Pertanyaan:
Bolehkah shalat setelah witir? Karena yang sering saya dengar, witir adalah penghujung shalat malam. Benarkah?
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Pertama, dianjurkan untuk menjadikan shalat witir sebagai penghujung shalat malam. Berdasarkan hadis dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا
“Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat witir.” (HR. Bukhari 998 dan Muslim 749).
Kedua, beberapa ulama
menegasakan bahwa hadis di atas tidaklah melarang seorang muslim untuk
shalat sunah setelah witir. Meningat terdapat banyak dalil yang
menunjukkan boleh shalat setelah witir. Diantaranya,
1. Hadis dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ketika beliau menceritakan shalat malamnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
ثم يقوم فيصلي التاسعة , ثم يقعد فيذكر الله ويمجده ويدعوه, ثم يسلم تسليماً يسمعنا , ثم يصلي ركعتين بعد ما يسلم وهو قاعد
“Kemudian beliau bangun untuk
melaksanakan rakaat kesembilan, hingga beliau dudu tasyahud, beliau
memuji Allah dan berdoa. Lalu beliau salam agak keras, hingga kami
mendengarnya. Kemudian beliau shalat dua rakaat sambil duduk.” (HR.
Muslim 746)
An-Nawawi mengatakan,
الصَّوَاب
: أَنَّ هَاتَيْنِ الرَّكْعَتَيْنِ فَعَلَهُمَا صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بَعْد الْوِتْر جَالِسًا ; لِبَيَانِ جَوَاز الصَّلَاة بَعْد
الْوِتْر , وَبَيَان جَوَاز النَّفْل جَالِسًا , وَلَمْ يُوَاظِب عَلَى
ذَلِكَ , بَلْ فَعَلَهُ مَرَّة أَوْ مَرَّتَيْنِ أَوْ مَرَّات قَلِيلَة .
Yang benar, dua rakaat yang dikerjakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
setelah witir dalam posisi duduk adalah dalam rangka menjelaskan bahwa
boleh shalat setelah witir, dan menjalaskan boleh shalat sunah sambil
duduk, meskipun itu tidak beliau jadikan kebiasaan. Namun beliau lakukan
sesekali atau beberapa kali. (Syarh Shahih Muslim, 6:21).
2. Hadis dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau pernah melakukan safar bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau bersabda,
إِنَّ
هَذَا السَّفَرَ جُهْدٌ وَثُقْلٌ، فَإِذَا أَوْتَرَ أَحَدُكُمْ
فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ وَإِلَّا كَانَتَا لَهُ
“Sesungguhnya safar ini sangat
berat dan melelahkan. Apabila kalian telah witir, kerjakanlah shalat 2
rakaat. Jika malam harinya dia bisa bangun, (kerjakan tahajud), jika
tidak bangun, dua rakaat itu menjadi pahala shalat malam baginya.” (HR.
Ibnu Hibban 2577, Ibnu Khuzaimah 1106, Ad-Darimi 1635, dan dinilai
shahih oleh Al-‘Adzami).
3. Hadis dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada Abu Bakr As-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, ‘Kapan kamu witir?’ ‘Di awal malam, setelah shalat Isya.’ jawab Abu Bakr. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada Umar: ‘Kapan kamu witir?’ ‘Di akhir malam.’ Jawab Umar. Lalu beliau bersabda,
أَمَّا أَنْتَ يَا أَبَا بَكْرٍ، فَأَخَذْتَ بِالْوُثْقَى، وَأَمَّا أَنْتَ يَا عُمَرُ، فَأَخَذْتَ بِالْقُوَّةِ
“Untuk anda wahai Abu Bakr, anda
mengambil sikap hati-hati. Sementara kamu Umar, mengambil sikap
sungguh-sungguh.” (HR. Ahmad 14535, Ibn Majah 1202, dan dinilai hasan
shahih oleh Al-Albani).
Sementara dalam riwayat lain, Abu Bakr As-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, pernah mengatakan,
أما أنا فإني أنام على فراشي ، فإن استيقظت صليت شِفْعًا حتى الصباح
“Untuk saya, saya tidur dulu,
jika saya bangun, saya akan shalat 2 rakaat – 2 rakaat, sampai subuh.”
(HR. Al-Atsram, disebutkan oleh Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni, 2/120)
Banyak ulama juga menegaskan, boleh shalat sunah setelah witir. Berikut beberapa keterangan mereka,
1. Ibnu Hazm mengatakan,
والوتر آخر الليل أفضل . ومن أوتر أوله فحسن , والصلاة بعد الوتر جائزة , ولا يعيد وتراً آخر
“Witir dilakukan di akhir malam,
lebih afdhal, dan jika dilakukan di awal malam, itu baik. Boleh shalat
setelah witir, dan tidak boleh mengulangi witir dua kali.” (Al-Muhalla,
2/91)
2. An-Nawawi menjelaskan,
إذا
أوتر ثم أراد أن يصلي نافلة أم غيرها في الليل جاز بلا كراهة ولا يعيد
الوتر, ودليله حديث عائشة رضي الله عنها وقد سئلت عن وتر رسول الله صلى
الله عليه وسلم…
“Apabila ada orang yang telah
mengerjakan witir (di awal malam) dan dia hendak shalat sunah atau
shalat lainnya di akhir malam, hukumnya boleh dan tidak makruh. Dan dia
tidak perlu mengulangi witirnya. Dalilnya adalah hadis Aisyah radhiyallahu ‘anhu, ketika beliau ditanya tentang witir yang dikerjakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam…” – kemudian An-Nawawi menyebutkan hadis Aisyah di atas. (Al-Majmu’, 4/16).
3. Ibnu Qudamah mengatakan,
ومن
أوتر من الليل ثم قام للتهجد فالمستحب أن يُصلي مثنى مثنى ولا ينقض وِتْرَه
. روي ذلك عن أبي بكر الصديق وعمار وسعد بن أبي وقاص وعائذ بن عمرو وابن
عباس وأبي هريرة وعائشة
“Siapa yang melakukan witir di
awal malam, kemudian dia bangun untuk tahajud, dianjurkan untuk
mengerjakan shalat 2 rakaat-2 rakaat dan tidak perlu membatalkan
witirnya. Kesimpulan ini berdasarkan riwayat dari Abu Bakr As-Shidiq,
Ammar bin Yasir, Sa’d bin Abi Waqqash, A’idz bin Amr, Ibn Abbas, Abu
Hurairah, dan Aisyah radhiyallahu ‘anhum.” (Al-Mughni, 2/120).
Ketiga, bagi kaum muslimin
yang hendak mengerjakan shalat sunah setelah witir, dia tidak
dibolehkan melakukan witir lagi setelah tahajud. Berdasarkan hadis dari
Thalq bin Ali radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا وتران في ليلة
“Tidak boleh melakukan 2 kali
witir dalam satu malam.” (HR. Ahmad 16296, Nasai 1679, Abu Daud 1439,
dan dihasankan Syuaib Al-Arnauth).
Allahu a’lam
Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer