وسمعته يقول : من واظب على أربعين مرة كل يوم بين سنة الفجر وصلاة الفجر ياحي ياقيوم لاإله إلا أنت برحمتك أستغيث حصلت له حياة القلب ولم يمت قلبه
Ibnul Qoyyim mengatakan, “Aku mendengar Ibnu Taimiyah mengatakan, ‘Barang siapa yang merutinkan untuk membaca sebanyak empat puluh kali di antara sholat qabliyah subuh dengan sholat shubuh ‘Ya Hayyu Ya Qoyyum la ilaha illa anta birohmatika astaghitsu’ maka dia akan memiliki hati yang hidup dan hatinya tidak akan mati” [Madarij Salikin 1/448, Syamilah].
س: قال ابن القيم: سمعت شيخ الإسلام ابن تيمية يقول: من واظب على أربعين مرة كل يوم بين سنة الفجر وصلاة الفجر على قول: (يا حي يا قيوم لا إله إلا أنت برحمتك استغيث) حصلت له حياة القلب ولم يمت قلبه، فهل هذه المقالة صحيحة؟ وما حكم العمل بها؟
Pertanyaan:

Ibnul Qoyyim mengatakan, “Aku mendengar Ibnu Taimiyah mengatakan, ‘Barang siapa yang merutinkan untuk membaca sebanyak empat puluh kali di antara sholat qabliyah subuh dengan sholat shubuh ‘Ya Hayyu Ya Qoyyum la ilaha illa anta birohmatika astaghitsu’ maka dia akan memiliki hati yang hidup dan hatinya tidak akan mati”. Apakah perkataan ini benar? Apa hukum mengamalkan perkataan tersebut?
ج: هذا الكلام نقله ابن القيم عن شيخه في المدارج (1/448)،
Jawaban Syaikh Sulaiman bin Abdullah al Majid [anggota Majelis Syuro KSA]:
“Perkataan tersebut dikutip oleh Ibnul Qoyyim dari gurunya dalam kitab Madarijus Salikin 1/448.
ولا نعلم لهذا الذكر في هذا الموضع المعين أصلا في السنة،
Kami tidak mengetahui hadits yang bisa dijadikan dasar syariat untuk membenarkan perbuatan membaca bacaan dzikir di atas dalam waktu yang disebutkan dalam perkataan tersebut.
والإمام ابن تيمية يرى في مثل هذه المسائل أنه يفرق بين القليل والكثير والظاهر والخفي؛ فإن كان ذلك خفيا فلا بأس به،
Pandangan Ibnu Taimiyyah dalam semisal permasalahan ini adalah membedakan antara sering atau rutin dilakukan ataukah tidak, dilakukan terang terangan ataukah sembunyi sembunyi. Jika dilakukan sembunyi sembunyi hukumnya tidak mengapa.
لكن لا ينبغي أن يداوم على صيغة معينة من الذكر أو الدعاء في زمان أو مكان معينين إلا بدلبل. والله أعلم.
Akan tetapi tidaklah sepatutnya merutinkan bacaan dzikir atau doa tertentu dalam waktu tertentu atau tempat tertentu kecuali jika ada dalil yang mendasarinya”.
Sumber:
http://www.salmajed.com/fatwa/findnum.php?arno=2518


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers