Oleh : Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhutsil Ilmiyyah wal Ifta’
Pertanyaan :
Saya seorang wanita yang telah menikah, terkadang di dalam rumah saya memakai baju yang tipis yang bisa mensifati warna kulit (agak transparan) atau baju yang pendek yang jika saya duduk terlihat apa yang di atas lutut. Hal itu untuk mempermudah gerak ketika mengerjakan pekerjaan rumah, meringankan hawa yang sangat panas dan juga untuk berhias di depan suami saya.

Tetapi suami saya menasihati saya untuk meninggalkan baju seperti itu dikarenakan adanya anak-anak kami yang usianya berkisar antara 3-9 tahun, dan dikhawatirkan apa yang mereka lihat sekarang tidak akan hilang dari ingatan mereka sampai mereka besar kelak. Tetapi saya tidak menuruti nasihatnya dengan alasan bahwa anak-anak kami masih kecil, dan mereka tidak dikhawatirkan akan terfitnah.
Oleh karena hal ini telah mengganggu pikiranku sedangkan aku ingin mendapatkan ridho Alloh dan bukan murkaNya, maka saya menulis pertanyaan ini kepada anda dengan harapan saya akan mendapatkan penjelasan hukum syar’i tentang hal ini dan nasihat dari anda.
Jawaban :
Wajib bagimu mentaati suamimu dalam hal yang ma’ruf, diantaranya adalah apa yang telah ia perintahkan kepadamu untuk menutup aurat dan memiliki rasa malu di hadapan anak-anakmu, sehingga mereka tidak terbiasa melihat aurot dan bagian tubuh wanita yang menarik.
Dan yang boleh ditampakkan kepada anak-anak adalah apa yang biasa ditampakkan seperti : wajah, tangan, lengan, kaki dan yang semisal itu.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhutsil Ilmiyyah wal Ifta’
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Wakil Ketua: Abdul Aziz Alusy Syaikh
Anggota:
Abdulloh bin Ghudayyan
Sholeh al-Fauzan
Bakr Abu Zaid
***
Sumber: Fatawa Al-Lajnah ad-Daimah no. 20576
الفتوى رقم  20576
س: أنا امرأة متزوجة، أقوم أحيانًا في منز لي بلبس الملابس الخفيفة التي تصف البشرة أو القصيرة التي تظهر – إذا جلست – ما فوق الركبة، وذلك لتسهيل الحركة عند تأدية أعمال المنزل، ولتخفيف شدة الحر، وكذلك لأتزين أمام زوجي، غير أن زوجي نصحني بعدم لبس تلك الملابس بسبب وجود أطفالنا الذين تتراوح أعمارهم من 3 إلى 9 سنوات، وخشية ألا تزول المشاهد التي يرونها الآن عن ذاكرتهم إذا كبروا، لكنني لم أقبل نصيحته على أساس أن أطفالنا ما زالوا صغارًا، وكذلك لا يخشى عليهم الفتنة، وحيث إن هذا الأمر قد شغل تفكيري ورغبة في أن أرضي ربي ولا أسخطه – كتبت إليكم راجية تبيين الحكم الشرعي في ذلك، والتوجيه بما ترون.
ج: يجب عليك طاعة زوجك بالمعروف، ومن ذلك ما أمرك به من التستر والاحتشام عند أولادك، حتى لا يعتادوا رؤية العورات ومفاتن النساء، والذي يجوز كشفه للأولاد هو: ما جرت العادة بكشفه؛ كالوجه والكفين والذراعين والقدمين ونحو ذلك.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو                      عضو                      عضو                      نائب الرئيس                        الرئيس
بكر أبو زيد             صالح الفوزان          عبد الله بن غديان     عبد العزيز آل الشيخ                عبد العزيز بن عبد الله بن باز
***
Oleh: Syaikh Sholeh bin Fauzan al-Fauzan hafidzohulloh
Pertanyaan:
Aku memiliki empat orang anak dan aku terkadang memakai pakaian yang mini di depan mereka, bagaimana hukumnya?
Jawaban:
Seorang wanita tidak boleh memakai pakaian yang mini di depan anak-anaknya dan mahromnya, janganlah ia menampakkan tubuhnya melainkan apa yang biasa tampak yang tidak menimbulkan fitnah. Ia hanya boleh mengenakan pakaian yang mini di hadapan suaminya saja.
***
Sumber : Al-Muntaqo min Fatawa asy-Syaikh Sholeh al-Fauzan, Fatwa no. 455.
455 ـ لدي أربعة أولاد وأنا ألبس أمامهم القصير‏.‏‏.‏‏.‏ فما حكم ذلك‏؟‏
لا يجوز للمرأة أن تلبس القصير من الثياب أمام أولادها ومحارمها، ولا تكشف عندهم إلا ما جرت العادة بكشفه مما ليس فيه فتنة، وإنما تلبس القصير عند زوجها فقط‏.‏


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers