Hukuman untuk klewang
dalam islam sama dengan hukuman untuk pelaku kriminal MUHARABAH. Allah
jelaskan dalam surat Al-Maidah beberapa hukuman untuknya.
Pertanyaan:
Pertanyaan:
Aslmkm,
Maaf ustadz.., ustad pasti sdh mendengar berita tentang klewang, si ketua geng motor di pekanbaru. Dia suka mengganggu, dari pemerkosaan, perampasan, pencurian, penganiayaan, dan perusakan. Lebih sangar lagi, dia memaksa anggota geng motor cewek utk berhubungan intim dgnya. Nah.., dalam islam, semacam ini hukumannya apa?
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Allah berfirman dalam Al-Quran,
إِنَّمَا جَزَاءُ الَّذِينَ يُحَارِبُونَ
اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا أَنْ يُقَتَّلُوا
أَوْ يُصَلَّبُوا أَوْ تُقَطَّعَ أَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلَافٍ
أَوْ يُنْفَوْا مِنَ الْأَرْضِ ذَلِكَ لَهُمْ خِزْيٌ فِي الدُّنْيَا
وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ ( ) إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا
مِنْ قَبْلِ أَنْ تَقْدِرُوا عَلَيْهِمْ فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَفُورٌ
رَحِيمٌ
Sesungguhnya
balasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan
membuat kerusakan di muka bumi, mereka dibunuh atau disalib, atau
dipotong tangan dan kaki mereka dengan bersilang, atau dibuang dari
negeri (tempat kediamannya). yang demikian itu (sebagai) suatu
penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka mendapat siksaan
yang besar, ( ) Kecuali orang-orang yang taubat (di antara mereka)
sebelum kamu dapat menangkap mereka; Karena itu ketahuilah bahwasanya
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Maidah: 33 – 34)
Ayat ini menjelaskan hukuman
untuk tindak kriminal muharabah (perampokan) dan membuat kerusakan di
masyarakat. Pelakunya disebut muharib. Allah menetapkan hukuman bagi
mereka adalah dibunuh, disalib, dipotong tangan dan kakinya secara
berseberangan, atau diasingkan dengan penjara. Hukuman yang sangat
berat.
Ulama berbeda pendapat batasan seseorang bisa disebut muharib,
1. Imam Abu hanifah mengatakan,
المحارب الذي تجري عليه أحكام قطّاع الطريق
من حمل السلاح في صحراء أو برية، وأمّا في المصر فلا يكون قاطعًا لأن
المجني عليه يلحقه الغوث.
Muharib yang dihukum dengan hukuman perampok adalah orang yang
mengancam dengan senjata di padang pasir atau di luar pemukiman
penduduk. Sedangkan pemalakan yang dilakukan di tengah kota, tidak
termasuk perampokan, karena pelaku tindak kriminal bisa ditangani dengan
bala bantuan.
2. Imam Malik mengatakan,
المحارب عندنا من حمل الناس السلاح وأخافهم في مصرٍ أو برية
Muharib menurut kami adalah orang yang mengancam masyarakat dengan
senjata, dan menakut-nakuti mereka, baik di tengah kota maupun di luar
pemukiman penduduk.
3. Imam As-Syafii mengatakan,
من كابر في المصر باللصوصية كان محاربًا وسواء في ذلك المنازل، والطرق، وديار أهل البادية، والقرى حكمها واحد
Orang yang menindas di tengah kota untuk mengambil harta termasuk
muharib, baik dilakukan di perumahan, di jalan, atau di pemukiman
kampung pelosok atau kota. Hukumnya sama.
Ibnul Mundzir menyimpulkan perbedaan batasan di atas,
الكتاب على العموم، وليس لأحد أن يخرج من جملة الآية قومًا بغير حجة، لأن كلًا يقع عليه اسم المحاربة
Keterangan dalam Al-Quran
bersifat umum. Tidak boleh seorangpun untuk mengeluarkan kriteria yang
dinyatakan dalam keumuman ayat tanpa dalil. Kerena semua kriteria itu,
termasuk tindak kriminal muharabah.
(Rawa’i Al-Bayan, 1/551)
Ibnul Mundzir mengkritisi
keterangan sebagian ulama yang memberikan batasan untuk muharib, yang
tidak terdapat dalam ayat di atas. Seperti batasan, harus dilakukan di
luar pemukiman penduduk.
Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, tindakan klewang layak
untuk disebut muharabah. Terlebih dia melakukan pemerkosaan atau
pemaksaan seksual. Dan perampasan kehormatan, jauh lebih jahat
dibandingkan perampasan harta.
Ibnul Arabi menceritakan, ketika beliau menjadi seorang qadhi (hakim):
دفع إليّ قومٌ خرجوا محاربين إلى رفقة فأخذوا
منهم امرأة مغالبة على نفسها من زوجها ومن جملة المسلمين معه فيها
فاحتملنها ثم جَدّ فيهم الطلب فأُخذوا وجيء بهم، فسألت من كان ابتلاني الله
به من المفتين فقالوا : ليسوا محاربين ؛ لأن الحرابة إنما تكون في الأموال
لا في الفروج، فقلت لهم : إنا لله وإنا إليه راجعون !. ألم تعلموا أن
الحرابة في الفروج أفحش منها في الأموال , وأن الناس كلهم ليرضون أن تذهب
أموالهم وتحرب من بين أيديهم , ولا يحرب المرء من زوجته وبنته ولو كان فوق
ما قال الله عقوبة لكانت لمن يسلب الفروج
Ada pelaku perampokan yang
dihadapkan ke saya. Mereka menghadang rombongan musafir, dan mengambil
secara paksa salah seorang wanita diantara mereka dari suaminya, dan
dari beberapa kaum muslimin dalam rombongan itu. Kemudian mereka dicari
negara, hingga tertangkap dan dibawa ke pengadilan. Lalu aku bertanya
kepada orang yang suka memberi fatwa yang bermasalah tentang hukum untuk
pelaku tindak kriminal ini. Mereka menjawab, ‘Pelaku tidak termasuk
muharibin, karena muharabah hanya untuk perampasan harta, bukan
kemaluan.’
Akupun berkata kepada mereka:
‘Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun…! Tidakkah kalian sadar,
perampokan kehormatan jauh lebih kejam dibandingkan perampokan harta?
Semua orang masih rela hartanya hilang atau dirampok raib dari
tangannya. Sementara tidak mungkin ada orang yang membiarkan istrinya
atau putrinya dirampas. Andaikan ada hukuman yang lebih berat
dibandingkan hukuman yang telah Allah firmankan, tentu hukuman itu
berlaku untuk orang yang merampas kemaluan.’ (Majallah Buhuts
Al-Islamiyah, 12/75)
Bentuk Hukumannya
Pada ayat di atas, Allah memberikan beberapa pilihan untuk pelaku perampokan. Ada sebagian ulama yang memberi rincian,
الآية
تدل على ترتيب الأحكام وتوزيعها على الجنايات، فمن قتل وأخذ المال قتل
وصلب، ومن اقتصر على أخذ المال قطعت يده ورجله من خلاف، ومن أخاف السبيل
ولم يقتل ولم يأخذ مالًا نفي من الأرض، وهذا مذهب الشافعية والصاحبين من
الحنفية وهو مروي عن ابن عباس
Ayat ini menunjukkan urutan hukum
untuk masing-masing tindak kriminal. Orang yang telah membunuh dan
merampas harta maka dia dihukum bunuh dan disalib. Orang yang hanya
mengambil harta maka dia dipotong kaki – tangannya secara bersilang.
Sementara orang yang hanya menakut-nakuti, tidak membunuh dan tidak
merampas harta, dia diasingkan dengan penjara. Inilah madzhab As-Syafii
dan dua murid senior Abu Hanifah (Abu Yusuf & Muhammad bin Hasan),
dan pendapat ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas. (Rawa’i Al-Bayan, 1/552)
Allahu a’lam
Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer