Beliau adalah Abdul Muhsin bin Nashir bin Abdurrahman al-Ubaikan.
Beliau lahir pada tahun 1372 H di kota Thaif, KSA.
Setelah melalui jenjang pendidikan formal SD dan SMP beliau melanjutkan ke jenjang Kafaah [mungkin, pra SMA, pent] di perguruan Dar at Tauhid di Kota Thaif. Di perguruan ini pula beliau menyelesaikan pendidikan SMA beliau. Setelah itu beliau melanjutkan studi beliau di Sekolah Tinggi Syariah di kota Mekkah yang saat itu adalah cabang Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah. Akan tetapi studi beliau di Sekolah Tinggi ini hanya empat bulan. Selanjutnya beliau melanjutkan studi formalnya di Sekolah Tinggi Syariah di kota Riyadh dan di sinilah beliau beliau menyabet gelar sarjana.
Beliau hafal al Qur’an 30 juz ketika beliau duduk di bangku SMP.

Beliau belajar ilmu tauhid pada Syaikh Muhammad Makhdum al Bukhari di Masjidil Haram Mekkah dan Syaikh Muhammad Sakar di Riyadh. Beliau juga membaca beberapa buku mengenai ilmu qiraah. Beliau juga memilik rekaman dua juz dari surat al Baqarah yang perekamannya dipantau oleh Syaikh Abdul Bari Muhammad di Radio al Qur’anul Karim.
Selain belajar agama secara formal beliau juga sorogan baca kitab kepada beberapa ulama diantaranya adalah Syaikh Abdul Aziz bin Shalih al Mursyid. Beliau beberapa kali juga menghadiri kajian yang diasuh oleh Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Humaid dan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz. Beliau lebih banyak mendapatkan penambahan ilmu melalui banyak membaca sendiri dikarenakan beliau telah melahap banyak buku di berbagai bidang keilmuan.
Syaikh Abdul Muhsin pernah bercerita bahwa Syaikh Abdullah bin Humaid sangat menyayanginya dengan mendudukkan beliau di sampingnya dan menghormatinya padahal Syaikh Abdul Muhsin ketika masih terbilang sangat muda. Tidaklah Syaikh Abdul Muhsin menceritakan pendapat pribadinya kepada Syaikh Abdullah bin Humaid kecuali mendapatkan persetujuan dari Syaikh Ibnu Humaid.
Suatu ketika Syaikh Abdul Muhsin berkumpul satu tempat dengan Syaikh Abdul Aziz bin Baz. Syaikh Ibnu Baz berkeinginan untuk mengangkat beliau sebagai imam masjid di Masjid al Abbas di kota Thaif padahal ketika itu Syaikh Abdul Muhsin menjadi sebagai hakim di daerah Sail Kabir. Syaikh Abdul Muhsin menyampaikan kepada Syaikh Ibnu Baz bahwa tidak minat menjadi imam masjid di Thaif sebaliknya beliau ingin dimutasi ke kota Riyadh. Benar, Syaikh Ibnu Baz mewujudkan keinginan beliau dengan memutasi Syaikh Abdul Muhsin ke kota Riyadh untuk bekerja sebagai hakim di Mahkamah Kubro. Perlu diketahui ketika beliau diangkat sebagai hakim untuk daerah Sail Kabir Syaikh Ibnu Baz berkata kepada beliau, “Aku ingin agar anda memberi fatwa kepada banyak orang terutama kepada para jamaah haji dan umrah karena Sail Kabir adalah miqot yang urgen”.
Kegiatan beliau
Terkadang beliau beradzan dan menjadi imam shalat di masjid yang dipegang oleh ayah beliau di kota Thaif ketika beliau masih duduk di bangku SMP.
Ketika beliau duduk di bangku kuliah beliau diangkat sebagai imam tetap dan khatib di masjid Syaikh Muhammad bin Abdurrahman al Ubaikan di kota Riyadh yang merupakan nama paman beliau. Kemudian beliau diangkat sebagai imam dan khatib di masjid al Jauharah di kota Riyadh tepatnya di pinggir jalan Imam Faishal bin Turki dan tugas ini beliau jalani sampai saat ini.
Pada tahun 1399 H beliau diangkat sebagai hakim di Mahkamah Kubro di kota Riyadh setelah sebelumnya menjabat hakim untuk daerah  Sail Kabir yang merupakan miqot penduduk Najd [Riyadh dan sekitarnya, pent]. Di samping menjabat sebagai hakim di kota Riyadh beliau juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Calon Hakim kemudian pada tahun 1413 H beliau diangkat sebagai pengawas di Kementrian Kehakiman kemudian diangkat sebagai sebagai penasihat istimewa di Kementrian Kehakiman pada tahun 1426 H sekaligus anggota Majelis Syuro KSA.
Pada tahun 1430 H beliau diangkat sebagai penasihat di kantor raja KSA, suatu jabatan yang setara dengan jabatan menteri di KSA.
Beliau juga meluangkan waktu untuk mengkaji berbagai kitab di berbagai masjid di rumah pribadinya. Beliau juga menjadi pengisi tetap di berbagai program di keagamaan di berbagai stasiun TV. Di samping itu beliau masih bisa menulis berbagai artikel dan artikel bantahan atas tulisan  orang-orang ‘bermasalah’ yang diterbitkan oleh berbagai koran. Beliau juga mengikuti berbagai muktamar dan seminar di dalam atau pun luar KS. Diantaranya beliau ketua duta dari KSA untuk mengikuti muktamar tentang hilal yang diadakan oleh OKI di kota Jeddah.
Karya Ilmiah
Beliau menulis sebuah buku tentang fikih muqaran [perbandingan mazhab] yang berjudul Ghayatul Maram Syarh Mughni Dzil Afham yang merupakan ensiklopedi ilmu fikih karena buku ini terdari 40 jilid, yang sudah tercetak tujuh jilid sedangkan yang sedang dalam proses cetak sebanyak delapan jilid.
Karya beliau yang lain adalah:
  1. Syarh kitab Akhshar al Mukhtasharat [belum dicetak]
  2. Syarh kitab al Uddah Syarh Umdah [masih dalam bentuk rekaman]
  3. Kitab ash Sharim al Masyhur ‘ala Man Ankara Halli as Sihr bi Sihir ‘an Masyhur
  4. Kitab al Khawarij wa al Fikr al Mutajaddid
  5. Kitab Khawarij al Ashr [Khawarij Modern]
Beliau memiliki kaset rekaman 30 juz dari hafalannya beliau ketika beliau menjadi imam shalat Tarawih pada tahun 1430 H dan rekaman kajian tafsir al Qur’an yang telah membahas tiga perempat mushaf al Qur’an.
Kajian kitab beliau yang masih dalam bentuk rekaman adalah:
  1. Syarh Zaadul Maad
  2. Syarh al Waraqat
  3. Syarh ar Raudh al Murbi’
  4. Syarh Fathul Bari
  5. Syarh Bulughul Maram
  6. Syarh Manar as Sabil
  7. Syarh Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Katsir
  8. Syarh al I’tisham karya as Syathibi
  9. Syarh Kasyful Qana’
  10. Syarh Nailul Author
  11. Syarh Umdatul Ahkam
  12. Syarh ar Ruh karya Ibnul Qayyim
  13. Syarh untuk Syarh Sahih Muslim
  14. Syarh untuk Syarh Aqidah Thahawiyyah
  15. Syarh Kitabut Tauhid
  16. Syarh untuk Tuhfatul Ahwadzi
  17. Syarh untuk Sirah Ibnu Hisyam
  18. Syarh untuk Syarah Aqidah Wasithiyyah
  19. Syarh untuk beberapa juz dari Majmu Fatawa Ibnu Taimiyyah
  20. dll
Diantara murid-murid beliau:
  1. Syaikh Abdullah al Yahya, wakil menteri kehakiman KSA,
  2. Syaikh Dr Abdullah bin Khanin, anggota Lajnah Daimah dan Haiah Kibar Ulama KSA
  3. Syaikh Dr Saad asy Syitsri, anggota Lajnah Daimah dan Haiah Kibar Ulama KSA
  4. Syaikh Ahmad al Mazruq
  5. Syaikh Abdul Aziz al Mahna, hakim di Pengadilan Umum kota Riyadh
  6. Syaikh Sulthon al Ied
  7. Syaikh Abdurrahman al Wad’an
  8. Syaikh Dr Abdul Aziz as Sahan
  9. Syaikh Yusuf as Said
  10. Syaikh Abdul Aziz as Said
  11. Syaikh Dr Abdus Salam bin Barjas alu Abdul Karim-rahimahullah.
Referensi:


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Komentar:

Post a Comment

Copyright © 2020.Junedi Ubaidilllah. Powered by Blogger.

Jumlah Pengunjung

Blog Archive

Anda Pengunjung Online

Followers