Assalamu'alaikum Wr.Wb,

Saya mempunyai teman yg tetangganya baru saja pulang haji. Seusai sholat jamaah Subuh di masjid, dia melakukan sholat sunah. Teman saya bertanya kepadanya ttg sholat tsb, dijawabnya itu sholat taubat.
Saya ingin bertanya sama ustad di milis ini, benarkah ada sholat sunah atau sholat taubat yg dilaksanakan setelah sholat subuh?

Atas penjelasannya saya ucapkan banyak terima kasih. Jazaakallah khaira.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Priyo Salim



Sent from Samsung tablet



-aburazan-
jawab:Bismillah

Wa'alaikum salam warohmatullohi wabaarookaatuh


Sesungguhnya merupakan karunia  yang besar yang diberikan Alloh 'azzawajalla kepada ummat ini  sehingga Alloh akan selalu menerima taubat hambaNya  sebelum ruh berada di tenggorokan.

Sholat taubat itu disunnahkan bagi  seorang muslim yang sudah mempunya niat untuk bertaubat setelah dia melakukan kesalahan dan menodai dirinya dengan dosa-dosa. Sholat ini hukumnya sunnah,adapun taubat hukumnya wajib bagi setiap muslim ketika dia melakukan kesalahan dan segera meminta ampun kepada Alloh ta'ala.

Adapun dalil disunnahkannya sholat taubat adalah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan dishohihkan oleh Syekh Albani
rahimahullah dalam kitab shohih Abu Daud(1521) dari sahabat abu bakar berkata : aku mendengar Rosululloh shollohu alaihi wasallam bersabda:

Tidaklah seseorang melakukan dosa,lalu ia beranjak untuk bersuci,melakukan sholat,kemudian memohon ampun kepada Alloh,melainkan alloh akan mengampuni dosanya.kemudian beliau membaca firman Alloh : "dan (juga)orang orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau memganiaya diri sendiri,mereka inagt akan alloh,lalu memohon ampun terhadap dosa dosa mereka......."(Q.S. Ali imron 135).

Shalat sunnah taubat boleh dilakukan kapan saja,karena termasuk sholat sunnah yang memiliki sebab, jadi sholat ini boleh dilakukan setelah Subuh atau setelah 'Asar.

Seperti yang di jelaskan Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam fatawanya bahwasannya sebab-sebab akan hilang apabila di akhirkan. Demikian juga sholat taubat,apabila seseorang melakukan kesalahan maka dia wajib bertaubat seketika itu juga, yaitu disunnahkan bagi dia untuk sholat dua rokaat kemudian bertaubat (meminta ampun kepada Alloh ta'ala).....(Majmu' fatawa : 23/215).

Barokallohufiikum...


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers