Ini
adalah musibah yang menimpa ummat Islam. Tidakkah mereka mendengar sabda
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : "Barangsiapa yang membenci
sunnahku, maka ia bukan golonganku." (Muttafaqun 'alaih dari Anas bin
Malik radhiyallahu 'anhu). Padahal kita mengetahui bahwa segala sesuatu
yang disandarkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam [yang
teriwayatkan dalam hadits yang shahih] baik ucapan, perbuatan, ketetapan
ataupun sifat beliau adalah sunnah (jalan dan petunjuk) beliau yang
mencakup perkara-perkara yang wajib dan yang sunnah (yaitu anjuran yang
selayaknya bagi ummatnya berlomba-lomba melaksanakannya).
Bahkan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu sebagai ummatnya yang terbaik, sampai menyatakan: "Aku tidak pernah meninggalkan satu sunnah pun yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melainkan aku juga mengerjakannya. Karena aku khawatir kalau aku meninggalkan satu (saja) dari sunnah beliau, aku akan menyimpang." (Ta'zhimussunnah hal. 24).
Itulah
teladan dari pendahulu kita yang sholeh, ketika mereka mendengar dan
mengetahui tentang sunnah, segera mereka mengerjakannya, tidak
membedakan antara yang wajib dan yang mustahab (anjuran). Bahkan mereka
khawatir kalau meninggalkan sedikit saja dari sunnah beliau, maka akan
menyimpang. Para 'ulama membedakan antara yang wajib dengan yang sunnah
(mustahab) hanya untuk membedakan hukumnya/akibatnya tanpa meremehkan
perkara yang sunnah. Bahkan para 'ulama menganjurkan untuk mengerjakan
sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Maka selayaknya bagi kaum muslimin untuk mencintai sunnah, mempelajari, mengamalkan, menjaga dan membelanya sehingga Allah dan Rasul-Nya mencintainya.
Maka selayaknya bagi kaum muslimin untuk mencintai sunnah, mempelajari, mengamalkan, menjaga dan membelanya sehingga Allah dan Rasul-Nya mencintainya.
Ketika
seorang muslim mau menjaga sunnah, sebagaimana penjagaannya terhadap
makanan dan minuman yang dengannya badan menjadi tegak dan kuat, maka
ketika itu pula akan melimpahlah padanya faidah-faidah diniyyah dan
duniawiyyah. Seperti dikatakan oleh Ibnu Qudamah: "Di dalam mengikuti
sunnah terdapat keberkahan mencocoki syari'at, keridhaan Allah subhanahu
wa ta'ala, ketinggian derajat, ketentraman hati, ketenangan badan,
menjadikan kebencian syetan; serta berjalan di atas jalan yang lurus."
(Dzammul Maususin hal. 41).
Ibnu
Hibban di dalam muqaddimah Shahih-nya telah berkata: "Sesungguhnya di
dalam berpegang dengan sunnah (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam)
terdapat: kesempurnaan keselamatan; terkumpulnya kemuliaan; tidak
terpadamkan sinar lenteranya; tidak terpatahkan hujjah-hujjahnya;
barangsiapa yang memeganginya pasti akan terjaga; barangsiapa yang
menyelisihinya pasti akan menyesal; sunnah itu merupakan benteng yang
membentengi, tiang penopang yang nyata keutamaannya dan tali yang kokoh;
barangsiapa yang berpegang teguh dengannya pasti akan mulia dan yang
berusaha untuk menyelisihinya akan binasalah dia.
Maka,
orang-orang yang mengikatkan diri dengannya, berarti dialah manusia yang
berbahagia di antara makhluq-makhluq yang ada di dunia." (Al-Ihsan Fi
Taqrib Shahih Ibni Hibban 1/102).
Demikianlah,
bahwa berpegang teguh dengan sunnah akan dijumpai banyak sekali buah
dan faidah yang tak terhitung. Maka semua itu dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Sampainya kepada tingkat derajat mahabbah (yaitu) mahabbatullah (kecintaan Allah) 'Azza wa Jalla kepada seorang hamba yang beriman.
Al-Imam Al-Bukhari telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari Abu Hurairah, dia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: Barangsiapa yang memusuhi waliku, maka sungguh aku telah mengumumkan perang dengannya. Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu perkara yang lebih aku sukai daripada perkara-perkara yang telah aku wajibkan. Dan senantiasa hamba-Ku berusaha mendekatkan diri kepada-Ku dengan menjalankan perkara nafilah (sunnah), sampai Aku mencintainya. Dan bila Aku sudah mencintainya, maka Aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar dan Aku menjadi penglihatannya yang dengannya ia melihat dan Aku menjadi tangannya yang dengannya ia memegang dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta sesuatu pada-Ku pasti akan Aku beri dan jika ia meminta perlindungan kepada-Ku pasti akan Aku lindungi ia."
1. Sampainya kepada tingkat derajat mahabbah (yaitu) mahabbatullah (kecintaan Allah) 'Azza wa Jalla kepada seorang hamba yang beriman.
Al-Imam Al-Bukhari telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari Abu Hurairah, dia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: Barangsiapa yang memusuhi waliku, maka sungguh aku telah mengumumkan perang dengannya. Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu perkara yang lebih aku sukai daripada perkara-perkara yang telah aku wajibkan. Dan senantiasa hamba-Ku berusaha mendekatkan diri kepada-Ku dengan menjalankan perkara nafilah (sunnah), sampai Aku mencintainya. Dan bila Aku sudah mencintainya, maka Aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar dan Aku menjadi penglihatannya yang dengannya ia melihat dan Aku menjadi tangannya yang dengannya ia memegang dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta sesuatu pada-Ku pasti akan Aku beri dan jika ia meminta perlindungan kepada-Ku pasti akan Aku lindungi ia."
Dalam
hadits yang agung ini terdapat suatu dalil yang menunjukkan bahwa amalan
nafilah (sunnah) merupakan salah satu sebab di antara sebab-sebab yang
dominan untuk dicintai oleh Allah serta keterangan tentang apa yang akan
diperoleh dari kecintaannya akan hal-hal yang terpuji.
Maka barangsiapa yang dicintai Allah jadilah Allah sebagai pendengarannya yang dengannya ia mendengar, dalam arti: bahwa Allah akan memberinya taufik untuk mendengarkan perkataan yang terbaik serta memalingkannya dari mendengarkan hal yang jelek.
Maka barangsiapa yang dicintai Allah jadilah Allah sebagai pendengarannya yang dengannya ia mendengar, dalam arti: bahwa Allah akan memberinya taufik untuk mendengarkan perkataan yang terbaik serta memalingkannya dari mendengarkan hal yang jelek.
Adapun
bahwa Allah akan menjadi tangannya yang dengannya ia bertindak atau
memegang, artinya: Allah akan memberi taufik kepadanya untuk menggunakan
tangan tersebut dalam batasan-batasan syari'at, seperti untuk mencari
nafkah yang diperbolehkan, mengingkari kemungkaran, memakan makanan yang
baik (dan halal-pent), sebagaimana Allah juga menjaganya dari
perkara-perkara yang haram, walaupun ia mampu untuk melakukannya atau
mendapatkannya.
Demikian
pula selanjutnya dengan makna firman Allah: "Aku menjadi penglihatannya
yang dengannya ia melihat dan kakinya yang dengannya ia berjalan."
2. Menjaga amalan sunnah menjadikan tertutupnya kekurangan dalam pelaksanaan kewajiban.
Al-Imam Abu Daud telah meriwayatkan dalam Sunan-nya dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat dari amalan manusia adalah shalat. Beliau bersabda: Berkata Tuhan kita kepada para malaikat-Nya -dan Dia Maha Mengetahui-: "Lihatlah shalat hamba-Ku, apakah dia menyempurnakannya atau menguranginya? Maka, jika sudah sempurna ditulislah sempurna baginya, namun jika ia mengurangi sesuatu darinya (maka) Allah berfirman: "Lihatlah apakah hamba-Ku ini mempunyai amalan sunnah? Jika dia punya amalan sunnah (maka) Allah berfirman: "Sempurnakan bagi hamba-Ku ini amalan fardhunya dengan amalan sunnahnya." Kemudian dihisablah amalan-amalan (yang lain) seperti itu."
Al-Imam Abu Daud telah meriwayatkan dalam Sunan-nya dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat dari amalan manusia adalah shalat. Beliau bersabda: Berkata Tuhan kita kepada para malaikat-Nya -dan Dia Maha Mengetahui-: "Lihatlah shalat hamba-Ku, apakah dia menyempurnakannya atau menguranginya? Maka, jika sudah sempurna ditulislah sempurna baginya, namun jika ia mengurangi sesuatu darinya (maka) Allah berfirman: "Lihatlah apakah hamba-Ku ini mempunyai amalan sunnah? Jika dia punya amalan sunnah (maka) Allah berfirman: "Sempurnakan bagi hamba-Ku ini amalan fardhunya dengan amalan sunnahnya." Kemudian dihisablah amalan-amalan (yang lain) seperti itu."
3. Bagi
orang yang berpegang teguh dengan Sunnah akan mendapat keutamaan yang
besar dan bertambah keutamaannya, ketika jamannya adalah jaman yang
dipenuhi dengan berpalingnya manusia dari Sunnah dan menyakiti orang
yang berpegang teguh dengan Sunnah.
Al-Imam
At-Tirmidzi (5/257) dan lainnya telah meriwayatkan dari Abu Tsa'labah
Al-Khusyani bahwasanya Nabi bersabda: "Maka sesungguhnya di belakang
kalian ada hari-hari penuh kesabaran. Pada hari itu seperti menggenggam
bara api, bagi yang mengamalkan (sunnah-pent) pada hari-hari itu akan
mendapat pahala lima puluh orang yang beramal seperti amal kalian."
Berkata
'Abdullah bin Al-Mubarak: "Dan telah menambahkan kepadaku selain
'Utbah: Ditanyakan: "Wahai Rasulullah! Pahala lima puluh orang dari kami
atau mereka?" Beliau menjawab: "Bahkan pahala lima puluh orang dari
kalian." (At-Tirmidzi berkata: hadits hasan gharib, diriwayatkan juga
oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Hakim dan beliau berkata:
"Sanadnya shahih" dan disepakati oleh Al-Imam Adz-Dzahabi).
4. Bahwa di dalam mengamalkan Sunnah akan terjaga dari keterjerumusan ke dalam bid'ah.
Dalam masalah ini Abu Muhammad 'Abdullah bin Manazil mengatakan: "Tidaklah seseorang menyia-nyiakan salah satu kewajiban, kecuali Allah akan timpakan kepadanya penyia-nyiaan terhadap sunnah. Dan tidaklah seseorang diuji dengan penyia-nyiaan terhadap sunnah, kecuali dia hampir diuji dengan perkara bid'ah."
Dalam masalah ini Abu Muhammad 'Abdullah bin Manazil mengatakan: "Tidaklah seseorang menyia-nyiakan salah satu kewajiban, kecuali Allah akan timpakan kepadanya penyia-nyiaan terhadap sunnah. Dan tidaklah seseorang diuji dengan penyia-nyiaan terhadap sunnah, kecuali dia hampir diuji dengan perkara bid'ah."
Oleh
karena itu orang-orang Salaf berkata: "Berpegang teguh dengan sunnah
adalah keselamatan." (Sunan Ad-Darimi 1/44). Maka berpegang teguh dengan
sunnah adalah keselamatan dari semua yang menjadikan seorang muslim itu
durhaka terhadap Tuhannya dan yang paling besar bahayanya adalah bid'ah
yang mana ia adalah pengantar kepada kekafiran."
Berkata
Al-Imam Al-Barbahari: "Ketahuilah, sesungguhnya manusia tidaklah
mengerjakan bid'ah begitu saja sehingga mereka meninggalkan sunnah yang
semisalnya. Maka berhati-hatilah dari perkara-perkara yang diada-adakan,
karena setiap yang diada-adakan (dalam agama-pent) adalah bid'ah dan
setiap bid'ah adalah kesesatan dan kesesatan serta pelakunya adalah di
neraka. (Syarhussunnah hal. 66 no.6).
Beliau
juga berkata: "Berhati-hatilah dari perkara-perkara baru yang kecil,
karena bid'ah-bid'ah yang kecil akan terus berkembang sehingga menjadi
besar, dan demikianlah setiap bid'ah yang terjadi pada ummat ini,
pertamanya kecil yang menyerupai kebenaran maka tertipulah dengannya
orang yang masuk ke dalamnya, kemudian dia tidak mampu keluar darinya,
maka menjadi besarlah (bid'ah tersebut) dan menjadi agama yang ia
beragama dengannya lalu dia menyelisihi shirothol mustaqim sehingga
keluar dari Islam (tanpa ia sadari-pent)[idem no.7].
5. Bahwa bersemangat menegakkan Sunnah merupakan pengagungan syi'ar-syi'ar Allah.
Dalam hal ini Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati." (Al-Hajj:32).
Dalam hal ini Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati." (Al-Hajj:32).
Adapun
"syi'ar-syi'ar Allah" bermakna umum mencakup seluruh syi'ar-syi'ar
Allah, termasuk di dalamnya ibadah, sembelihan dan qurban. (Adhwa`ul
Bayan 5/692).
Sedang
makna kata "mengagungkannya" adalah memuliakannya dan menegakkannya
serta menyempurnakannya sekuat kemampuan hamba. (Tafsir As-Sa'di 5/293).
Di
antara syi'ar-syi'ar Allah yang paling agung adalah sunnah-sunnah yang
telah dicontohkan oleh Rasulullah. Maka menjaganya dan mewasiatkan
dengannya, merupakan bentuk pemuliaan dan pengagungan syi'ar-syi'ar
tersebut, yang membangkitkan orang-orang yang mempunyai ketaqwaan hati.
6.
Barangsiapa yang mengamalkan Sunnah, maka akan mendapatkan pahala dari
orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala orang tersebut
sedikitpun.
Al-Imam
Muslim telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari Jarir bin 'Abdillah ia
berkata: "Pernah kami berada di sisi Rasulullah pada awal siang, ia
berkata: "Maka datanglah suatu kaum yang tak beralas kaki, tidak
mengenakan pakaian dan hanya mengenakan mantel, terhunus pedangnya,
mayoritas mereka dari Bani Mudhor bahkan keseluruhannya. Memerahlah
wajah Rasulullah ketika melihat keadaan mereka yang sangat mengenaskan
itu akibat kemiskinan.
Lalu beliau masuk, kemudian keluar dan memerintahkan Bilal untuk adzan dan iqomah, lalu shalat kemudian berkhuthbah (dengan khuthbatul hajat).
Setelah itu seseorang bersedekah dengan dinarnya, dirhamnya, pakaiannya, gandumnya dan kurmanya. (Sampai ia berkata): "Walaupun dengan separuh buah kurma."
Lalu beliau masuk, kemudian keluar dan memerintahkan Bilal untuk adzan dan iqomah, lalu shalat kemudian berkhuthbah (dengan khuthbatul hajat).
Setelah itu seseorang bersedekah dengan dinarnya, dirhamnya, pakaiannya, gandumnya dan kurmanya. (Sampai ia berkata): "Walaupun dengan separuh buah kurma."
Ia
berkata: "Kemudian datang seorang lelaki dari Anshor dengan bungkusan,
hingga tangannya hampir tidak mampu menanggungnya." Ia berkata:
"Kemudian manusia mengikutinya, hingga aku melihat dua tumpukan makanan
dan pakaian dan aku perhatikan wajah Rasulullah berseri-seri seakan-akan
sepotong emas yang berkilau.
Bersabdalah
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: "Barangsiapa memberi contoh
yang baik dalam Islam, baginya pahala dan pahala orang yang beramal
dengannya setelahnya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun"
Maka
apabila seorang muslim menghidupkan suatu sunnah dan diikuti oleh orang
lain, maka baginya pahala amalan tersebut dan baginya pahala orang yang
mengikutinya. Dan tidak diragukan lagi, bahwa ini merupakan keutamaan
yang besar. Seyogyanya bagi seorang muslim untuk mendapatkannya. Bahwa
dengannyalah perolehan pahala yang besar dari berbagai pintu.
7. Ketika berpegang teguh dengan Sunnah akan terjaga/aman dari perpecahan.
Sesungguhnya bersatu di atas amalan sunnah akan banyak mencegah dari terjatuh ke dalam perselisihan yang mengantarkan kepada permusuhan dan kebencian.
Sesungguhnya bersatu di atas amalan sunnah akan banyak mencegah dari terjatuh ke dalam perselisihan yang mengantarkan kepada permusuhan dan kebencian.
Oleh
karena itu, sesungguhnya masyarakat ahlus sunnah tidak didapati di
dalamnya perpecahan yang tercela, yang mana nampak dengan nyata hal ini
di dalam masyarakat ahlul bid'ah.
Berkata
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah: "Bid'ah itu selalu diiringi dengan
perpecahan, sebagaimana sunnah itu selalu diiringi dengan persatuan."
(Al-Istiqomah 1/42).
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan janganlah kalian menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka." (Ali 'Imron:105).
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan janganlah kalian menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka." (Ali 'Imron:105).
Berkata
Qotadah dalam menafsirkannya: "Yakni ahlul bid'ah. Ahlul bid'ah itu
adalah ahlul ikhtilaf wal furqoh (orang-orang yang selalu berselisih dan
berpecah) karena sikap mereka dalam meninggalkan sunnah dan mengikuti
jalan selain jalan sunnah.
Berkata
Mujahid mengenai firman Allah subhanahu wa ta'ala: "Tetapi mereka
senantiasa berselisih pendapat, kecuali orang-orang yang diberi rahmat
oleh Tuhanmu." (Hud:118-119). "Bahwa mereka adalah ahlul bathil. Kecuali
orang yang dirahmati oleh Tuhanmu." Ia melanjutkan: "Sesungguhnya pada
ahlul haq tidak terdapat perselisihan." (Ad-Durul Mantsur 4/491,
As-Suyuthiy dan Al-I'tishom 1/82, Asy-Syathibiy).
Telah
diriwayatkan oleh Ibnu Wahb dari 'Umar bin 'Abdul 'Aziz dan Malik bin
Anas: "Bahwasanya: Orang-orang yang mendapatkan rahmat tidaklah akan
berselisih." (Al-I'tishom 1/83).
Dan di
dalam wasiat Abul 'Aliyah dia mengatakan: "waspada dan hati-hatilah
kalian dari ahlul ahwaa`/ahlul bid'ah yang selalu menebarkan kebencian
dan permusuhan di tengah-tengah manusia."
Berkata
Al-Hasan Al-Bashriy: "Semoga Allah merahmatinya, dia telah berkata
benar dan memberi nasihat." (Al-Bida' Wan-Nahyu 'anha, Ibnu Wadhdhoh
32-33).
Dan berkata Ibrahim At-Taimiy: "Ya Allah, jagalah diriku dengan agama dan sunnah nabi-Mu dari perselisihan di dalam kebenaran dan mengikuti hawa nafsu, dari jalan-jalan kesesatan, serta dari perkara-perkara syubhat dan dari penyelewengan/penyimpangan dan permusuhan." (Al-I'tishom 1/116). Wallaahu a'lamu bishshowaab.
Dan berkata Ibrahim At-Taimiy: "Ya Allah, jagalah diriku dengan agama dan sunnah nabi-Mu dari perselisihan di dalam kebenaran dan mengikuti hawa nafsu, dari jalan-jalan kesesatan, serta dari perkara-perkara syubhat dan dari penyelewengan/penyimpangan dan permusuhan." (Al-I'tishom 1/116). Wallaahu a'lamu bishshowaab.
Maroji':
1. Ta'zhimussunnah, Asy-Syaikh 'Abdul Qoyyum As-Sahaibaniy
2. Syarhussunnah, Al-Imam Al-Barbahariy
3. Dhorurotul Ihtimam Bissunnanin Nabawiyyah, Asy-Syaikh 'Abdussalam bin Barjas.
4. Bulughul Marom, Ibnu Hajar Al-'Asqolaniy
1. Ta'zhimussunnah, Asy-Syaikh 'Abdul Qoyyum As-Sahaibaniy
2. Syarhussunnah, Al-Imam Al-Barbahariy
3. Dhorurotul Ihtimam Bissunnanin Nabawiyyah, Asy-Syaikh 'Abdussalam bin Barjas.
4. Bulughul Marom, Ibnu Hajar Al-'Asqolaniy
Dari: Buletin Al wala' wal Bara' Edisi ke-41 Tahun ke-1 / 29 Rajab 1424 H
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer