Berikut ringkasan risalah sujud sahwi dari beberapa sumber:
1. Sebab Adanya Sujud Sahwi
Pertama: Karena adanya kekurangan: hendaklah sujud sahwi dilakukan sebelum salam. Misalnya karena:
· Meninggalkan rukun shalat seperti lupa ruku’ dan sujud.
· Meninggalkan wajib shalat seperti tasyahud awwal.
Kedua: Karena adanya penambahan: maka hendaklah sujud sahwi dilakukan sesudah salam.
2. Tata Cara Sujud Sahwi
Ketika
akan sujud disyariatkan untuk mengucapkan takbir “Allahu akbar”, begitu
pula ketika ingin bangkit dari sujud disyariatkan untuk bertakbir.
Dalam hadits ‘Abdullah bin Buhainah,
فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ
“Setelah
beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu
beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau
lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim
no. 570)
Contoh cara melakukan sujud sahwi sesudah salam dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah,
فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ
“Lalu
beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam.
Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi,
lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua
kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” (HR. Bukhari no.
1229 dan Muslim no. 573)
Sujud sahwi sesudah salam ini ditutup lagi dengan salam sebagaimana dijelaskan dalam hadits ‘Imron bin Hushain,
فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ.
“Kemudian
beliau pun shalat satu rakaat (menambah raka’at yang kurang tadi). Lalu
beliau salam. Setelah itu beliau melakukan sujud sahwi dengan dua kali
sujud. Kemudian beliau salam lagi.” (HR. Muslim no. 574)
3. Bacaan Sujud Sahwi
Terdapat
riwayat yang tersebar di masyarakat tentang bacaan sujud sahwi, dengan
lafal, “Subhana man la yanamu wa la yashu (Mahasuci Dzat yang tidak
tidur dan tidak lupa).”
Akan
tetapi, perlu Anda ketahui bahwa bacaan ini tidak ada dalilnya, baik
dari Alquran, hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maupun perbuatan
para sahabat. Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan, “Doa ini tidak ditemukan di kitab hadis mana pun.” (Lihat Talkhis Al-Khabir, 2:88)
Tidak ada doa khusus ketika sujud sahwi, sehingga bacaannya adalah sebagaimana bacaan sujud ketika shalat, misalnya: Subhana Rabbiyal A’la.
Ibnu
Qudamah rahimahullah berkata, “Dan hendaklah dia membaca di dalam sujud
(sahwi)-nya bacaan yang diucapkan di dalam sujud ketika shalat, karena
sujud sahwi tersebut merupakan sujud yang disyariatkan serupa dengan
sujud di dalam shalat.” (Al-Mughni, 2:432–433)
Abu
Muhammad bin Hazm (Ibnu Hazm) rahimahullah berkata, “Orang yang
bersujud sahwi harus membaca, di dalam kedua sujudnya, “‘Subhana
Rabbiyal A’la,’ berdasarkan sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam (yang artinya), ‘Jadikanlah ia (bacaan itu) di dalam sujudmu.’”
(Al-Muhalla, 4:170)
Demikian juga saat duduk iftirasy antara dua sujud, sama bacaannya seperti bacaan biasa dalam sholat kita. Seperti:
RABBIGHFIRLII, RABBIGHFIRLII
Dari Hudzaifah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan dalam sujudnya (dengan do’a): Rabighfirlii, Rabbighfirlii.
(Hadits dikeluarkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dengan lafadhz Ibnu Majah)
Dari Hudzaifah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan dalam sujudnya (dengan do’a): Rabighfirlii, Rabbighfirlii.
(Hadits dikeluarkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dengan lafadhz Ibnu Majah)
ALLAAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WA ‘AAFINII WAHDINII WARZUQNII
(Abu Dawud)
(Abu Dawud)
ALLAAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARZUQNII WARFA’NII
(Ibnu Majah)
(Ibnu Majah)
ALLAAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WAHDINII WARZUQNII
(At-Tirmidzi)
(At-Tirmidzi)
Tidak
perlu untuk tasyahud lagi setelah sujud kedua dari sujud sahwi karena
tidak ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menerangkan
hal ini. Adapun dalil yang biasa jadi pegangan bagi yang berpendapat
adanya, dalilnya adalah dalil-dalil yang lemah.
Jadi
cukup ketika melakukan sujud sahwi, bertakbir untuk sujud pertama, lalu
sujud. Kemudian bertakbir lagi untuk bangkit dari sujud pertama dan
duduk sebagaimana duduk antara dua sujud (duduk iftirosy). Setelah itu
bertakbir dan sujud kembali. Lalu bertakbir kembali, kemudian duduk
tawaruk. Setelah itu salam, tanpa tasyahud lagi sebelumnya.
Silakan kaji lebih lanjut di sumber berikut:
1. Pembahasan tuntas tentang Sujud Sahwi, Dr. Abdullah bin Mahmud At-Thayyar, Pustaka Sumayyah, 2008.
2. Rumaysho.com
بارك الله فيكم
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer