Pertanyaan
Assalaamualaikum ustad…
Maaf
saya mau tanya bolehkah anak yang belum disunat/dikhitan masuk masjid
dan ikut solat dengan orang tuanya? Terimakasih atas jawabannya
Jawaban:
Waalaikum salam warohmatulloh…
Pertama: Dibolehkan membawa anak kecil masuk ke dalam masjid, walaupun belum disunat.
Kedua: Berikut hadits-hadits yang menunjukkan hukum di atas:
عن أبي قَتَادَةَ رضي الله عنه: بَيْنَا
نَحْنُ فِي الْمَسْجِدِ جُلُوسٌ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحْمِلُ أُمَامَةَ بِنْتَ أَبِي الْعَاصِ بْنِ
الرَّبِيعِ وَأُمُّهَا زَيْنَبُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ صَبِيَّةٌ يَحْمِلُهَا عَلَى عَاتِقِهِ فَصَلَّى
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ عَلَى
عَاتِقِهِ يَضَعُهَا إِذَا رَكَعَ وَيُعِيدُهَا إِذَا قَامَ حَتَّى قَضَى
صَلَاتَهُ يَفْعَلُ ذَلِكَ بِهَا [ أبو داود 783 و النسائي 704 و صححه
الألباني ]
Abu Qotadah radhiallahu ‘anhu mengatakan: Ketika kami sedang duduk-duduk di masjid, Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam- muncul ke arah kami sambil menggendong Umamah binti Abil Ash, -ibunya adalah Zainab binti Rosulullah shallallahu alaihi wasallam-, ketika itu Umamah masih kecil (belum disapih)-,
beliau menggendongnya di atas pundak, kemudian Rosulullah -shallallahu
alaihi wasallam- mengerjakan sholat, sedang Umamah masih di atas pundak
beliau, apabila ruku’ beliau meletakkan Umamah, dan apabila berdiri
beliau menggendongnya kembali, beliau melakukan yang demikian itu hingga
selesai sholatnya.
عَن أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ مَعَ أُمِّهِ
وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَيَقْرَأُ بِالسُّورَةِ الْخَفِيفَةِ أَوْ
بِالسُّورَةِ الْقَصِيرَةِ [ مسلم 722]
Anas radhiallahu ‘anhu mengatakan: Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam- pernah mendengar tangisan seorang anak kecil bersama ibunya, sedang beliau dalam keadaan sholat, karena itu beliau membaca surat yang ringan, atau surat yang pendek.
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ
: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنِّي لَأَدْخُلُ الصَّلَاةَ
أُرِيدُ إِطَالَتَهَا فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ فَأُخَفِّفُ مِنْ
شِدَّةِ وَجْدِ أُمِّهِ بِهِ [ البخاري 666 و مسلم 723 ] قال الشوكاني في
نيل الأوطار ( 5/ 48 ) : ” فيه جوازُ إدخال الصبيانِ المساجدَ” .
Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatakan: Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda: “Sungguh aku pernah memulai sholat yang ingin ku panjangkan, lalu karena kudengar tangisan seorang anak kecil, maka kuringankan (sholat tersebut), karena (aku sadar) kegusaran ibunya terhadapnya”.
عَنْ
بريدة رضي الله عنه قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَخْطُبُ
فَجَاءَ الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَعَلَيْهِمَا
قَمِيصَانِ أَحْمَرَانِ يَعْثُرَانِ فِيهِمَا فَنَزَلَ النَّبِيُّ صلى الله
عليه وسلم فَقَطَعَ كَلَامَهُ فَحَمَلَهُمَا ثُمَّ عَادَ إِلَى
الْمِنْبَرِ ثُمَّ قَالَ صَدَقَ اللَّهُ ” ( إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ
وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ) رَأَيْتُ هَذَيْنِ يَعْثُرَانِ فِي
قَمِيصَيْهِمَا فَلَمْ أَصْبِرْ حَتَّى قَطَعْتُ كَلَامِي فَحَمَلْتُهُمَا”
[النسائي 1396وابن ماجه 3590 وصححه الألباني].
Buroidah mengatakan: Suatu saat Nabi -shallallahu alaihi wasallam- berkhutbah, lalu datanglah Hasan dan Husain radhiallahu ‘anhu yang memakai baju merah, keduanya berjalan tertatih-tatih dengan baju tersebut, maka beliau pun turun (dari mimbarnya) dan memotong khutbahnya, lalu beliau menggendong keduanya dan kembali ke mimbar,
lalu mengatakan: “Maha benar Allah dalam firman-Nya: ‘Sungguh
harta-harta dan anak-anak kalian itu adalah fitnah (cobaan)’, aku
melihat kedua anak ini tertatih-tatih dengan bajunya, maka aku tidak
sabar, hingga aku memotong khutbahku, lalu aku menggendong keduanya”.
عن أَبِي بَكْرَةَ رضي الله عنه: أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُصَلِّي، فَإِذَا سَجَدَ وَثَبَ
الْحَسَنُ عَلَى ظَهْرِهِ وَعَلَى عُنُقِهِ، فَيَرْفَعُ رَسُولُ اللَّهِ
صلى الله عليه وسلم رَفْعًا رَفِيقًا لِئَلَّا يُصْرَعَ، قَالَ: فَعَلَ
ذَلِكَ غَيْرَ مَرَّةٍ، فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ قَالُوا: يَا رَسُولَ
اللَّهِ رَأَيْنَاكَ صَنَعْتَ بالْحَسَنِ شَيْئًا مَا رَأَيْنَاكَ
صَنَعْتَهُ قَالَ: ” إِنَّهُ رَيْحَانَتِي مِنْ الدُّنْيَا وَإِنَّ ابْنِي
هَذَا سَيِّدٌ وَعَسَى اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنْ يُصْلِحَ بِهِ
بَيْنَ فِئَتَيْنِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ ” [ أحمد 19611 بإسناد جيد ] .
Abu Bakroh radhiallahu ‘anhu mengatakan: Sungguh Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam- suatu ketika pernah sholat, jika beliau sujud, Hasan melompat ke atas punggung dan leher beliau,
maka beliau pun mengangkatnya dengan lembut agar dia tidak tersungkur
(jatuh)… Beliau melakukan hal itu tidak hanya sekali… Maka seusai beliau
mengerjakan sholatnya, para sahabatnya bertanya: “Wahai Rosulullah,
kami tidak pernah melihat engkau memperlakukan Hasan sebagaimana engkau
memperlakukannya (hari ini)”… Beliau menjawab: “Dia adalah permata
hatiku dari dunia, dan sungguh anakku ini adalah sayyid (seorang
pemimpin), semoga dengannya Allah tabaroka wa ta’ala mendamaikan dua kelompok kaum muslimin (yang bertikai)”.
عَنْ
شداد رضي الله عنه قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه
وسلم فِي إِحْدَى صَلَاتَيْ الْعِشَاءِ وَهُوَ حَامِلٌ حَسَنًا أَوْ
حُسَيْنًا، فَتَقَدَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَوَضَعَهُ،
ثُمَّ كَبَّرَ لِلصَّلَاةِ، فَصَلَّى فَسَجَدَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ
صَلَاتِهِ سَجْدَةً أَطَالَهَا، قَالَ أَبِي فَرَفَعْتُ رَأْسِي وَإِذَا
الصَّبِيُّ عَلَى ظَهْرِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ
سَاجِدٌ فَرَجَعْتُ إِلَى سُجُودِي فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللَّهِ صلى
الله عليه وسلم الصَّلَاةَ قَالَ النَّاسُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ
سَجَدْتَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ صَلَاتِكَ سَجْدَةً أَطَلْتَهَا حَتَّى
ظَنَنَّا أَنَّهُ قَدْ حَدَثَ أَمْرٌ أَوْ أَنَّهُ يُوحَى إِلَيْكَ قَالَ :
” كُلُّ ذَلِكَ لَمْ يَكُنْ وَلَكِنَّ ابْنِي ارْتَحَلَنِي فَكَرِهْتُ
أَنْ أُعَجِّلَهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَاجَتَهُ” [النسائي 1129 والحاكم 4759
وصححه ووافقه الذهبي]
Syaddad radhiallahu ‘anhu mengatakan: Suatu ketika Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam pernah datang kepada kami dalam salah satu sholat fardhu malamnya (maghrib atau isya’), sambil menggendong Hasan atau Husein, lalu Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam-
maju ke depan (untuk mengimami), beliau pun menurunkannya (Hasan atau
Husein), lalu bertakbir untuk memulai sholatnya, di tengah-tengah
sholatnya beliau sujud dengan sujud yang panjang.
Syaddad mengatakan: maka aku pun mengangkat kepalaku, dan ternyata ada anak kecil (Hasan atau Husein) di atas punggung Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam- yang sedang sujud, lalu aku kembali sujud.
Setelah Rosulullah menyelesaikan sholatnya, para sahabatnya bertanya:
Wahai Rosulullah, sungguh engkau telah bersujud dengan sujud yang
panjang di tengah-tengah sholatmu, sehingga kami mengira terjadi
sesuatu, atau ada wahyu yang turun kepadamu?
Beliau menjawab: Bukan
karena itu semua, akan tetapi cucuku (Hasan atau Husein) menunggangiku,
dan aku tidak ingin segera menyudahinya sampai ia puas dengan
keinginannya.
عن
عائِشَةَ رَضيَ الله عَنْهَا قَالَتْ : أَعْتَمَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله
عليه وسلم لَيْلَةً بِالْعِشَاءِ وَذَلِكَ قَبْلَ أَنْ يَفْشُوَ
الْإِسْلَامُ فَلَمْ يَخْرُجْ حَتَّى قَالَ عُمَرُ نَامَ النِّسَاءُ
وَالصِّبْيَانُ فَخَرَجَ فَقَالَ لِأَهْلِ الْمَسْجِدِ ” مَا يَنْتَظِرُهَا
أَحَدٌ مِنْ أَهْلِ الْأَرْضِ غَيْرَكُمْ ” [ البخاري 533 ومسلم 1008 ].
قال الحافظ في الفتح ( 2/345 ) : قوله ” نام النساء والصبيان ” أي :
الحاضرون في المسجد . وقال النووي : أي من ينتظر الصلاة منهم في المسجد .
A’isyah radhiallahu ‘anha mengatakan: Pada suatu malam, Rosulullah -shallallahu alaihi wasallam-
pernah mengakhirkan sholat isya’, -itu terjadi ketika Islam belum
tersebar luas-. Beliau tidak juga keluar hingga Umar berkata: “Para wanita dan anak-anak (yang menunggu di masjid) sudah tertidur“.
Dan akhirnya beliau keluar dan mengatakan kepada mereka yang berada di
masjid: “Tidak ada seorang pun dari penduduk bumi yang menunggu sholat
ini selain kalian”.
Ketiga: Berikut komentar syaikh Albani tentang masalah ini:
وفي
هذه الأحاديث جواز إدخال الصبيان المساجد ولو كانوا صغارا يتعثرون في
سيرهم حتى ولو كان من المحتمل الصياح لأن النبي صلى الله عليه وسلم أقرّ
ذلك ولم ينكره بل شرع للأئمة تخفيف القراءة لصياح صبي خشية أن يشق على أهله
.
ولعل من الحكمة في ذلك تعويدهم على الطاعة
وحضور الجماعة منذ نعومة أظفارهم فإن لتلك المشاهد التي يرونها في المساجد
وما يسمعونه – من الذكر وقراءة القرآن والتكبير والتحميد والتسبيح – أثرا
قويا في نفوسهم – من حيث لا يشعرون – لا يزول أو من الصعب أن يزول حين
بلوغهم الرشد ودخولهم معترك الحياة وزخارفها…
ولعل
علم النفس الحديث يؤيد تأثر الطفل الصغير ولو في المهد بما يسمع ويرى …
وأما كبار الأطفال فتأثرهم بذلك واضح مُسلّم… غير أنه إذا وجد فيهم من يلعب
في المساجد ويركض فعلى آبائهم وأولياء أمرهم تأديبهم وتربيتهم أو على
القيم والخادم أن يطردهم وعلى هذا عمل ما ذكره الحافظ ابن كثير : “وقد كان
عمر بن الخطاب رضي الله عنه إذا رأى صبيانا يلعبون في المسجد ضربهم
بالمخففة – وهي الدرة – وكان يفتش المسجد بعد العشاء فلا يترك فيها أحدا”
إهـ (الثمر المستطاب 1/761)
Dalam hadits-hadits ini
terdapat dalil bolehnya memasukkan anak ke masjid-masjid, walaupun
mereka masih kecil dan masih tertatih saat berjalan, walaupun ada
kemungkinan mereka akan menangis keras, karena Nabi -shallallahu alaihi
wasallam- menyetujui hal itu, dan tidak mengingkarinya, bahkan beliau
menyariatkan untuk para imam agar meringankan bacaan suratnya bila ada
jeritan bayi, karena dikhawatirkan akan memberatkan ibunya.
Mungkin saja hikmah dari hal
ini adalah untuk membiasakan mereka dalam ketaatan dan menghadiri
sholat jamaah, mulai sejak kecil, karena sesungguhnya
pemandangan-pemandangan yang mereka lihat dan dengar saat di masjid
-seperti: dzikir, bacaan qur’an, takbir, tahmid, dan tasbih- itu
memiliki pengaruh yang kuat dalam jiwa mereka, tanpa mereka sadari…
Pengaruh tersebut, tidak akan -atau sangat sulit- hilang saat mereka
dewasa dan memasuki perjuangan hidup dan gemerlap dunia.
Dan sepertinya Ilmu
psikologi modern, menguatkan kenyataan bahwa anak kecil itu bisa
dipengaruhi oleh apa yang didengar dan dilihatnya… Adapun anak yang
sudah besar, maka terpengaruhnya mereka dengan hal-hal tersebut
sangatlah jelas dan tak terbantahkan.
Hanya saja bila ada diantara
mereka yang bermain dan berlari-lari di masjid, maka wajib bagi
bapaknya atau walinya untuk mengambil tindakan (menghukumnya) dan
mendidiknya… Atau wajib bagi petugas dan pelayan masjid untuk mengusir
mereka… Seperti inilah praktek kisah yang disebutkan oleh Alhafizh Ibnu
Katsir: “Dahulu Umar bin Khottob radhiallahu ‘anhu
bila melihat anak-anak bermain di masjid, memukuli mereka dengan pecut,
dan setelah Isya’ beliau memeriksa masjid, sehingga tidak menyisakan
satu orang pun. (Tsamarul Mustathob 1/761)
Keempat:
Berikut bantahan Imam Nawawi kepada mereka yang melarang membawa anak ke
masjid dengan alasan adanya kemungkinan najis pada badan anak kecil.
اِدَّعَى
بَعْض الْمَالِكِيَّة أَنَّ هَذَا الْحَدِيث مَنْسُوخ، وَبَعْضهمْ أَنَّهُ
مِنْ الْخَصَائِص، وَبَعْضهمْ أَنَّهُ كَانَ لِضَرُورَةٍ، وَكُلّ ذَلِكَ
دَعَاوِي بَاطِلَة مَرْدُودَة لا دَلِيل لَهَا، وَلَيْسَ فِي الْحَدِيث مَا
يُخَالِف قَوَاعِد الشَّرْع، لأَنَّ الآدَمِيّ طَاهِر، وَمَا فِي جَوْفه
مَعْفُوّ عَنْهُ، وَثِيَاب الْأَطْفَال وَأَجْسَادهمْ مَحْمُولَة عَلَى
الطَّهَارَة حَتَّى يَتَيَقَّن النَّجَاسَة، وَالأَعْمَال فِي الصَّلاة لا
تُبْطِلهَا إِذَا قَلَّتْ أَوْ تَفَرَّقَتْ، وَدَلائِل الشَّرْع
مُتَظَاهِرَة عَلَى ذَلِكَ، وَإِنَّمَا فَعَلَ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه
تَعَالَى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَلِكَ لِبَيَانِ الْجَوَاز .
Sebagian pengikut Madzhab Maliki beranggapan bahwa hadits ini mansukh, sebagian lagi beranggapan hadits ini termasuk salah satu kekhususan Nabi -shallallahu alaihi wasallam-,
dan sebagian lagi beranggapan bahwa itu merupakan keadaan darurat…
Semua anggapan itu adalah anggapan yang batil, tertolak, dan tidak
berdasar… Dalam hadits tersebut tidak ada sesuatu yang menyelisihi
kaidah syariat, karena tubuh anak adam itu suci, adapun yang ada di
dalam jasadnya, maka najisnya tidaklah dianggap. Sedangkan pakaian dan
badan anak kecil itu dianggap suci hingga benar-benar diyakini ada
najisnya… dan gerakan di dalam sholat, tidak membatalkannya apabila
masih tergolong sedikit atau terpisah-pisah… dan dalil-dalil syariat
dalam masalah ini sangatlah banyak… Nabi -shallallahu alaihi wasallam-
melakukan hal tersebut itu untuk menerangkan (kepada umatnya) bolehnya
(melakukan hal tersebut).
Kelima:
Perlu juga diperhatikan keadaan si anak, Hendaklah seorang yang membawa
anak masuk ke masjid, memberikan pengertian kepada anaknya agar dia
menghormati rumah-rumah Allah, dengan begitu insyaAllah anak akan tenang
dan tidak mengganggu para jama’ah yang lain… Bila si anak tetap tidak
bisa tenang, dan membuat para jamaah yang lain terganggu, maka lebih
baik tidak diajak ke masjid… Karena maslahat untuk orang banyak harus
didahulukan ketimbang maslahat pribadi… wallahu a’lam.
Sekian jawaban dari saya, mudah-mudahan jelas dan bermanfaat… walhamdulillahi robbil alamiin…
Dijawab oleh ustadz Abu Abdillah Addariny, MA
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer