Beliau adalah Syaikh Muhammad Shalih al Munajjid. Adalah keliru orang menuliskan nama beliau denganMuhammad bin Shalih al Munajjid, yang benar nama beliau itu dobel yaitu Muhammad Shalih.
Beliau lahir pada tanggal 30 Dzulhijjah 1380 H.
Beliau menyelesaikan jenjang pendidikan formal beliau dari SD sampai SMA di kota Riyadh. Kemudian beliau berpindah ke kota Zhahran untuk kuliah dan menyelesaikan studi S1 beliau di bidang menejemen industri. Jurusan ini beliau ambil karena keinginan keluarga beliau.
Beliau menghadiri majelis kajian-kajian Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin BazSyaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dan Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin. Guru yang paling banyak beliau timba ilmunya dengan metode sorogan kitab adalah Syaikh Abdurrahman bin Nashir al Barrak. Beliau memperbaiki bacaan al Qur’an beliau di hadapan Syaikh Said alu Abdullah.

Beliau juga banyak menimba ilmu dari Syaikh Shalih bin Fauzan al FauzanSyaikh Abdullah bin Muhammad al GhunaimanSyaikh Muhammad Walad Sayyidi asy SyinqithiSyaikh Abdul Muhsin az Zamil dan Syaikh Abdurrahman bin Shalih al Mahmud.
Ulama yang paling banyak timba ilmunya melalui jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh Syaikh Muhammad Shalih al Munajjid adalah Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz. Komunikasi yang terjalin antara beliau dengan Syaikh Ibnu Baz sampai berlangsung selama 15 tahun lamanya. Ibnu Baz lah yang mendorong beliau untuk mengajar di bangku kuliah formal. Ibnu Baz lah yang mengirim surat kepada kantor dakwah di kota Dammam agar menjadikan beliau sebagai pemateri berbagai ceramah umum, khutbah Jumat dan kajian intensif yang diadakan oleh kantor dakwah. Dengan sebab Ibnu Baz beliau menjadi imam masjid dan khatib di Masjid Umar bin Abdul Aziz di kota al Khabar KSA dan dosen ilmu-ilmu keagamaan.
Beliau adalah imam dan khatib masjid Umar bin Abdul Aziz di kota Khabar KSA. Beliau adalah orang yang sangat semangat berdakwah melalui kajian kitab dan ceramah umum yang beliau sampaikan di masjid beliau
Berikut ini adalah jadwal kajian beliau di masjid yang beliau ampu:
Pertama, kajian harian setelah shalat Shubuh kecuali pada hari Jumat dengan materi Tafsir Ibnu Katsir, Sunan Tirmidzi dan membaca fatwa-fatwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.
Kedua, kajian pekanan pada hari Ahad setelah shalat Maghrib dengan materi Umdah al Ahkam karya Ibnu Qudamah al Maqdisi
Ketiga, kajian umum dua mingguan pada hari Rabu setelah shalat Isya dengan tema ‘Silsilah al Muhadharat at Tarbawiyyah’.
Jika liburan musim panas beliau menyampaikan materi dasar-dasar akidah selama tiga hari setiap pekannya yaitu hari Sabtu, Senin dan Rabu sehabis shalat Maghrib di masjid beliau.
Beliau juga memiliki kajian bulanan di Riyadh dan Jeddah
Beliau juga merupakan pemateri rutin di Radio al Quran al Karim setiap pekannya dalam program acara:
PertamaBaina Nabi wa Ashhabihi yang disiarkan setiap Sabtu jam 14:05 waktu Saudi yang siaran ulangnya bisa disimak pada hari selasa berikutnya
KeduaKhuthuwat ‘ala Thariq al Ishlah yang disiarkan pada hari Rabu jam 13:00 yang siaran ulangnya dipancarkan pada hari Senin jan 18:45.
Beliau juga aktif di berbagai program keagamaan di televisi. Beliau memiliki rekaman kajian dalam berbagai topik sebanyak 4500 jam yang merupakan hasil dari antusias beliau dalam berdakwah dalam kurun waktu 23 tahun lamanya.
Beliau tergolong pioner dalam dakwah via internet melalui www.islamqa.com yang didirikan sejak tahun 1996 dan terus aktif hingga saat ini.
Disamping itu beliau juga memiliki karya dalam bentuk yang banyak diantaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Referensi:

Simak kisah menarik yang terjadi antara Syaikh Muhammad Shalih al Munajjid dengan Syaikh Ibnu Baz di sini:

Versi Arab dari kisah pada tautan di atas bisa dibaca di tautan berikut ini:

Simak juga dialog tentang Syaikh Muhammad Shalih al Munajjid di kolom komentar dari artikel yang ada pada tautan berikut:
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2011/02/bolehkah-mengalokasikan-zakat-ke.html


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers