Berikut ini ada beberapa tips menjadi seorang pendidik yang sukses, dikesempatan ini penulis hanya menyebutkan tips tipsnya saja, insya Alloh penyebutan ayat atau hadisnya menyusul setelah tips tipsnya disebutkan, mudah mudahan dengan kita mengetahui tips-tips ini menjadikan kita sukses dalam mendidik anak anak kita atau istri istri kita, minimal gunakan tips ini untuk diri kita dan keluarga kita dulu, baru digunankan untuk di sekolah atau di masyarakta,  semoaga bermanfaat, amin. Apa saja tipsnnya
  1. mendidik adalah ibadah, maka jadikanlah dalam mendidik anak ikhlas kepada Alloh dan sesuai tuntunan ajaran nabi muhammad,
  2. mengetahui ilmu syari yang wajib diketahui, seperti bagaimana ibadah dan muamalah
  3. kuat badan, kuat akal dan akhlaq, karena mendidik anak bukan satu atau dua hari saja, tapi bertahun tahun sampai dia meninggal
  4. berdoa kepada Alloh agar anak didiknya atau istri yang dia didik mendapat hidayah dari Alloh, karena seseorang hanya memiliki hidayah irsyad ( petunjuk ) adapun hidayah taufik hanya milik Alloh, hanya Alloh yang bisa memberi hidayah kepada seseorang.
  5. mengharapkan pahala dari Alloh semata.
  6. adil dalam mendidik diantara anak anak didiknya, atau antara istrinya jika dia mempunyai beberapa istri.
  7. perbaiki diri kita, karena kita adalah uswah bagi anak didik kita.
  8. kita adalah mahluq yang lemah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali milik Alloh saja, maka bertawakalah, janganlah kita mengandalkan kekuatan dan kepintran kita semata, mintalah terus kepada Alloh dalam mendidik anak anak dan istri.
  9. lemah lembut, kelembutan seperti pisau yang akan memotong tanpa ada rasa sakit, dan kelembutan dalam mendidik akan sangat berpengaruh  pada jiwa daripada dengan cara keras.
  10. hikmah, artinya meletakan sesuatu pada tempatnya
  11. jujur dalam perbuatan dan dalam perkataan, seorang pendidik jika jujur dalam ucapannya, maka akan diikuti oleh anak didiknya, tapi jika dia berbohong, maka walupun satu kali berbohong, maka amalannya akan sia sia seperti debu yang berterbangan.
  12. tidak tergesa gesa dalam mendidik, karena dalam mendidik butuh waktu untuk merubah anak didik, maka dahulukanlah yang lebih penting daripada yang penting
  13. tidak menunda nunda jika memang diperlukan, keculai jika disana ada mashlahat.
  14. waspada terhadap hal hal yang menyebabkan mereka terkena fitnah, atau sesuatu yang menghalangi mereka dari kebenaran, karena seorang pendidik harus teliti dalam mendidiknya, seorang pendidik bagai petani, dia akan menghilangkan hama yang merusak tanaman, atau rumput rumput yang menyebabkan tanaman tidak subur.
  15. jangan diam jika ada kemaksiatan dilakukan, atau meridhoinya, atau membiarkan maksiat ada dirumah kita, karena jika didiamkan atau dibiarkan akan terbiasa dalam melaksanakan kemaksiatan.
  16. adanya pujian jika anak didik telah berbuat baik, dan adanya teguran jika berbuat kesalahan, tentunya menegur dengan bijak.
  17. tiap hari adanya pelajaran-pelajaran yang diselang seling, aqidah, akhlaq, fiqih dll.
  18. setoran hafalan alqur’an dan hadis.
  19. memberi hadiah, karena dengan saling memberi akan adanya ikatan batin yang kuat.
 sumber http://bhrfull.wordpress.com


    Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

    0 Komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

    Jumlah Pengunjung

    Blog Archive

    Anda Pengunjung Online

    Followers