Meninggal di Mekkah atau Madinah? Benarkan mati di tanah haram itu mati
syahid? Mohon pencerahannya
.
Jawab: Bismillah was shalatu was salamu
‘ala Rasulillah, wa ba’du, Terdapat anjuran untuk mati di tempat mulia
dan memakamkan jenazah di tempat mulia, yang memiliki keistimewaan.
Seperti di tanah suci Mekah atau Madinah. Dalam hadis dari Ibnu Umar
radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ
اسْتَطَاعَ أَنْ يَمُوتَ بِالْمَدِينَةِ فَلْيَمُتْ بِهَا ؛ فَإِنِّي
أَشْفَعُ لِمَنْ يَمُوتُ بِهَا Siapa yang bisa meninggal di Madinah,
silahkan meninggal di Madinah. Karena aku akan memberikan syafaat bagi
orang yang meninggal di Madinah. (HR. Turmudzi 3917, dishahihkan
an-Nasai dalam Sunan al-Kubro (1/602) dan al-Albani ) Apa makna bisa
meninggal di Madinah? Kita simak keterangan at-Thibby, أمر بالموت بها
وليس ذلك من استطاعته ، بل هو إلى الله تعالى ، لكنه أمر بلزومها والإقامة
بها بحيث لا يفارقها ، فيكون ذلك سببا لأن يموت فيها “Mati di Madinah, itu
di luar kemampuan manusia. Akan tetapi itu kembali kepada Allah.
Sehingga makna hadis ini adalah perintah untuk tinggal menetap di
Madinah, berusaha tidak meninggalkan kota ini. Sehingga ini menjadi
sebab untuk bisa mati di Madinah. ” (Tuhfatul Ahwadzi, 10/286)
Al-Munawai menukil keterangan as-Syamhudi, وفيه بشرى للساكن بها بالموت
على الإسلام لاختصاص الشفاعة بالمسلمين ، وكفي بها مزية ، فكل من مات بها
فهو مبشر بذلك Dalam hadis ini terdapat kabar gembira bagi orang yang
tinggal di Madinah, mereka akan mati muslim. Karena syafaat hanya akan
diberikan kepada kaum muslimin. Dan itu menjadi keistimewaan tersendiri.
Karena setiap orang yang mati di Madinah, dia mendapat kabar gembira
untuk itu. (Faidhul Qadir, 6/70). Mereka Bercita-cita Mati di Tanah Suci
Diantaranya Nabi Musa ‘alahis salam. Dari Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan permintaan Musa
‘alaihis salam ketika didatangi malaikat maut, سَأَلَ اللَّهَ أَنْ
يُدْنِيَهُ مِنْ الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ رَمْيَةً بِحَجَرٍ Beliau
memohon kepada Allah, agar kematiannya di dekatkan dengan tanah suci
(baitul maqdis) sejauh lemparan kerikil. (HR. Bukhari 1339 & Muslim
2372) Ibnu Batthal menjelaskan, معنى سؤال موسى أن يدنيه من الأرض المقدسة
– والله أعلم – لفضل من دُفن في الأرض المقدسة من الأنبياء والصالحين ،
فاستحب مجاورتهم في الممات ، كما يستحب جيرتهم في المحيا Makna permintaan
Musa agar kematiannya di dekatkan dengan tanah suci adalah karena adanya
keutamaan orang yang dimakamkan di tanah suci, seperti para nabi dan
orang soleh lainnya. Sehingga dianjurkan untuk mati di dekat mereka,
sebagaimana dianjurkan untuk berdampingan dengan mereka ketika hidup.
(Syarh Shahih Bukhari, 3/325) Demikian pula yang dilakukan Umar bin
Khatab radhiyallahu ‘anhu . Beliau pernah berdoa, اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي
شَهَادَةً فِي سَبِيلِكَ ، وَاجْعَلْ مَوْتِي فِي بَلَدِ رَسُولِكَ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ Ya Allah, berikanlah aku anugrah mati syahid
di jalan-Mu, dan jadikanlah kematianku di tanah Rasul-Mu shallallahu
‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari 1890) Kata an-Nawawi, يستحب طلب الموت في
بلد شريف Dianjurkan untuk meminta mati di daerah yang mulia.
(al-Majmu’, 5/106). Umar juga memohon, agar jenazahnya dimakamkan di
samping makan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakar
as-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu. Seperti itu pula yang dilakukan sahabat
Sa’ad bin Abi Waqqash dan Said bin Zaid. Diceritakan oleh Imam Malik,
bahwa beliau meninggal di daerah Aqiq, lalu jenazahnya dipindah ke
Madinah, dan dimakamkan di Madinah. (al-Muwatha’, 2/325 dan dishahihkan
Ibnu Abdil Bar dalam al-Istidzkar) Tidak Semua Syahid Keterangan di atas
untuk menunjukkan keutamaan meninggal di tanah suci. Seperti meninggal
di tanah haram, terutama Madinah. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam menjanjikan, muslim yang meninggal di Madinah akan mendapat
syafaat dari beliau. Sementara apakah mereka mati syahid? Untuk bisa
disebut mati syahid, harus ada dalil. Karena predikat syahid adalah
predikat khusus. Hanya bisa diberikan, jika ada dalil. Penjelasan
mengenai mati syahid, bisa dipelajari di: Apa Itu Mati Syahid?
Keutamaan Mati Ketika Ihram Orang yang mati dalam kondisi ihram, baik
ketika haji atau umrah, memiliki keutamaan khusus. Orang ini di hari
kiamat akan dibangkitkan dalam kondisi membaca talbiyah, ‘Labbaik
Allahumma labbaik…’ Karena itu, jenazahnya tidak boleh diberi wewangian
dan tidak boleh ditutup kepalanya. Dipertahankan seperti orang yang
ihram. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma bercerita, Ada orang yang ikut
wukuf bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di Arafah, tiba-tiba
ada orang yang terpelanting dari ontanya, jatuh, hingga lehernya patah.
Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyarankan, اغْسِلُوهُ بِمَاءٍ
وَسِدْرٍ، وَكَفِّنُوهُ فِي ثَوْبَيْنِ، وَلا تَمَسُّوهُ طِيباً، وَلا
تُخَمِّرُوا رَأْسَهُ وَلا تُحَنِّطُوهُ، فَإِنَّ اللهَ يَبْعَثُهُ يَوْمَ
القِيَامَةِ مُلَبِّياً Mandikan dia dengan air dan bidara. Jangan
dikasih wewangian, dan jangan ditutupi kepalanya. Karena Allah akan
membangkitkannya paa hari kiamat, dalam kondisi membaca talbiyah.
(Bukhari 1265 & Muslim 2948) Bagaimana jika Meninggalnya Setelah
Haji? Orang yang telah usai melaksanakan haji, dan dalam proses menunggu
untuk pulang, lalu dia meninggal, kita berharap semoga husnul khotimah,
karena meninggal setelah melakukan amal soleh. Hanya saja, apakah ada
keutamaan khusus baginya, kita tidak bisa sampaikan, kecuali jika ada
dalil. Allahu a’lam. Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan
Pembina Konsultasisyariah.com)
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer