Kita biasa saksikan di tengah-tengah masyarakat kita mengenai tradisi kirim pahala. Dalam do’a mereka katakan, “Ilaa hadroti ‘fulan’, al fatihaah”. Bagaimanakah pandangan Islam tentang hal ini? Apakah amalan semacam itu diajarkan dalam Islam?
Syaikh Muhammad Nashiruddin dalam Ahkamul Janaiz menyebutkan,
أن
قول الناس اليوم في بعض البلاد: " الفاتحة على روح فلان " مخالف للسنة
المذكورة، فهو بدعة بلا شك، لا سيما والقراءة لا تصل إلى الموتى على القول
الصحيح
“Perkataan yang masyhur di
tengah-tengah masyarakat di berbagai negeri, “(Kirim pahala) Al Fatihah
pada ruh ‘fulan’ ” adalah menyelisihi ajaran Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-,
itu termasuk amalan yang tiada tuntunan tanpa diragukan lagi.
Lebih-lebih pahala bacaan Qur’an tidak sampai pada orang yang telah mati
menurut pendapat yang lebih tepat.
Dalam Ahkamul Janaiz disebutkan pula,
وأما
قراءة القرآن عند زيارتها، فمما لا أصل له في السنة، بل الاحاديث المذكورة
في المسألة السابقة تشعر بعدم مشروعيتها، إذ لو كانت مشروعة، لفعلها رسول
الله وعلمها أصحابه، لا سيما وقد سألته عائشة رضي الله عنها - وهي من أحب
الناس إليه - عما تقول إذا زارت القبور؟ فعلمها السلام والدعاء.
ولم
يعلمها أن تقرأ الفاتحة أو غيرها من القرآن، فلو أن القراءة كانت مشروعة
لما كتم ذلك عنها، كيف وتأخير البيان عن وقت الحاجة لا يجوز كما تقرر في
علم الاصول، فكيف بالكتمان، ولو أنه علمهم شيئا من ذلك لنقل إلينا، فإذ لم
ينقل بالسند الثابت دل على أنه لم يقع.
“Adapun membaca Al Qur’an ketika
ziarah kubur, maka tidak ada landasan dalil sama sekali. Bahkan hadits
yang membicarakan hal tersebut yang telah disebutkan sebelumnya
menunjukkan amalan tersebut tidak disyari’atkan. Dan seandainya hal
tersebut disyari’atkan, tentu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan melakukannya, begitu pula para sahabat. Ketika ‘Aisyah -istri yang paling dicintai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam - bertanya pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam
mengenai apa yang dibaca ketika ziarah kubur, maka yang dianjarkan pada
‘Aisyah adalah ucapan salam dan do’a. Dan tidak dianjarkan membaca Al
Fatihah atau bacaan Qur’an lainnya. Seandainya membaca Al Qur’an tatkala ziarah kubur itu disyari’atkan, maka tentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
tidak diam. Bagaimana beliau bisa mengakhirkan penjelasan dari waktu
yang dibutuhkan? Tentu tidak boleh, sebagaimana telah diketahui dalam
ilmu ‘ushul. Mana mungkin bisa diam dalam kondisi semacam itu?
Seandainya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan
pada para sahabat akan hal itu, tentu akan sampai pada kita. Jika tidak
ada riwayat sanad dalam perkara ini, maka itu menunjukkan amalan
tersebut tidak ada.”
Hanya Allah yang memberi petunjuk kepada kebenaran.
---
Riyadh-KSA, 4 Rabi’ul Akhir 1434 H
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer