(Tajuk: Majalah As-Sunnah Edisi 01/Tahun XII)

Popularitas Imam Syâfi’i rahimahullâh telah menyatu dengan sejarah umat Islam. Kematian tidak memudarkan ketenarannya. Jauhnya jarak masa kehidupan beliau yang sarat dengan aktifitas ilmiah dengan masa sekarang, tidak menyurutkan kharisma beliau di hati umat. Bila menilik ke belakang, keutamaan yang beliau rengkuh, memang merupakan sesuatu yang tidak mengherankan. Beliau telah mewariskan ilmu yang bermanfaat kepada umat, di masa dulu, sekarang dan mendatang, sampai batas waktu yang Allâh Ta'âla kehendaki. Berkat aktifitas keilmuannya tersebut, tak heran ummat menyandangkan gelar “Imam” pada beliau.
Ketokohan Imam Syâfi’i rahimahullâh –dalam konteks yang sudah berkembang di tengah masyarakat muslim– terletak pada kepiawaian dan keahlian beliau dari segi hukum Islam (fiqh). Pemahaman dan kerangka berpikirnya dalam bidang fiqh menjadi acuan. Sederetan nama Ulama besar Islam berakhiran dengan kata asy-Syâfi’i. Maknanya, mereka berpegangan dengan fiqh madzhab Muhammad bin Idrîs asy-Syâfi’i rahimahullâh.
Manakala mencermati ketokohan Imam Syâfi’i rahimahullâh –yang seolah-olah terpaku pada aspek fiqih semata– muncul pertanyaan, apakah hanya segi fiqh itu saja yang “pantas” menjadi cermin? Apakah tidak ada sisi lain dari diri beliau yang dapat ditiru, diteladani dan diikuti? Misalnya dalam masalah aqidah?
Sering dijumpai di tengah kaum muslimin orang yang mengaku berpegang pada madzhab Imam asy-Syâfi’i (dalam masalah furu‘), namun tidak memahami (dan melaksanakan) madzhabnya kecuali masalah menyentuh wanita membatalkan wudhu‘. Sehingga, seandainya sang istri menyentuhnya –ketika telah berwudhu– walaupun tidak sengaja, maka ia sangat marah sembari berteriak: “Sungguh kamu telah membatalkan wudhu‘ku, wahai perempuan!” Apabila dia ditanya, tentang siapakah Imam asy-Syâfi’i?, siapa namanya? dan nama bapaknya?, sebagian mereka tidak dapat memberikan jawaban, dan tidak mengenal tokoh tersebut dengan baik. Ditambah lagi, dalam masalah aqidah ia menyelisihi aqidah Imam asy-Syâfi’i sementara dalam masalah furu‘ ia tidak mengerti dari madzhab beliau kecuali sangat sedikit. Sepertinya, sisi aqidah (keyakinan) beliau tidak banyak diketahui (sebagian) penganut madzhabnya.
Aqidah, keyakinan, dan pemikiran Imam Syâfi’i dapat diketahui melalui kitab-kitab karangan beliau, terutama dalam kitab "al-Umm dan ar-Risâlah". Di dalam pembahasannya, terdapat pernyataan tegas beliau tentang tauhid (aqidah), kewajiban seorang muslim untuk tunduk dan mengikuti hadits shahîh, larangan berbuat istihsân (menganggap baik suatu persoalan tanpa dalil).
Aqidah beliau juga dapat diketahui melalui buku-buku biografi beliau yang ditulis oleh ulama-ulama Islam berikut ini:
  • Manâqibusy-Syâfi’i (karya al-Khathîb al-Baghdâdi asy-Syâfi’i)
  • Al-Amr bil Ittibâ‘ wan Nahyu ‘anil-Ibtidâ’ (karya Imam Suyûthi asy-Syâfi’i)
  • Tawâlit Ta‘sîs (karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-’Asqalani asy-Syâfi’i)
Mengikuti Imam Syâfi’i dalam beraqidah, merupakan perkara yang lebih substansial. Aqidah beliau bersumberkan Al-Qur‘ân dan Sunnah, sebagaimana yang dipahami oleh generasi Salaful-Ummah, generasi terbaik umat Islam dari kalangan Sahabat, Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in. Sehingga semestinya mengikuti beliau tidak hanya berkutat pada masalah furu‘, tetapi juga harus bercermin pada beliau dalam masalah-masalah keimanan.
Wallahu a’lam.
sumber:http://majalah-assunnah.com


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers