dalam kehidupan mereka ternyata berbeda, seharusnya kaum muslimin memiliki skala prioritas di dalam beribadah, ada sesuatu yang penting dan ada sesuatu yang lebih penting, antara yang wajib dan sunnah lebih penting mana? Jelas lebih penting yang wajib, makannya dalam sebuah hadits qudsyi yang diriwayatkan oleh imam Bukhari, Allah E berfirman:
Wamaa taqorrobaa ilayya ‘abdi bi syai in ahabba ilayya mimaftarootu ‘alaihi,
kata Allah subhanahuwata’ala tidak ada amalan yang dilakukan oleh bani Adam untuk mendekatkan dirinya kepadaku yang lebih aku sukai dibandingkan amalan yang aku wajibkan untuk dia. Jadi antara yang sunah sama yang wajib itu lebih dicintai oleh Allah E, karena inilah yang lebih penting.
Nah ketika saya menyampaikan ini bukan saya sedang mengatakan dan menggembosi kaum muslimin untuk tidak menunaikan shalat taraweh, bukan itu maksud saya, tapi maksud saya adalah bagaimana kaum muslimin bisa meramaikan shalat lima waktu mereka, bisa meramaikan masjid mereka untuk menunaikan shalat lima waktu sebagaimana mereka bisa meramaikan shalat taraweh dengan bejama’ah di masjid.
Alangkah indahnya ketika kita melihat masjid-masjid kaum muslimin diwaktu shalat dzuhur terutama dan diwaktu shalat ashar kita melihat jama’ah nya membludak seperti membludaknya shalat taraweh seperti yang kita lihat selama ini.
Semoga yang sedikit ini bermanfaat, wallahu ta’ala a’la wa a’lam.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Durasi: 00:05:53
Pencatat: Arif Risnandar on 15 May 2016
Editor: Abu Ahmar


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers