Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah berkata :
وقد اختلف العلماء في الجن هل منهم رسول أو نبي أو لا؟ فقال بعضهم: إن فيهم ذلك.
Para ulama’ berbeda pendapat tentang jin, apakah ada diantara mereka yang menjadi Rasul, Nabi ataukah tidak ? Sebagian ulama’ mengatakan bahwa : ada Nabi atau Rasul dari kalangan jin.

والأظهر أن الجن ليس فيهم رسول بدليل قوله تعالى: {{وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوحًا وَإِبْرَاهِيمَ وَجَعَلْنَا فِي ذُرِّيَّتِهِمَا النُّبُوَّةَ وَالْكِتَابَ}} [الحديد: 26] ، والجن ليسوا من ذرية نوح ولا إبراهيم.
Pendapat yang nampak lebih kuat adalah bahwa tidak ada Rasul dari kalangan jin. Berdasarkan firman Allah ta’ala : Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim dan Kami jadikan kepada keturunan keduanya kenabian dan Al Kitab.” (Al Hadid : 26).

Dan jin tidak termasuk dari keturunan Nuh, tidak pula keturunan Ibrahim ‘alaihimassalam.
وأما قوله تعالى: {{يَامَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ}} [الأنعام: 130] فالخطاب للمجموع لا باعتبار الجميع،
Adapun firman Allah ta’ala : Wahai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepada kalian rasul-rasul dari golongan kalian sendiri.” (Al An’am : 130). Arah pembicaraan ayat ini ditujukan kepada jenis jin dan manusia bukan kepada semua jin dan manusia.
واستدل بعضهم بقوله تعالى: {{وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلاَّ رِجَالاً نُوحِي إِلَيْهِمْ}} [يوسف: 109] لأن الجن يسمون رجالاً؛ قال تعالى: {{وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ}} [الجن: 6] .
Sebagain ulama’, mereka berdalil dengan firman Allah ta’ala : “Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya.” (Yusuf : 109), karena jin dinamakan dengan laki-laki (rijaal), Allah ta’ala berfirman : “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin.” (Al Jin : 6).
ولكن هذا الدليل ليس بواضح، وأصرح ما في المسألة أن الله جعل النبوة في ذرية نوح وإبراهيم عليهما السلام.
Akan tetapi dalil-dalil yang disebutkan oleh para ulama’ yang berpendapat ada Rasul dari golongan jin tidak menunjukkan secara jelas. Maka pendapat yang kuat dalam masalah ini adalah bahwa Allah menjadikan nubuwah (kenabian) dari keturunan Nuh dan Ibrahim ‘alaihimassalam.
Sumber : http://www.ibnothaimeen.com/all/books/article_18355.shtml

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers