Dr. Thal’at Zalhan (beliau adalah  seorang Da’i Salafiyah di Mesir) berkata:
Ungkapan ini (Shabahal Khair, Shahaban Nuur* / selamat pagi) merupakan bentuk ucapan selamat orang-orang jahiliyah, orang-orang kafir, orang-orang musyrik dan orang-orang majusi di India yang menyakini bahwa cahaya dan kegelapan memiliki kekuatan kebaikan dan kekuatan kejahatan. Perlu kita ketahui bahwa ucapan selamat yang dikenal dan dianjurkan oleh Islam adalah ucapan Assalaamu’alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh, kapan dan dimana pun kita berada.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
” Jika seseorang berjumpa dengan saudara seagamanya (muslim) hendaklah ia menyapanya dengan mengucapkan ‘Assalaamu’alaykum wa rahmatullaahi (Semoga kesejahteraan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu).” [HR.Tirmidzi; hadits shahih]
Sangat ironis dan sangat disayangkan, betapa banyak orang yang mengganti ucapan salam yang syar’i yang mendatangkan pahala yang melimpah ruah dengan ucapan yang tidak memiliki nilai apa-apa dan sedikit pun tidak dapat mendatangkan pahala.
Imran bin Hushain mengatakan bahwa ada seorang laki-laki datang menghadap kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Assalaamu’alaykum.” Beliau menjawab ucapan salam laki-laki itu lalu ia duduk. Kemudian ada laki-laki yang lain datang seraya berkata, “Assalaamu’alaykum wa rahmatullah.” Beliau menjawab salam laki-laki itu lalu duduk. Kemudian beliau bersabda, “(Kamu memperoleh pahala) dua puluh.” Lalu datanglah laki-laki lain seraya berkata, “Assalaamu’alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.” Beliau menjawab salamnya lalu duduk. Kemudian beliau bersabda, “(Kamu memperoleh pahala) tiga puluh.” [HR.Abu Dawud; hadits shahih]
Wallahu A’lam.
Sumber: Disalin dari buku “Tolak Aliran Sesat – Dr.Tha’at Zahran, Pustaka at Tibyan, Cetakan Pertama, Hal.62-63, Poin ke 24.
*Ungkapan ini juga sering terdengar dari kalangan warga Indonesia keturunan Arab di Indonesia terutama pada waktu pagi hari. Semoga bermanfaat..


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers