Dalam thawaf tidak terdapat bacaan tertentu yang dituntunkan oleh Nabi kecuali saat berada antara rukun yamani dan Hajar Aswad. Ketika itu dituntunkan untuk membaca doa ‘rabbana atina fid dunya khasanah wa fil akhirat khasanah wa qina adzabbannar’. Dalam prakteknya banyak orang tawaf yang memberi tambahan ‘wa adkhilnal jannata ma’al abrar ya aziz ya ghaffar’. Tambahan ini adalah bacaan yang tidak ada tuntunannya dari Nabi. Simak penjelasan Syaikh Abdurrazzaq bin Syaikh Abdul Muhsin al Abbad berikut ini:

7ـ قول: ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار، وأدخلنا الجنة مع الأبرار يا عزيز يا غفار. بين الركن اليماني والحجر الأسود.
Beliau mengatakan bahwa di antara contoh tambahan dalam dzikir atau doa yang tidak ada tuntunannya yang ditambahkan kepada bacaan yang ada tuntunannya adalah “ucapan rabbana atina fid dunya khasanah wa fil akhirat khasanah wa qina adzabbannar wa adkhilnal jannata ma’al abrar ya aziz ya ghaffar’ yang dibaca antara rukun yamani dengan hajar aswad.
فزيادة (وأدخلنا الجنة مع الأبرار يا عزيز يا غفار) لا أصل لها، كما قرره الشيخ ابن عثيمين رحمه الله في فتاواه (22/332)، وفي كتابه “الشرح الممتع” (7/248).
Tambahan ‘wa adkhilnal jannata ma’al abrar ya aziz ya ghaffar’ itu sama sekali tidak berdasar sebagaimana penjelasan Syaikh Ibnu Utsaimin di Majmu Fatawa beliau 22/332 dan di buku beliau Syarh Mumti’ 7/248.
والثابت من دعائه صلى الله عليه و سلم في هذا الموضع إلى قوله: ((… وقنا عذاب النار))،
Yang berdalil, doa yang Nabi ucapkan saat berada di antara rukun yamani dan hajar aswad itu hanya sampai ‘wa qina adzabannar’.
روى أبو داود والإمام أحمد وابن حبان وغيرهم عن عبد الله بن السائب قال: سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول بين الركن والحجر: ((ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار)).
Diriwayatkan oleh Abu Daud, Ahmad, Ibnu Hibban dll dari Abdullah bin as Saib, beliau mengatakan, “Aku mendengar doa yang Nabi ucapkan antara rukun yamani dan hajar aswad adalah ucapan rabbana atina fid dunya khasanah wa fil akhirat khasanah wa qina adzabbannar’.
وقد كان هذا أكثر دعاء النبي صلى الله عليه و سلم ، كما ثبت في صحيح مسلم (2690) عن قتادة أنه سأل أنس بن مالك رضي الله عنه: أيُّ دعوة كان يدعو بها النبيُّ صلى الله عليه و سلم أكثر ؟ قال: كان أكثر دعوة يدعو بها يقول: ((اللهم آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار)) قال قتادة: وكان أنس إذا أراد أن يدعو بدعوة دعا بها فإذا أراد أن يدعو بدعاء دعا بها فيه.
Doa ini adalah doa yang paling sering Nabi ucapkan sebagaimana dalam Shahih Muslim dari Qatadah, beliau bertanya kepada Anas bin Malik, “Doa apa yang paling sering Nabi panjatkan?” jawaban Anas, “Doa yang paling sering Nabi panjatkan adalah ucapan allahumma atina fid dunya khasanah wa fil akhirat khasanah wa qina adzabbannar.
Qatadah mengatakan bahwa jika Anas ingin memanjatkan sebuah doa saja maka beliau mengucapkan doa ini. Jika beliau memanjatkan beberapa doa pasti doa ini adalah salah satu darinya.
وليس فيه هذه الزيادة.
Dalam hadits ini juga tidak dijumpai tambahan di atas”.
Sumber:


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers