Aktifkan Fitur Bahasa Arab Di Komputer Kita!



Bismillah…
Urusan seorang muslim itu tidak pernah jauh jauh dari bahasa arab; Bagaimana caranya agar Komputer kita bisa menulis huruf arab? Ada beberapa alternatif :

1. Menggunakan Arabic On Screen Keyboard yang Online
In syaa Alloh ada beberapa pilihan online on screen keyboard yang disediakan. Salah satunydari Google. Coba kunjungi http://labs.google.co.in/keyboards/arabic.html  nanti tampilannya akan tampak seperti ini :

Jadi, kita tulis dengan penuh kesabaran satu per satu, baru di copy. Arabic On Screen Keyboard dari Google ini juga bisa digunakan secara Offline. Simpan Page html nya di desktop kita, kapan saja kita memerlukan menulis dengan font arab, langsung saja di klik dan On Screen Key board siap membantu.
Ada juga yamli.com  yang sedikit lebih canggih; kita hanya perlu menuliskan latinnya, maka akan muncul lafadz dalam arabicnya. Sebagai contoh, saya menuliskan “laila” lalu akan muncul beberapa pilihan lafadz sebagaimana berikut;


Cara diatas memang tidak butuh instal apa apa; hanya perlu on line sejenak; terus save pagenya, dan digunakan secara offline juga bisa
TAPI
cara diatas tidak di rekomendasikan untuk orang yang akan menulis bahasa arab dalam jumlah besar karena akan membutuhkan waktu sangat sangat lama dan membosankan.  Cara kedua yaitu :
2. Mengaktifkan Fitur Bahasa Arab
Yaitu mensetting komputer atau laptop kita supaya keyboard2nya itu mengeluarkan huruf huruf arab.  Saya pilih dua OS yang paling umum digunakan, yaitu Windows 7 dan Windows XP. Rekomendasi pribadi : pilih lah Windows 7 karena tidak perlu memasukkan  CD master nya; cukup mengutak utik setting languagenya. Begini caranya :
Seting Bahasa Arab di Windows 7
Ringkasnya seperti ini :
Control Panel > Clock Language and Region; klik yang ‘change keyboard…
 Lalu, klik ‘Change Keyboard’ dan akan muncul dialog

Terus, klik add (yang saya lingkari warna merah itu)
((((kalau di komp saya sudah tersetting bahasa arab jadi di situ tampilannya sudah ada AR nya. kalau belum tersetting, cuma ada EN saja)))).
Setelah di klik add muncul dialog begini :

Selanjutnya, pilih Arabic dan di check list seperti yang saya lakukan.. (kenapa mesti arabic saudi? kenapa mesti arabic 101? saya juga tidak tahu yang penting bisa untuk menulis huruf arab) Setelah itu di OK.. ok..
Jika ingin melihat lay out tuts huruf hururf arab, klik bagian yang saya tandai merah dua kali, maka akan muncul Lay out seperti berikut :

Selanjutnya mungkin bisa menandai tiap tiap hurup abjad itu dengan huruf2 arab seperti diatas agar bisa lancar nulis arabnya, atau membeli stiker arabic keyboard  yang lebih praktis.. seperti tuts keyboard laptop saya dibawah ini :

ini contoh stiker arabic keyboard yang dijual2 :

Selanjutnya, komputernya sudah bisa menulis arab dan latin… kalau ingin menulis arab, maka tinggal di ganti2 saja fitur bahasanya di bagian kiri bawah seperti sebagai berikut :

Ada sedikit BONUS, cara mensetting short key yang lebih praktis untuk men-switching languagetanpa ke taskbar seperti diatas,
~misalnya~ kalau kita tekan “Ctrl + 1″ maka settingan keyboard langsung ke bahasa arab, dan kalau kita tekan “Ctrl + 2″ maka settinga keyboard langsung ke latin. Karena cara ini sedikit lebih cepat bagi sebagian orang yang aktif menulis artikel yang banyak tulisan arabnya dan tulisan latinnya respectively; daripada mesti memindahkan tangan di keyboard menuju mouse/ mouse pad.
CARANYA :
Ketika sampai pada dialog ini :

pilih tab ‘Advanced Setting’

teruus, pilih :
“To arabic….”
lalu klik “change key sequence” dan akan muncul dialog seperti ini :

Lalu silakan pilih mau tombol yang mana yang ingin dijadikan short key. Kalau sudah, tinggal di OK.. OK saja… jangan lupa untuk bikin short key untuk jalan pulang,
To English..”
Sumber: http://irilaslogo.wordpress.com/2011/08/16/aktifkan-fitur-bahasa-arab-di-komputer-kita/
Sedangkan untuk
Setting Bahasa Arab untuk Windows XP,
siapkan CD Windows XP, lalu silakan ke TKP berikut
http://kaahil.wordpress.com/2011/12/23/penting-cara-mudah-agar-laptoppc-komputer-anda-supportarabic-enable-bisa-membaca-huruf-arab-langkah-demi-langkah-cara-setting-integrasi-huruf-arabic-di-windows-xp/

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers