سؤال: هل ثبت عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه كان يقرأ على الماء؟
Pertanyaan:
Adakah dalil shahih yang menunjukkan bahwa Nabi itu membacakan ayat ayat ruqyah pada air?
الجواب: نقول: ورد في ذلك حديث رواه الإمام أبو داود في ” سُننه ” لكنه لا يصح؛ لا يصح الحديث في ذلك.
Jawaban Syaikh Ali al Halabi:
Terdapat hadits mengenai hal tersebut yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dalam Sunannya akan tetapi haditsnya tidak shahih.
وروى الإمام أبو عبيد القاسم بن سلام في كتابه ” فضائل القرآن “: عن الإمام إبراهيم النخعي -أحد أئمة التابعين-: أنه كان يكره القراءة على الماء.
Diriwayatkan oleh Imam Abu Ubaid al Qasim bin Sallam dalam kitabnya Fadhail al Quran dari Ibrahim an Nakhai salah seorang ulama besar tabiin bahwa beliau melarang meruqyah dengan menggunakan media air
.
وكان شيخُنا الكبير الشيخ الألباني -رحمه الله-تعالى- يناقش هذه المسألة مناقشةً عقلية؛ فيقول:
يا من تقرأ على الماء: هل القراءة لا تصلح ولا تصح إلا بالماء؟!
فإذا قال: تصح بدون الماء؛ قال: فلماذا الماء؟
Guru kami, Syaikh Al Albani mendudukkan permasalahan ini dengan penjelasan yang sangat logis. Beliau mengatakan, “Wahai orang yang meruqyah dengan menggunakan air apakah ruqyah itu tidak layak dan tidak sah kecuali dengan air? Jika jawabannya adalah ruqyah itu sah dengan air maka pertanyaan berikutnya, lalu mengapa anda meruqyah dengan menggunakan air?
فإذا قال: لا تصح إلا بالماء؛ قال: هذا انتقاص لقيمة القرآن، وانتقاص لقيمة القراءة -التي هي مستقلة بحد ذاتها-كما ورد عن النبي -عليه الصلاة والسلام- والصحابة الكرام -رضي الله-تعالى-عنهم-.
Jika jawabannya adalah ruqyah itu tidak sah melainkan dengan air maka komentar balik untuk jawaban ini adalah ini adalah pelecehan terhadap al Quran dan pelecehan terhadap amalan membacakan ayat ayat al Quran dalam rangka ruqyah. Ruqyah itu sendiri sebab kesembuhan tanpa perlu bantuan air atau lainnya sebagaimana dalam berbagai riwayat dari Nabi dan para shahabat”.
وهذا لا شك أقوى الأقوال: أن القراءة لا تكون لا على ماء ولا على زيت؛ وإنما تكون قراءة مباشرة على العضو، يضع يده حيث يألم، ثم يقرأ.
Tidaklah diragukan bahwa ini adalah pendapat yang paling kuat bahwa ruqyah itu tidak perlu menggunakan media air atau minyak zaitun. Ruqyah yang benar adalah secara langsung membacakan ayat ayat al Quran kepada anggota badan yang sakit, tangan orang yang meruqyah diletakkan di bagian badan yang sakit lantas ayat ayat ruqyah dibaca”.
من لقاء مفتوح بمسجد المغيرة بن شعبة، بتاريخ 26 جمادى الأولى 1431هـ، من الدقيقة 8:16
[Liqo Maftuh di Masjid al Mughirah bin Syu'bah pada tanggal 26 Jumadil Ula 1431H].
Sumber:
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?p=187210#post187210


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers