سئل الشيخ عبد الله أبا بطين: عن التقدم للمسجد، والقيلولة فيه… إلخ؟
Syaikh Abdullah Aba Buthain ditanya tentang hukum pergi ke masjid lantas tidur siang di sana.
فأجاب: أما مسألة التقدم للمسجد في مثل الظهر، والقيلولة فيه، فإن كان الإنسان قصد المسجد لانتظار الصلاة المفروضة، فصلى ما تيسر من النوافل، ثم جلس في المسجد يقرأ القرآن، أو يذكر الله، وهذا قصده، ولكن في نيته إن حدث عليه نعاس نام في المسجد، لم يقصد القيلولة فيه عادة، فهذا حسن إن شاء الله تعالى.
Jawaban beliau,
“Tentang pergi ke masjid di waktu zuhur lalu tidur siang di sana, hukumnya perlu mendapatkan rincian.
Pertama, jika maksud pokok orang tersebut pergi ke masjid adalah menunggu tibanya pelaksanaan shalat wajib lalu dia mengerjakan shalat sunnah yang memungkinkan untuk dilakukan kemudian duduk di masjid sambil membaca al Qur’an atau berzikir mengingat Allah. Inilah niat pokoknya namun dia memiliki niat sampingan yaitu jika ternyata ketika itu dia terserang kantuk maka dia akan tidur di masjid. Jadi orang tersebut tidak bermaksud membiasakan diri menjadikan masjid sebagai tempat tidur siang maka apa yang dilakukan orang tersebut adalah perbuatan baik, insya Allah.
وأما إن كان نيته أنه قصد المسجد ليضع عصاه في الصف، ويصلي ما تيسر، ثم ينام، أعني أنه قصد النوم فيه، وعزم عليه، فهذا مكروه، أعني: اتخاذ المسجد مقيلاً؛ فالأفضل في حق هذا أن يقيل في بيته، فإذا قضى حاجته من النوم، تطهر وقصد المسجد.
Kedua, jika maksud pokok orang tersebut pergi ke masjid adalah meletakkan tongkat di shaf lalu mengerjakan shalat sunnah sebanyak yang dia inginkan lantas tidur. Maksudnya tujuan pokoknya adalah tidur di masjid bahkan dia memang bertekad kuat untuk itu maka hukum perbuatan ini adalah makruh. Dengan kata lain, dimakruhkan menjadikan masjid sebagai tempat tidur siang (padahal punya rumah atau tempat lain untuk tidur siang, pent). Yang terbaik untuk orang tersebut adalah istirahat siang di rumahnya, jika kebutuhan tidur siangnya sudah terpenuhi dia lantas berwudhu lalu pergi ke masjid”.
Sumber: Ad Durar al Saniyyah fi al Ajwibah an Najdiyyah juz 4 hal 271-272, cet kelima 1414 H.
Artikel www.ustadzaris.com

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers