Surat Iqro' atau surat Al 'Alaq adalah surat yang pertama kali diturunkan pada Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam. Surat
tersebut adalah surat Makkiyyah. Di awal-awal surat berisi perintah
membaca. Yang dengan membaca dapat diketahui perintah dan larangan
Allah. Jadi manusia bukanlah dicipta begitu saja di dunia, namun ia juga
diperintah dan dilarang. Itulah urgensi membaca, maka bacalah, bacalah!
Allah Ta'ala berfirman,
اقْرَأْ
بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2)
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4)
عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
"Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia
telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah
Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam
(pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS. Al 'Alaq: 1-5).
Bacalah! Bacalah!
Surat ini adalah yang pertama kali turun pada Rasul -shallallahu 'alaihi wa sallam-.
Surat tersebut turun di awal-awal kenabian. Ketika itu beliau tidak
tahu tulis menulis dan tidak mengerti tentang iman. Lantas Jibril datang
dengan membawa risalah atau wahyu. Lalu Jibril memerintahkan nabi untuk
membacanya. Beliau -shallallahu 'alaihi wa sallam- enggan. Beliau
berkata,
مَا أَنَا بِقَارِئٍ
"Aku tidak bisa membaca." (HR. Bukhari no. 3). Beliau terus mengatakan seperti itu sampai akhirnya beliau membacanya. Kemudian turunlah ayat,
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
"Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan".
Yang dimaksud menciptakan di sini adalah menciptakan makhluk secara
umum. Tetapi yang dimaksudkan secara khusus di sini adalah manusia.
Manusia diciptakan dari segumpal darah sebagaimana disebut dalam ayat
selanjutnya,
خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
"Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah."
Manusia bukan hanya dicipta, namun ia juga diperintah dan dilarang.
Untuk menjelaskan perintah dan larangan ini diutuslah Rasul dan
diturunkanlah Al Kitab (Al Qur'an). Oleh karena itu, setelah
menceritakan perintah untuk membaca disebutkan mengenai penciptaan
manusia.
Bentuk Kasih Sayang Allah: Diajarkan Ilmu
Setelah itu, Allah memerintahkan,
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ
"Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah." Disebutkan bahwa
Allah memiliki sifat pemurah yang luas dan karunianya yang besar pada
makhluk-Nya. Di antara bentuk karunia Allah pada manusia -kata Syaikh As
Sa'di rahimahullah- adalah Dia mengajarkan ilmu pada manusia sebagaimana disebutkan dalam ayat selanjutnya,
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
"Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."
Kata Syaikh As Sa'di rahimahullah, "Manusia dikeluarkan dari
perut ibunya ketika lahir tidak mengetahui apa-apa. Lalu Allah
menjadikan baginya penglihatan dan pendengaran serta hati sebagai jalan
untuk mendapatkan ilmu." (Taisiri Al Karimir Rahman, hal. 930).
Allah mengajarkan pada manusia Al Qur'an dan mengajarkan padanya
hikmah, yaitu ilmu. Allah mengajarkannya dengan qolam (pena) yang bisa
membuat ilmunya semakin lekat. Allah pun mengutus Rasul supaya bisa
menjelaskan pada mereka. Alhamdulillah, atas berbagai nikmat ini yang sulit dibalas dan disyukuri.
Al Qur'an Turun Sebagai Kasih Sayang pada Manusia
Ibnu Katsir rahimahullah berkata, "Al Qur'an yang pertama
kali turun adalah ayat-ayat ini. Inilah rahmat dan nikmat pertama yang
Allah berikan pada para hamba. Dalam awal surat tersebut terdapat
pelajaran bahwa manusia pertama tercipta dari 'alaqoh (segumpal darah).
Di antara bentuk kasih sayang Allah adalah ia mengajarkan pada manusia
apa yang tidak mereka ketahui."
Keutamaan Ilmu
Ibnu Katsir rahimahullah juga berkata, "Seseorang itu akan
semakin mulia dengan ilmu diin yang ia miliki. Ilmu itulah yang
membedakan bapak manusia, yaitu Adam dengan para malaikat. Ilmu ini
terkadang di pikiran. Ilmu juga kadang di lisan. Ilmu juga terkadang di
dalam tulisan tangan untuk menyalurkan apa yang dalam pikiran, lisan,
maupun yang tergambarkan di pikiran."
Keutamaan Selalu Mengikat Ilmu dengan Tulisan
Dalam atsar disebutkan,
قيدوا العلم بالكتابة
"Ikatlah ilmu dengan tulisan." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok 1: 106. Dihasankan oleh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 2026).
Dalam atsar lainnya juga disebutkan,
مَنْ عَمِلَ بِمَا عَلِمَ وَرَثَهُ اللهُ عِلْمَ مَا لَمْ يَكُنْ يَعْلَمُ
"Barangsiapa yang mengamalkan ilmu yang ia ketahui, maka Allah akan memberikan dia ilmu yang ia tidak ketahui." (HR. Abu Nu'aim dalam Hilyatul Awliya', 10: 15. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa riwayat ini maudhu' atau palsu. Lihat As Silsilah Adh Dho'ifah no. 422)
Referensi:
Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim, Ibnu Katsir, terbitan Dar Ibnul Jauzi, cetakan pertama, tahun 1431 H.
Taisir Al Karimir Rahman fii Tafsiril Kalamil Mannan, Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir As Sa'di, terbitan Muassasah Ar Risalah, cetakan pertama, tahun 1423 H.
---
Selesai disusun selepas Zhuhur, Sabtu, 18 Ramadhan 1434 H @ Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul
Artikel Rumaysho.Com
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer