Bagaimana hukum meminang wanita yang telah dipinang lelaki muslim yang lain?
Jawaban:
Alhamdulillah. Wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah. Wa ba’du.
Hal tersebut diharamkan. Sebagaimana hadits riwayat Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu; bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا يَخْطُبْ الرَّجُل عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَتْرُكَ الخَاطِبُ قَبْلَهُ، أَو يَأْذَنَ لَهُ الخَاطِبُ
“Seorang lelaki (muslim) tidak boleh meminang (wanita) yang telah
dipinang lelaki (muslim) lain, sampai lelaki pertama membatalkan
pinangannya atau dia mengizinkan lelaki kedua (untuk meminang si wanita).”
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
قال : لا يَخْطُبُ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَنْكِحَ أَو يَتْرُكَ
“Janganlah seseorang menimpali pinangan saudaranya sesama muslim,
hingga (terjadi salah satu di antara dua keadaan:) si lelaki pertama
menikah dengan si wanita atau dia membatalkan pinangannya.”
Hikmah syariat ini adalah menihilkan permusuhan dan kemarahan yang
bisa menyebabkan satu pihak menganggap dirinya suci dan mencela pihak
lain. Padahal menganggap suci diri sendiri adalah tindakan tercela. Ibnu
‘Abidin – yang merupakan salah seorang ulama fikih Mazhab Hanafi –
mengatakan bahwa sebuah pinangan yang menimpali pinangan lain merupakan
bentuk ketidakramahan dan pengkhianatan.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menyatakan, “Sesungguhnya imam empat
mazhab sepakat – dalam pernyataan beliau berempat maupun dari para imam
lain – tentang haramnya seorang lelaki menimpali pinangan lelaki muslim
yang lain.”
Jika yang demikian ini terjadi (yaitu ada lelaki kedua yang menimpali
pinangan lelaki pertama, lalu berlanjut ke akad nikah, pen.) maka
pendapat yang kuat – wallahu a’lam – akad nikah (si lelaki kedua) sah
dan tidak terhapus. An-Nawawi menyandarkan pendapat ini terhadap jumhur
(ahli fikih, pen.). Di sisi lain, orang yang menimpali pinangan muslim
yang lain telah berbuat berdosa dan maksiat. Hakim (pengadilan, pen.)
wajib memberi hukuman ta’zir kepadanya agar bisa memberi pelajaran
untuknya dan untuk orang lain.
Kendati demikian, akad nikah si lelaki kedua itu sah. Alasannya,
dalam hadits disebutkan larangan menimpali pinangan, bukan larangan
menimpali akad nikah. Sedangkan akad sudah terpenuhi syarat-syarat dan
rukun-rukunnya. Adapun penyimpangannya terjadi pada wasilah menuju akad (yaitu khitbah, pen.).
Khitbah ini tidak wajib hukumnya. Terkadang akad terjadi tanpa ada
khitbah. Menimpali khitbah orang lain itu memungkinkan, sedangkan
menimpali akad nikah itu tidak mungkin. Larangan menimpali khitbah orang
lain itu tetap berlaku, meskipun tidak terjadi akad nikah.
Larangan tetap berlaku sampai si wanita atau walinya memberi
tanggapan atas pinangan lelaki pertama. Berdasarkan sabda Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam,
حَتَّى يَنْكِحَ أَو يَتْرُكَ
“Sampai dia (si wanita) menikah dengannya atau menolaknya.”
Inilah pendapat jumhur ulama. Adapun bila si wanita tak menanggapi
pinangan lelaki pertama maka tidaklah terlarang jika ada lelaki muslim
lain yang meminangnya.
Hadits lain telah menyebutkan bahwa seorang lelaki tidak boleh
menimpali pinangan lelaki muslim yang lain, kecuali jika: lelaki pertama
membatalkan pinangannya, dia mengizinkan lelaki kedua untuk mengajukan
pinangan, atau pinangan lelaki pertama telah ditolak.
Andaikata lelaki kedua terlanjur meminang si wanita padahal dia tidak
tahu bahwa pinangan lelaki pertama telah ditanggapi oleh si wanita, dia
mendapat uzur karena dia memang tidak tahu. Wallahu Ta’ala a’lam.
*) Fatwa Syekh Shalih Fauzan tanggal 19 Rajab 1427 (14 Agustus 2006); Fatwa no. 16300.
Artikel Muslimah.Or.Id
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
Murajaah: Yulian Purnama
Murajaah: Yulian Purnama
—
Sumber:
http://www.alfuzan.islamlight.net/index.php?option=com_ftawa&task=view&id=16300, diakses pada 10 Desember 2013 pukul 03:33 WITA.
http://www.alfuzan.islamlight.net/index.php?option=com_ftawa&task=view&id=16300, diakses pada 10 Desember 2013 pukul 03:33 WITA.
ما حكم خطبة الرجل على خطبة أخيه المسلم ؟
:الإجابة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد : فتحرم خطبة الرجل على خطبة أخيه لحديث ابن عمر رضي الله عنه أن
النبي صلى الله عليه وسلم قال: «لا يَخْطُبْ الرَّجُل عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَتْرُكَ الخَاطِبُ قَبْلَهُ، أَو يَأْذَنَ لَهُ الخَاطِبُ»، وعن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «لا يَخْطُبُ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَنْكِحَ أَو يَتْرُكَ».
النبي صلى الله عليه وسلم قال: «لا يَخْطُبْ الرَّجُل عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَتْرُكَ الخَاطِبُ قَبْلَهُ، أَو يَأْذَنَ لَهُ الخَاطِبُ»، وعن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «لا يَخْطُبُ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَنْكِحَ أَو يَتْرُكَ».
والحكمة من هذا النهي أن هذا الفعل يورث العداوة والبغضاء، كما يؤدي إلى
أن المرء يزكي نفسه ويذم غيره، وتزكية النفس مذمومة، وقد نص ابن عابدين
-من فقهاء الحنفية- على أن الخطبة على الخطبة “جفاء وخيانة”، وذكر شيخ
الإسلام ابن تيمية : ” أن الأئمة الأربعة اتفقوا في المنصوص عنهم وغيرهم من
الأئمة على تحريم خطبة الرجل على خطبة أخيه”.
وإذا وقع ذلك فالأظهر -والله أعلم- صحة العقد وعدم فسخه، وقد نسبه
النووي إلى الجمهور، والخاطب على خطبة أخيه آثمٌ وعاصٍ، وعلى الحاكم تعزيره
كي يؤدبه ويؤدب غيره، وإنما كان العقد صحيحاً، لأن النهي في الحديث مسلط
على الخطبة، لا على العقد، والعقد استوفى شروطه وأركانه، والمخالفة في
الوسيلة، وهي غير لازمة، فقد يجري العقد من غير خطبة، ويمكن أن تكون خطبة
على خطبة ولا يكون عقد، والنهي يبقى قائماً ولو لم يجر عقد.
والنهي يتجه فيما إذا أجابت المرأةُ أو وليُّها الخاطبَ، لقول النبي صلى
الله عليه وسلم: «حَتَّى يَنْكِحَ أَو يَتْرُكَ» وهذا مذهب جمهور أهل
العلم. أما في حالة عدم إجابته فلا تحرم خطبة غيره.
وقد دلت الأحاديث المذكورة على أنه لا يخطب على خطبة أخيه، إلا إن ترك
الأول الخطبة، أو أذن الأول للثاني في الخطبة، أو رُدَّ الخاطب الأول، وكذا
لو جَهِلَ الخاطب الثانِي ولم يعلم بإجابة الخاطب الأول، لأنه معذور
بالجهل.
والله تعالى أعلم .
والله تعالى أعلم .
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer