Merupakan
satu anugerah dari Allah, ketika seorang wanita dipertemukan dengan
pasangan hidupnya dalam satu jalinan kasih yang suci. Hal ini sebagai
satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Sang Khaliq.
وَمِنْ
آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِتَسْكُنُوا
إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ
لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُوْنَ
“Dan
di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia menciptakan untuk kalian
pasangan hidup dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan
merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian rasa kasih
dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat
tanda-tanda bagi kaum yang berfikir“. (Ar-Rum: 21)
Apatah
lagi bila pendamping hidup itu seorang yang shalih, yang akan
memuliakan istrinya bila bersemi cinta di hatinya, namun kalau toh cinta
itu tak kunjung datang maka ia tak akan menghinakan istrinya.
Merajut
dan menjalin tali pernikahan agar selalu berjalan baik tidak bisa
dikatakan mudah bak membalik kedua telapak tangan, karena dibutuhkan
ilmu dan ketakwaan untuk menjalaninya. Seorang suami butuh bekal ilmu
agar ia tahu bagaimana menahkodai rumah tangganya. Istripun demikian, ia
harus tahu bagaimana menjadi seorang istri yang baik dan bagaimana
kedudukan seorang suami dalam syariat ini. Masing-masing punya hak dan
kewajiban yang harus ditunaikan agar jalinan itu tidak goncang ataupun
terputus.
Syariat
menetapkan seorang suami memiliki hak yang sangat besar terhadap
istrinya, sampai-sampai bila diperkenankan oleh Allah, Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam akan memerintahkan seorang istri sujud
kepada suaminya.
Abdullah
ibnu Abi Aufa bertutur: Tatkala Mu’adz datang ke negeri Yaman atau
Syam, ia melihat orang-orang Nashrani bersujud kepada para panglima dan
petinggi gereja mereka. Maka ia memandang dan memastikan dalam hatinya
bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah yang paling berhak
untuk diagungkan seperti itu. Ketika ia kembali ke hadapan Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam, ia berkata: “Ya Rasulullah, aku melihat
orang-orang Nashrani bersujud kepada para panglima dan petinggi gereja
mereka, maka aku memandang dan memastikan dalam hatiku bahwa engkaulah
yang paling berhak untuk diagungkan seperti itu.” Mendengar ucapan
Mu’adz ini, bersabdalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
لَوْ
كُنْتُ آمُرُ أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لأَحَدٍ لأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ َأنْ
تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا وَلاَ تُؤَدِّي الْمَرْأَةُ حَقَّ الله عَزَّ وَجَلَّ
عَلَيْهَا كُلَّهُ حَتَّى تُؤَدِّيَ حَقَّ زَوْجِهَا عَلَيْهَا كُلَّهَا
حَتَّى لَوْ سَأَلَهَا نَفْسَهَا وَهِيَ عَلَىظَهْرِ قَتَبٍ لأَعْطَتْهُ
إِيَّاهُ
“Seandainya
aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain (sesama
makhluk) niscaya aku perintahkan seorang istri untuk sujud kepada
suaminya. Dan tidaklah seorang istri dapat menunaikan seluruh hak
Allah Azza wa Jalla terhadapnya hingga ia menunaikan seluruh hak
suaminya terhadapnya. Sampai-sampai jika suaminya meminta dirinya
(mengajaknya bersenggama) sementara ia sedang berada di atas pelana
(yang dipasang di atas unta) maka ia harus memberikannya (tidak boleh
menolak).” (HR. Ahmad 4/381. Dihasankan Asy-Syaikh Albani dalam Ash-Shahihul Jami’ no. 5295 dan Irwa Al-Ghalil no. 1998)
Satu dari sekian hak suami terhadap istrinya adalah disyukuri akan kebaikan yang diperbuatnya dan tidak dilupakan keutamaannya.
Namun
disayangkan, di kalangan para istri banyak yang melupakan atau tidak
tahu hak yang satu ini, hingga kita dapatkan mereka sering mengeluhkan
suaminya, melupakan kebaikan yang telah diberikan dan tidak ingat akan
keutamaannya. Yang lebih disayangkan, ucapan dan penilaian miring
terhadap suami ini kadang menjadi bahan obrolan di antara para wanita
dan menjadi bahan keluhan sesama mereka. Padahal perbuatan seperti ini
menghadapkan si istri kepada kemurkaan Allah dan adzab yang pedih.
Perbuatan
tidak tahu syukur ini merupakan satu sebab wanita menjadi mayoritas
penghuni neraka, sebagaimana diberitakan Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam seselesainya beliau dari Shalat Kusuf (Shalat Gerhana):
أُرِيْتُ
النَّارُ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ. قِيْلَ: أَ
يَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَيَكْفُرْنَ
الإِحْسَانَ, لَوْ أَََحْسَنْتَ إِلىَ إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَ رَأَتْ
مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ
“Diperlihatkan
neraka kepadaku. Ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita yang
kufur .” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah para wanita itu kufur
kepada Allah?” Beliau menjawab: “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada
suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik
kepada salah seorang dari mereka satu masa, kemudian suatu saat ia
melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia
akan berkata: Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu.” (HR. Al-Bukhari no. 29 dan Muslim no. 907)
Al-Qadhi Ibnul ‘Arabi rahimahullah berkata: “Dalam
hadits ini disebutkan secara khusus dosa kufur/ingkar terhadap suami di
antara sekian dosa lainnya karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
telah menyatakan: Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk
sujud kepada orang lain (sesama makluk) niscaya aku perintahkan seorang
istri untuk sujud kepada suaminya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
menggandengkan hak suami terhadap istri dengan hak Allah, maka bila
seorang istri mengkufuri/mengingkari hak suaminya, sementara hak suami
terhadapnya telah mencapai puncak yang sedemikian besar, hal itu sebagai
bukti istri tersebut meremehkan hak Allah. Karena itulah diberikan
istilah kufur terhadap perbuatannya akan tetapi kufurnya tidak sampai
mengeluarkan dari agama.” (Fathul Bari, 1/106)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga mengisahkan:
قُمْتُ
عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ فَكَانَ عَامَّةُ مَنْ دَخَلَهَا الْمَسَاكِيْنُ
وَأَصْحَابُ الْجَدِّ مَحْبُوْسُوْنَ غَيْرَ أَنَّ أَصْحَابَ النَّارِ قَدْ
أُمِرَ بِهِمْ إِلَى النَّارِ فَإِذَا عَامَّةُ مَنْ دَخَلَهَا النِّسَاءُ
“Aku
berdiri di depan pintu surga, ternyata kebanyakan yang masuk ke
dalamnya adalah orang-orang miskin, sementara orang kaya lagi terpandang
masih tertahan (untuk dihisab) namun
penghuni neraka telah diperintah untuk masuk ke dalam neraka , ternyata
mayoritas yang masuk ke dalam neraka adalah kaum wanita.” (HR. Al-Bukhari no. 5196 dan Muslim no. 2736)
Pada
hari Idul Adha atau Idul Fithri, Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam keluar menuju lapangan untuk melaksanakan shalat. Setelahnya
beliau berkhutbah dan ketika melewati para wanita beliau bersabda: “Wahai
sekalian wanita, bersedekahlah kalian dan perbanyaklah istighfar
(meminta ampun) karena sungguh diperlihatkan kepadaku mayoritas kalian
adalah penghuni neraka.” Berkata salah seorang wanita yang cerdas: “Apa sebabnya kami menjadi mayoritas penghuni neraka, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Kalian banyak melaknat dan mengkufuri kebaikan suami.
Aku belum pernah melihat orang yang kurang akal dan agamanya namun
dapat menundukkan lelaki yang memiliki akal yang sempurna daripada
kalian.” Wanita itu bertanya lagi: “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan kurang akal dan kurang agama?“. “Adapun
kurangnya akal wanita ditunjukkan dengan persaksian dua orang wanita
sama dengan persaksian seorang lelaki. Sementara kurangnya agama wanita
ditunjukkan dengan ia tidak mengerjakan shalat dan meninggalkan puasa di
bulan Ramadhan selama beberapa malam (yakni saat ditimpa haidh).” (HR. Al-Bukhari no. 304 dan Muslim no. 79)
Karena
mayoritas kaum wanita adalah ahlun nar (penghuni neraka) maka mereka
menjadi jumlah yang minoritas dari ahlul jannah. Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam nyatakan hal ini dalam sabdanya:
إِنَّ أَقَلُّ سَاكِنِي الْجَنَّة النِّسَاءُ
“Minoritas penghuni surga adalah kaum wanita.” (HR. Muslim no. 2738)
Bila demikian adanya tidak
pantas bagi seorang wanita yang mencari keselamatan dari adzab untuk
menyelisihi suaminya dengan mengkufuri kenikmatan dan kebaikan yang
telah banyak ia curahkan ataupun banyak mengeluh hanya
karena sebab sepele yang tak sebanding dengan apa yang telah ia
persembahkan untuk anak dan istrinya. Sepatutnya bila seorang istri
melihat dari suaminya sesuatu yang tidak ia sukai atau tidak pantas
dilakukan maka ia jangan mengkufuri dan melupakan seluruh kebaikannya.
Sungguh, bila seorang istri tidak mau bersyukur kepada suami, sementara
suaminya adalah orang yang paling banyak dan paling sering berbuat
kebaikan kepadanya, maka ia pun tidak akan pandai bersyukur kepada Allah
ta`ala, Dzat yang terus mencurahkan kenikmatan dan menetapkan
sebab-sebab tersampaikannya kenikmatan pada setiap hamba.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyampaikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
مَنْ لاَ يَشْكُرِ النَّاسَ لاَ يَشْكُرِ اللهَ
“Siapa yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada manusia maka ia tidak akan bersyukur kepada Allah.”
(HR. Abu Dawud no. 4177 dan At-Tirmidzi no. 2020, dishahihkan oleh
Asy-Syaikh Muqbil di atas syarat Muslim, dalam Ash-Shahihul Musnad,
2/338)
Al-Khaththabi berkata: “Hadits ini dapat dipahami dari dua sisi.
Pertama:
orang yang tabiat dan kebiasaannya suka mengingkari kenikmatan yang
diberikan kepadanya dan enggan untuk mensyukuri kebaikan mereka maka
menjadi kebiasaannya pula mengkufuri nikmat Allah ta`ala dan tidak mau
bersyukur kepada-Nya.
Sisi kedua:
Allah tidak menerima rasa syukur seorang hamba atas kebaikan yang Dia
curahkan apabila hamba tersebut tidak mau bersyukur (berterima kasih)
terhadap kebaikan manusia dan mengingkari kebaikan mereka, karena
berkaitannya dua perkara ini.” (‘Aunul Ma’bud, 13/114)
Adapun Al-Qadhi mengatakan tentang hadits ini: “(Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam menyatakan demikian) bisa jadi karena
mensyukuri Allah ta`ala hanya bisa sempurna dengan patuh kepada-Nya dan
melaksanakan perintah-Nya. Sementara di antara perkara yang Dia
perintahkan adalah berterima kasih kepada manusia yang menjadi perantara
tersampaikannya nikmat-nikmat Allah kepadanya. Maka orang yang tidak
patuh kepada Allah dalam hal ini, ia tidak menunaikan kesyukuran atas
kenikmatan-Nya. Atau bisa pula maknanya, orang yang tidak berterima
kasih kepada manusia yang telah memberikan dan menyampaikan kenikmatan
kepadanya, padahal ia tahu sifat manusia itu sangat senang mendapatkan
pujian, ia menyakiti si pemberi kebaikan dengan berpaling dan
mengingkari apa yang telah diberikan, maka orang seperti ini akan lebih
berani meremehkan sikap syukur kepada Allah, yang sebenarnya sama saja
bagi-Nya antara kesyukuran dan kekufuran .” (Tuhfatul Ahwadzi, 6/74).
Sepantasnya
bagi seorang istri yang mencari keselamatan dari adzab Allah untuk
mencurahkan seluruh kemampuannya dalam menunaikan hak-hak suami, karena
suaminya adalah jembatan untuk meraih kenikmatan surga atau malah
sebaliknya membawa dirinya ke jurang neraka. Al-Hushain bin Mihshan
radliallahu anhu menceritakan bahwa bibinya pernah datang ke tempat Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam karena satu keperluan dan setelah selesai
dari keperluan tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bertanya kepadanya:
أَ
ذَاتُ زَوْجٍ أَنْتِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. قَالَ: كَيْفَ أَنْتِ لَهُ؟
قَالَتْ: مَا آلُوْهُ إِلاَّ مَا عَجزْتُ عَنْهُ. قَالَ: فَانْظُرِيْ أينَ
أَنْتِ مِنْهُ فَإنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنارُكِ
“Apakah
engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain menjawab: “Sudah.” “Bagaimana
(sikap) engkau terhadap suamimu?” tanya Rasulullah lagi. Ia menjawab:
“Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak
mampu.” Rasulullah bersabda: “Lihatlah di mana keberadaanmu saat
bergaul dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad 4/341. Berkata penulis Jami’ Ahkamin Nisa: hadits ini hasan, 3/430)
Saudariku, janganlah engkau sakiti suamimu dengan tidak mensyukuri apa yang telah diberikannya.
Ingatlah, suamimu hanya sementara waktu menemanimu di dunia, kemudian
dia akan berpisah denganmu dan berkumpul dengan para bidadari surga yang
murka kala engkau menyakitinya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
menyatakan hal ini dalam sabdanya:
لاَ
تُؤْذِي امْرَأَةٌ زَوْجَهَا فِي الدُّنْيَا إِلاَّ قَالَتْ زَوْجَتُهَا
مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ: لاَ تُؤْذِيهِ قَاتَلَكِ اللهُ, فَإِنَّمَا هُوَ
عِنْدَكِ دَخِيْلٌ, يُوْشِكُ أَنْ يُفَارِقَكِ إِلَيْنَا
“Tidaklah
seorang istri menyakiti suaminya di dunia kecuali berkata hurun `in
(bidadari-bidadari surga) yang menjadi istri si suami di surga:
“Jangan engkau menyakitinya qatalakillah , karena dia di sisimu hanyalah
sebagai tamu dan sekedar singgah, hampir-hampir dia akan berpisah
denganmu untuk bertemu dengan kami.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu
Majah no. 204. Berkata penulis Bahjatun Nazhirin: Sanad hadits ini
shahih, 1/372) . Wallahu ta`ala a`lam bishawwab.
Ummu Afif
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer