Inilah salah satu dari rahmat dan kasih sayang Allah kepada kita yang sekali lagi kita tidak akan sanggup menghitungnya. Karena rasa cintaNya kepada kita agar kelak di hari kiamat kita mendapati kitab kita terisi dengan amalan shaleh yang banyak salah satunya dengan amalan yang singkat dan mudah ini tapi pahalanya sungguh tidak bisa kita gambarkan. Karena itu merugilah orag-orang yang mendapati kitabnya sangat sedikit amal shalehnya melainkan mereka akan menyesali dan menyesali dengan penyesalan yang sia-sia. Marilah wahai sahabatku kita istiqamah mengamalkannya semoga Allah memudahkannya untuk kita,…
Dari abu umamah radhiyallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihatku menggerakkan bibirku [ lidahku ] , maka beliau bertanya, “apa yg kamu ùcapkan wahai Abu Umamah?” aku menjawab “aku sedang berdzikir kepada Allah” Nabi berkata “maukah kutunjukkan pada (dzikir) yg lebih baik dari dzikirmu kepada Allah sepanjang malam dan siang hari? yaitu engkau mengucap: segala puji bagi Allah sebanyak ciptaan-Nya, segala puji bagi Àllah meliputi seluruh ciptaan-Nya, segala puji bàgi Allah sebanyak segala yang ada di langit dan di bumi, segala puji bagi Allah sebanyak segala yang terhitung dalam kitab-Nya, segala puji bagi Allah meliputi semua yang dapat dihitung dalam kitab-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak segala sesuatu, dan segala puji bagi Allah meliputi segala sesuatu… kemudian hendaknya kau bertasbih kepada Allah dengan jumlah yang serupa dengan ini.” kemudian dia berkata, “engkau ajarkanlah pada orang-orang sesudahmu, maka engkau akan diberi pahala dari amal orang-orang itu” (Dikeluarkan oleh Imam Nasa’i 6/50 hadits no 9994, dan Ibnu Khuzaimah 1/371 hadits nomor 754 dan Imam Thabrani 8/238 hadits no. 7930 dan di Shahihkan oleh Syaikh Al Bani dalam kitab Shahihul Jami’ no 2615)
Berkata Syaikh Shalih Al Mughamisiy mengenai hadits ini:
Hendaklah kita menggiatkan diri kita dengan memperbanyak dzikir diatas karena sekali saja kita mengucapkan dzikir ini dalam satu hari kita akan mendapatkan pahala yang tak terhingga yaitu seakan-akan kita adalah orang banyak yang berdzikir kepada Allah sepanjang malam dan siang harinya, apalagi jika dilakukan dibulan suci ramadhan !!!!
Dan nasehat dariku hendaklah anda menulisnya dalam sebuah kertas kecil dan anda sisipkan pada mushaf anda maka setiap anda membuka mushaf untuk membaca al-Quran maka Anda akan ingat untuk membaca dzikir ini. Dan boleh jadi dalam sehari Anda membaca Al-Quran lebih dari sekali maka setiap anda membuka mushaf maka otomatis anda akan teringat dengan dzikir ini dan andapun membaca dzikir ini lagi.
Hadits yang indah ini merupakan salah satu harta karun dari harta-harta karun yang terdapat dalam sunnah Nabi kita yang telah banyak di lupakan manusia pada hari ini. Dzikir yang sedikit ini akan menambah timbangan kebaikan-kebaikan anda yang tidak terhingga dan hanya Allah sajalah yang bisa menghitungnya.
Dan dari hadits ini juga dianjurkan bagi setiap muslim atau muslimah untuk mengajarkan dzikir ini pada anak-anaknya atau orang-orang disekitarnya sehingga kitapun akan mendapatkan pahala dari amalan orang-orang yang mengerjakan dzikir ini tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun juga.
Wallahu a’lam bish-shawwab.
Muraja’ah oleh : Ustadz Eko Hariyanto Lc.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2019.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Follow by Email

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers