APA YANG WAJIB DIPELAJARI DAN DIKETAHUI OLEH SEORANG MUSLIM DALAM URUSAN AGAMANYA?
Seorang muslim wajib mengetahui seluruh urusan agamanya baik akidah maupun syari’ah. Maka dia harus mempelajari perkara-perkara akidah, apa yang wajib dalam akidah dan apa pula lawan-lawan akidah serta perkara-perkara yang menyempurnakan dan menguranginya. Sehingga akidahnya menjadi akidah yang shohihah dan salimah (selamat). Begitu juga dia wajib mempelajari hukum-hukum amaliah agamanya sehingga dia dapat menunaikan apa yang diwajibkan Allah atasnya dan meninggalkan apa yang diharamkan Allah atasnya dengan landasan bashiroh (ilmu).
Allah Ta’ala berfirman, “Ketahuilah bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadati dengan hak melainkan Allah dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan untuk laki-laki mukmin dan perempuan mukminat”. (Muhamad ; 19)
Di ayat ini Allah mulai dengan perintah ilmu sebelum perkataan dan perbuatan (amal).
Maka ilmu dan amal adalah suatu keniscayaan. Ilmu tanpa amal tidak cukup, bahkan pelakunya hanya mendapat murka Allah. Dan amal dengan tanpa ilmu tidak sah, karena ia adalah kesesatan. Sementara Allah  Ta’ala memerintahkan kita berlindung dari jalan orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat di akhir surat Al Fatihah dalam setiap rakaat dari sholat kita. (dikutip dari : Al Muntaqo/18, Syaikh Al Fauzan, dengan beberapa penyesuaian)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers