Ada beberapa hari yang dilarang untuk puasa di mana tidak boleh melakukan puasa kala itu, namun hal itu butuh perincian sebagai berikut.
Pertama: Hari Idul Fithri dan Idul Adha
Dari bekas budak Ibnu Azhar, dia mengatakan bahwa dia pernah menghadiri shalat ‘ied bersama ‘Umar bin Al Khottob –radhiyallahu ‘anhu-. ‘Umar pun mengatakan,
هَذَانِ يَوْمَانِ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – عَنْ
صِيَامِهِمَا يَوْمُ فِطْرِكُمْ مِنْ صِيَامِكُمْ ، وَالْيَوْمُ الآخَرُ
تَأْكُلُونَ فِيهِ مِنْ نُسُكِكُمْ
“Dua hari ini adalah hari yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam larang untuk berpuasa di dalamnya yaitu Idul Fithri, hari di mana
kalian berbuka dari puasa kalian. Begitu pula beliau melarang berpuasa
pada hari lainnya, yaitu Idul Adha di mana kalian memakan hasil
sesembelihan kalian.” (HR. Bukhari no. 1990 dan Muslim no. 1137)
Dari Abu Sa’id Al Khudri –radhiyallahu ‘anhu-, beliau mengatakan,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَيَوْمِ النَّحْرِ.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fithri dan Idul Adha.” (HR. Muslim no. 1138)
Kaum muslimin telah bersepakat (berijma’) tentang haramnya berpuasa
pada dua hari raya, yaitu Idul Fithri dan Idul Adha. (Lihat Ad Daroril
Madhiyah Syarh Ad Durorul Bahiyah, Muhammad bin ‘Ali Asy Syaukani, hal.
220, Darul ‘Aqidah, cetakan pertama, tahun 1425 H)
Kedua: Hari-hari Tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijah)
Tidak boleh berpuasa pada hari tasyriq menurut kebanyakan pendapat
ulama. Alasannya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
“Hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim
no. 1141, dari Nubaisyah Al Hudzali). Imam Nawawi rahimahullah
memasukkan hadits ini di Shahih Muslim dalam Bab “Haramnya berpuasa pada
hari tasyriq”.
Imam Nawawi rahimahullah dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim
mengatakan, “Hari-hari tasyriq adalah tiga hari setelah Idul Adha. Hari
tasyriq tersebut dimasukkan dalam hari ‘ied. Hukum yang berlaku pada
hari ‘ied juga berlaku mayoritasnya pada hari tasyriq, seperti hari
tasyriq memiliki kesamaan dalam waktu pelaksanaan penyembelihan qurban,
diharamkannya puasa (sebagaimana pada hari ‘ied, pen) dan dianjurkan
untuk bertakbir ketika itu.”(Syarh Shahih Muslim, 6: 184). Hari tasyriq
disebutkan tasyriq (yang artinya: terbit) karena daging qurban dijemur
dan disebar ketika itu (Syarh Shahih Muslim, 8: 17).
Imam Malik, Al Auza’i, Ishaq, dan Imam Asy Syafi’i dalam salah satu
pendapatnya menyatakan bahwa boleh berpuasa pada hari tasyriq pada orang
yang tamattu’ jika ia tidak memperoleh al hadyu (sembelihan qurban).
Namun untuk selain mereka tetap tidak diperbolehkan untuk berpuasa
ketika itu. (Syarh Shahih Muslim, 8: 17). Dalil dari pendapat ini adalah
sebuah hadits dalam Shahih Al Bukhari dari Ibnu ‘Umar dan ‘Aisyah,
mereka mengatakan,
لَمْ يُرَخَّصْ فِى أَيَّامِ التَّشْرِيقِ أَنْ يُصَمْنَ ، إِلاَّ لِمَنْ لَمْ يَجِدِ الْهَدْىَ
“Pada hari tasyriq tidak diberi keringanan untuk berpuasa kecuali bagi orang yang tidak mendapat al hadyu ketika itu.” ( HR. Bukhari no. 1997 dan 1998).
Ketiga: Puasa Hari Jum’at Secara Bersendirian
Tidak boleh berpuasa pada Jum’at secara bersendirian. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ يَصُمْ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ أَنْ يَصُومَ قَبْلَهُ أَوْ يَصُومَ بَعْدَهُ
“Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya.”
( HR. Bukhari no. 1985 dan Muslim no. 1144, dari Abu Hurairah). Imam
Nawawi rahimahullah membawakan hadits ini di Shahih Muslim dalam Bab
“Terlarang berpuasa pada hari Jum’at secara bersendirian.”
Dari Juwairiyah binti Al Harits –radhiyallahu ‘anha-, ia mengatakan,
أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – دَخَلَ عَلَيْهَا يَوْمَ
الْجُمُعَةِ وَهْىَ صَائِمَةٌ فَقَالَ « أَصُمْتِ أَمْسِ » . قَالَتْ لاَ .
قَالَ « تُرِيدِينَ أَنْ تَصُومِى غَدًا » . قَالَتْ لاَ . قَالَ «
فَأَفْطِرِى »
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki rumahnya pada hari
Jum’at dan ia sedang berpuasa. Lalu beliau bertanya, “Apakah engkau
berpuasa kemarin?” “Tidak”, jawab Juwairiyah. Beliau bertanya kembali,
“Apakah engkau ingin berpuasa besok?” “Tidak”, jawabnya seperti itu
pula. Beliau kemudian mengatakan, “Hendaknya engkau membatalkan puasamu.” (HR. Bukhari no. 1986 dan Muslim no. 1143, dari Juwairiyah binti Al Harits)
Catatan penting: Puasa pada hari Jum’at dibolehkan jika:
1- Ingin menunaikan puasa wajib, mengqodho’ puasa wajib, membayar
kafaroh (tebusan) dan sebagai ganti karena tidak mendapatkan hadyu
tamattu’.
2- Jika berpuasa sehari sebelum atau sesudah hari Juma’t sebagaimana diterangkan dalam hadits di atas.
3- Jika bertepatan dengan hari puasa Daud (sehari puasa, sehari berbuka).
4- Berpuasa pada hari Jum’at bertepatan dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa Asyura, puasa Arofah, dan puasa Syawal. (Lihat pembahasan Shahih Fiqh Sunnah, 2: 142-143)
Keempat: Berpuasa pada Hari Syak (Yang Meragukan)
Yang dimaksud di sini adalah tidak boleh mendahulukan puasa satu atau
dua hari sebelum Ramadhan dalam rangka hati-hati mengenai masuknya
bulan Ramadhan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدٌ الشَّهْرَ بِيَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ إِلاَّ أَحَدٌ كَانَ يَصُومُ صِيَامًا قَبْلَهُ فَلْيَصُمْهُ
“Janganlah kalian mendahului Ramadhan
dengan berpuasa satu atau dua hari sebelumnya, kecuali bagi seseorang
yang terbiasa mengerjakan puasa pada hari tersebut maka berpuasalah.” (HR. An Nasai no. 2173, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Dalam hadits lainnya, dari ‘Ammar bin Yasir disebutkan,
مَنْ صَامَ الْيَوْمَ الَّذِي يُشَكُّ فِيهِ فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Barangsiapa berpuasa pada hari yang meragukan, maka ia berarti
telah mendurhakai Abul Qosim, yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam.” (HR. An Nasai no. 2188, At Tirmidzi no. 686, Ad Darimi no. 1682, Ibnu Khuzaimah no. 1808. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Catatan penting: Berpuasa pada hari meragukan ini dibolehkan jika:
1- Untuk mengqodho’ puasa Ramadhan.
2- Bertepatan dengan kebiasaan puasanya seperti puasa Senin Kamis atau puasa Daud.
Kelima: Berpuasa Setiap Hari Tanpa Henti (Puasa Dahr)
Yang dimaksud puasa Dahr adalah berpuasa setiap hari selain hari yang
tidak sah puasa ketika itu (yaitu hari ‘ied dan hari tasyriq).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ
“Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti.
Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. Tidak ada
puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti.” (HR. Muslim no. 1159, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash)
Hadits di atas menunjukkan terlarangnya berpuasa setiap hari tanpa
henti walaupun tidak ada kesulitan dan tidak lemas ketika melakukannya.
Begitu pula tidak boleh berpuasa setiap hari sampai-sampai melakukannya
pada hari yang terlarang untuk berpuasa. Yang terakhir ini jelas
haramnya. Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2: 144.
Yang paling maksimal adalah melakukan puasa Daud yaitu sehari
berpuasa dan sehari berbuka. Inilah rukhsoh (keringanan) terakhir bagi
yang ingin terus berpuasa. Hadits larangan puasa Dahr tadi asalnya
ditujukan pada Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash. Namun sebagaimana
disebutkan dalam riwayat Muslim bahwa di akhir hidupnya Abdullah bin
‘Amr menjadi lemas karena kebiasaannya melakukan puasa Dahr. Ia pun
menyesal karena tidak mau mengambil rukhsoh dengan cukup melakukan puasa Daud. (Syarh Shahih Muslim, 8: 40).
Alhamdulillah, semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi hidayah dan petunjuk.
—
Disusun saat perjalanan di pesawat dari Lombok – Surabaya, 13 Syawal 1434 H
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Muslim.Or.Id
Dari artikel 'Hari-Hari Terlarang Puasa — Muslim.Or.Id'
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer